Bulog Kancab Kuala Tungkal Jamin Ketersediaan Beras Cukup Hingga Akhir Tahun Inspektorat Akan Tambah Auditor Pengawas 114 Desa di Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Pimpin Upacara HUT Pramuka Ke-61 Mancing Mania HUT TNI ke-77, Kodim 0419/Tanjab Jaga Silaturahmi dan Sinergitas Diduga Pilkades Desa Tanjung Pasir Penuh Kecurangan, Suharyono: Musyawarah di Tiap Tingkatan Mengecewakan

Home / Meraingin

Selasa, 13 September 2022 - 19:38 WIB

DLH Merangin Temukan Beberapa Keluhan Warga Jelatang, Pihak PT. KDA Bersikukuh Tidak Ada Pencemaran

MERANGIN-BULENONNEWS.COM. Dalam menindaklanjuti adanya keluhan warga desa Jelatang Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin terkait persoalan pencemaran terhadap adanya dugaan polusi akibat Abu Boiler PT. Kresna Dusta Agroindo (KDA), hari ini Selasa (13/9/2022) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merangin bergerak cepat turun ke lokasi.

Tujuan Tim DLH Kabupaten Merangin turun ber investigasi ke lapangan, guna memastikan perihal yang terjadi terhadap rumah warga yang terdampak polusi dari PT. KDA tersebut.

Berdasarkan pantauan awak media dan tim Bidang pengawasan DLH ini, tidak di pungkiri bahwa abu boiler dari PT. KDA berterbangan hingga kerumah warga dan terlihat juga bak penampungan limbah cair (Efluen) yang meluber ke anak sungai Ipuh yang berpotensi hanyut ke Sungai Merangin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merangin Syafrani, melalui Kepala Bidang Pengawasan Lingkungan Benwir, mengatakan pihaknya sudah mendapat data ril di lapangan, dan hari ini langsung berkoordinasi ke pihak perusahaan.

Baca Juga  Misteri Tewasnya Kepala BPBD Merangin, Ini Penjelasan Kapolres

” Atas apa yang kita temukan di lapangan, kita minta pihak perusahaan bertanggungjawab untuk berbenah, agar kiranya dapat memperbaiki semua yang berdampak pada kesehatan warga, jika tidak di hiraukan kita akan bertindak akan menyurati pihak perusahaan secara resmi,” ujarnya.

Saat koordinasi, pihak Perusahaan bersikukuh dengan argumentasi tidak adanya pencemaran lingkungan (Tidak melebihi Baku Mutu). Kualitas udara ambien tidak melebihi baku mutu sesuai PP nomor 22 tahun 2022. Kebauan kolam Ipal lokasi komplek perumahan jelatang tidak melebihi baku mutu sesuai dengan Kep 50/MenLh/Xl/ 1996.

Selanjutnya cerobong Genset dan cerobong boiler  masih tidak melebihi Baku mutu,  abu yang dikeluarkan dari Boiler PKS bukan merupakan limbah yang mengandung B3 namun Limbah Non B3 yang tidak berdampak terhadap kesehatan masyarakat kemudian pengecekan Dus kolektor (Penyaring Debu Boiler) setiap hari dilakukan.

Baca Juga  Final..! Haris-Sani Unggul di PSU Pilgub Jambi

Menejer PT KDA Jelatang Mill Suhardi Antoni, berjanji akan menanggapi semu keluhan masyarakat dengan melaporkan secara tertulis dari masyarakat atau kepala Desa setempat.

” Pada dasarnya setiap ada laporan dan keluhan masyarakat tetap kita tindaklanjuti, cuma sejauh ini belum ada keluhan dari desa atau warga, kita tau hanya dari berita,  dari hasil uji baku mutu ya kita masih dbawah semua,” jelas Menejer.

Sementara terkait Limbah yang di alirkan ke Land Aplication meluber ke anak sungai, Asisten Divisi IV Bangko Estate Deni Riswan Kamil, menyebutkan siap untuk mendalami kolam penampungan sebaik-baiknya.

” Kontraktor nya masih di Langling, nanti usai di sana akan dikerjakan, kalo musim hujan ya begitulah, tapi bukan unsur kesengajaan,” ucapnya.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Laporaran Hasil Pemeriksaan (LHP) Refocusing Anggaran Covid-19 Segera Terbit

Meraingin

Al Haris Do’akan Dua Kapolres Ini Jadi Jenderal Saat Pisah Sambut Kapolres Merangin

Meraingin

DPD Partai NasDem Sarolangun Dilantik Hari Ini

Meraingin

Waka Polres Merangin Lakukan Pengecekan Kendaraan Personil Polres Merangin

Meraingin

Melalui Puasa Ramadhan, LPM Kel. Dusun Bangko Ajak Warga Waspadai Paham Radikalisme Terorisme

Meraingin

Pertanyaan Wartawan Cilik Merangin Menyentuh Hati Sang Pimpinan DPRD

Meraingin

Malam Penutupan Gebyar Merdeka dan HUT F-DB Ke 8 Hadirkan Artis Ibu Kota

Meraingin

Bupati Ikuti Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Secara Virtual