oleh

Akibat Covid-19, 2 Desa di Kecamatan Betara Tiadakan Shalat Idul Adha

-Tanjab Barat-12 KALI DIBACA

TANJAB BARAT – Merebak nya virus Corona di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, membuat 2 desa di Kabupaten pesisir ini mentiadakan shalat aidul Adha bagi jemaah nya, baik dimasjid maupun tempat terbuka.

2 desa tersebut yakni Desa Pematang Lumut dan Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Betara. Hal ini di karenakan adanya pasien yang terkonfirmasi positif corona di 2 desa tersebut pasca ditemukannya kasus corona di PT PetroChina Int Jabung Ltd beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan oleh Camat Betara Tony Ermawan Putra saat dikonfirmasi via WhatsApp, Jumat (31/7/20).

Ia menyebutkan bahwa keputusan tidak dilaksanakan sholat ied berjamaah di 2 desanya ini, atas kesepakatan bersama antara Forkompincam, tokoh agama dan masyarakat 2 desa.

“ Hal itu perlu dilakukan guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona di 2 desa tersebut,” Ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa, tidak dilakukan nya shalat aidul Adha ini bukan dalam himbauan pelarangan sholat Ied berjamaah. Namun, lebih meniadakan Shalat Id berjamaah di tempat-tempat ibadah atau lapangan seperti layaknya hari raya sebelumnya.

” Masyarakat di 2 desa tersebut tetap dapat melaksanakan sholat Ied berjamaah di rumah masing masing, agar lebih aman dan mencegah terjadinya konflik sosial di kalangan masyarakat setempat,” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanjabbar, Hasbi sebelumnya menyebutkan, bahwa tidak dilaksanakan shalat aidul adha diwilayah terdampak corona ( Kecamatan Betara) seusai dengan kesempatan bersama didesa tersebut.

” Cuma kalau untuk Shalat idul Adha di kota Kuala Tungkal, tetap melaksanakan secara berjamaah baik di masjid tempat terbuka. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan,” Ungkap Hasbi.

Reporter/Editor: Amir/Ote

Komentar

Berita Sebelumnya