Jadi Ketua DPRD Tanjab Barat, Abdullah Sampaikan Dukungan Program Bupati Polres Tanjab Barat Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Ketua DPRD Sisa Masa Jabatan tahun 2019 – 2024 Bupati Tanjab Barat Gelar Audensi Bersama Puluhan Jurnalis Kebutuhan Bahan Pokok Mulai Naik Jelang Dua Pekan Idul Fitri 1442 Hijriah

Home / Meraingin

Senin, 20 Juli 2020 - 13:00 WIB

Al Haris Sebut Merangin Punya 10 Hektar Lahan Ubi Jalar

BANGKO – Kabupaten Merangin mempunyai lebih dari 10 ribu hektar lahan ubi jalar produktif yang terbentang di tiga kecamatan, Kecamatan Lembah Masurai, Jangkat dan Jangkat Timur.

Hal tersebut dikatakan Bupati Merangin H Al Haris ketika mengikuti jalannya Rapimnas Assosiasi Agrobisnis Petani Ubi Jalar Indonesia (Asapuji) via Teleconfrence menggunakan Aplikasi Zoom Metting dari Aula Bappeda Merangin, Senin (20/7).

Sekarang ini jelas bupati, para petani di Kabuapten Merangin sedang giat-giatnya bercocok tanam ubi jalar. Bahkan sebagian petani ada yang merubah dari tanaman lain dengan ubi jalar.

Baca Juga  Yudi Hendri Siagian (Ucok) Dipolisikan, Diduga Lecehkan Wartawan Terkait PETI

‘’Artinya Merangin mempunyai potensi besar sebagai kabupaten penghasil ubi jalar. Namun sekarang ini masih terkendala dengan harga yang rendah di tingkat petani,’’ujar Bupati pada acara yang dihadiri Ketua Asapuji Ahmad Joe Hara.

Besar harapan H Al Haris, Pemerintah Pusat bisa membantu mendirikan pabrik pengelolaan ubi jalar di Kabupaten Merangin. Disamping ongkos produksinya bisa turun, stok bahan baku juga melimpah dan penjualan ubi jalar dari petani bisa meningkat.

‘’Bercocok tanam ubi jalar itu sangat mudah dan gampang, tidak perlu bimbingan penyuluh lapangan. Selain itu tanaman ubi jalar di Merangin tidak mudah diserang hama dan hasilnya besar-besar dan melimpah,’’terang Bupati.

Baca Juga  Kabupaten Merangin Pertama Kali Gunakan Aplikasi Anjab

Untuk saat ini terang bupati, ada sekitar 500 hekter lahan ubi jalar  yang siap panen. Ini belum termasuk lahan baru yang dibuka warga dan  lahan tanaman lain yang diubah petani menjadi hamparan ubi jalar.

Bupati yakin bila ada peran Pemerintah Pusat, bercocok ubi jalar di Merangin ini bisa meningkatkan derajat kehidupan petani pasca anjloknya ekonomi masyarakat dampak Covid-19.

Baca Juga  Pol PP Merangin Siap Lakukan Pengamanan Pemilukada 9 Desember 2020.

Sementara itu Ketua Asapuji Ahmad Joe Hara mengaku sangat kagum dengan Kabupaten Merangin, sebagai daerah penghasil ubi jalar. Potensi ubi jalar di Merangin itu jelasnya, akan memberikan kesejahteraan kepada para petani.

‘’Kami aspirasi kepada kepala daerah yang terus berjuang memberikan kesehteraan kepada masyarakatnya dan para petani ubi jalar,’’ujar Ahmad Joe Hara pada acara yang dihadiri anggota Komisi IV DPR RI Dedy Mulyadi tersebut (Humas/Ot)

Share :

Baca Juga

Meraingin

Gegara Pemberitaan PETI Seorang Pewarta Merangin Diancam

Meraingin

Zainuri Himbau Kader Hanura Merangin, Wajib Dukung Fachrori Umar-Syafril Nursal

Meraingin

Yudi Hendri Siagian (Ucok) Dipolisikan, Diduga Lecehkan Wartawan Terkait PETI

Meraingin

Tak Rela Pendidikan Anak Menurun Karena Covid-19, Al Haris Pastikan Semua Sekolah Belajar Tatap Muka Diberlakukan

Meraingin

Di Merangin Sekolah Tatap Muka Mulai Hari Rabu

Meraingin

H. Al Haris Dampingi Gubernur Jambi Letak Batu Pertama Pembangunan Jembatan Rantau Limau Manis

Meraingin

Muscab II, M. Yani Terpilih Sebagai Ketua Pemuda Pancasila Merangin secara Aklamasi

Meraingin

Izhar Majid Ketua Komisi ll DPRD Prov. Jambi Hadiri Kunker Gunernur di Merangin