oleh
-Berita-8 KALI DIBACA

Terminal AKDP Pembengis Tanjabbar Akan Di Renovasi Tahun 2020

TANJABBAR-BULENONnews.com.

Bangunan terminal Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) Tipe B, tepatnya di Desa Pembengis, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan.

Pantauan dilapangan terminal yang berada dijalan Prof Sri Soedewi,MS, SH ini, bangunan dibagian atap nya sudah banyak mengalami kerusakan dan terkesan tanpa adanya perawatan atau pun perbaikan.

Atap yang menggunakan seng ini terlihat sudah berkarat dan Jebol dimakan usia,bagian bangunan atasnya pun kondisinya miring,tiang penyaggah bangunan atap pun banyak yang patah sangat membahayakan apabila sewaktu-waktu ambruk.

Loket – loket tempat penjualan tiket travel pun banyak yang kosong dan sudah tidak di huni lagi disebabkan bangun tersebut sudah banyak yang rusak dan sudah tidak layak untuk di tempati lagi.

Sejak ada peralihan aset dari Kabupaten ke propinsi Jambi, bangunan terminal Antar Kota Dalam Propinsi(AKDP) di Desa Pembengis, Kabupaten Tanjung Jabung Barat semakin tidak terawat layaknya terminal.

Menangapi hal tersebut, Kadishub propinsi Jambi Varial Adhi Putra St mm, saat dikonfirmasi mengatakan, memang bangunan terminal AKDP Pembengis Tanjabbar merupakan aset propinsi yang baru diambil alih wewenang nya dari Kabupaten.

” Terminal AKDP Pembengis ini kan tipe B, memang wewenang nya sudah diambil alih dan dikelolah propinsi. Sedangkan yang tipe A sudah kita serahkan kepemerintah pusat (kementrian perhubungan),” Ujar Varial saat meninjau dan memantau arus lalulintas di Tanjabbar dalam rangka natal dan tahun baru. Sabtu (24/12/19).

Terkait kondisi bangunan terminal AKDP Pembengis, Varial mengakui memang sangat memprihatinkan dan sudah selayaknya direnovasi.

” Telah kita anggarkan pada tahun 2020 mendatang untuk pembeliharaan gedung terminal ini. Kalau tidak salah sekitar 650 juta untuk dilakukan renovasi,” Kata Kadishub.

Untuk itu, kata Varial apabila terminal Pembengis ini selesai direnovasi. Ia berharap
nantinya harus benar-benar bisa difungsikan di Kabupaten Tanjabbar dan jangan sampai terminal diterbangkalaikan.

” Artinya buat Kadishub Kabupaten Tanjabbar
Bisa mensuport beroperasionalnya terminal tipe B Pembengis ini.” Ungkapnya.

Ia menambahkan, terminal AKDP Pembengis nantinya tetap tipe B, karena telah mempunyai regulasi dan peraturan daerah (Perda) terkait dengan retribusi terminal.

” Saat ini kita baru mengelola dua terminal yang sudah ada, yakni terminal disijinjang dan pal 10. Dan yang ketiga terminal Pembengis Kabupaten Tanjabbar.” Paparnya.

” 2020 nanti semuanya akan kita rehab, sesuai dengan undang-undang 23, kita hanya mendapat kan tiga yang diserahkan dari Kabupaten ke propinsi.” Timpalnya.

Ia menegaskan, apabila terminal Pembengis nanti nya bisa beroperasi, bersama pihak Kabupaten diharapkan loket terminal yang ada dalam kota saat ini bisa ditertibkan dan dipindahkan ke terminal tipe B Pembengis.

” Kalau kita operasikan pindahkan sekarang kan tidak relevan lagi, apalagi melihat kondisi bangunan nya. Karena kalau terjadi apa apa siapa yang bertanggung jawab, nantinya pihak propinsi juga yang disorot .” Jelasnya.

Terpisah, kadis perhubungan Tanjabbar Samsul Juhari mengatakan, pihaknya akan menata kembali loket loket yang ada di dalam kota Kuala Tungkal, apabila terminal AKDP Pembengis mulai difungsikan.

” Nantinya loket loket travel yang ada didalam kota saat ini, akan kita tertib kan untuk pindah ke terminal Pembengis. Tentunya saja kita harus kompak, karena transportasi ini termasuk yang sangat penting. Apabila tidak ditata dari sekarang lima tahun kedepan bakal menimbulkan kemacetan di Tanjabbar ini.” Terangnya.

Kontributor : Amir
Editor. : Kevin

Komentar

Berita Sebelumnya