Terpapar Covid 19, Pelayanan IGD RSUD KH Daud Arif dan Puskesmas Pijoan Baru Tutup Sementara Pengembalian Hasil Temuan BPK di Tanjab Barat Masih Minim Sterilisasi dan Tracking, Besok IGD RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Tidak Terima Pasien Perhari RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Membutuhkan 50 Tabung Oksigen Bupati Tanjab Barat Buka Acara Pertemuan Dengan PT Sena.

Home / Labuhan Batu

Rabu, 15 Juli 2020 - 17:36 WIB

Fraksi PDIP Minta Kapolres dan Kejari Usut Bila Ada Penyimpangan Pajak

LABUHANBATU – Fraksi PDIP di DPRD Labuhanbatu meminta agar Polres Labuhanbatu dan Kejari Rantauprapat melakukan pengusutan.
Apabila di duga adanya penyimpangan  pajak mineral bukan logam.

Demikian Pemandangan Umum Fraksi PDIP terhadap Pembahasan Ranperda tentang pertangung jawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Labuhanbatu Tahun Anggaran 2019 yang dibacakan Ir Sujarwo ketua fraksi PDIP diruang rapat paripurna DPRD Labuhanbatu, Rabu (15/7/2020).

Jarwo menyebutkan, pendapatan daerah dari pajak mineral bukan logam yang ditargetkan Rp 1.500.000.000 dan realisasi sebesar Rp 2.967.218.100 atau melebihi dari target sebesar 197,81 persen, namun jumlah tersebut dinilai kecil apa bila dibandingkan dengan jumlah tanah yang sudah digunakan.

Menurut pemandangan umum Fraksi PDI Perjuangan Labuhanbatu, bahwa pendapatan yang melebihi target yang direncanakan berdasarkan asumsi dari pajak galian C tanah timbun yang digunakan untuk pembangunan jalur Rel Kereta Api di Labuhanbatu sebanyak 6 juta kubik.

Baca Juga  Tepat Pukul 23.25 KPU Labuhanbatu Terima Berkas Bapaslon Akhyar Simbolon-Syaiful Sirait

“Tanah timbun yang dipergunakan untuk penimbunan jalur Rel Kereta Api, sekitar  6 juta kubik.Bila mengacu kepada Perda, maka diperhitungkan jumlah pajak yang dapat ditarik sebesar Rp 22.500.000.000, dengan rincian 6 juta kubik dikali Rp 3.750,” papar Sujarwo.

Perhitungan itu tidak sesuai dengan pendapatan pajak yang melebihi target yang tertuang dibuku Laporan Keuangan Pemkab Labuhanbatu tahun anggaran 2019.

Dijelaskannya, kalau melihat dari uraian diatas, Fraksi PDI Perjuangan menilai, masih ada potensi pajak galian C yang belum disertakan dalam kas daerah di tahun anggaran 2019.

Baca Juga  Operasi Patuh Toba Mulai Digelar

“Untuk itu kami minta penjelasan Bupati” ujar Ir Sujarwo ketua fraksi PDIP DPRD Labuhanbatu saat membacakan Pemandangan Umum fraksinya.

Disisi lain, Fraksi PDIP  juga mempertanyakan pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, seperti Deviden di Bank Sumut. Ditargetkan Rp 26.692.760.555, sedangkan realisasi Rp 16.226.589.877 atau terealisasi sebesar Rp 60,79 persen.

“Ini menunjukan bahwa realisasi penerimaan dari PT Bank Sumut berupa Deviden tidak sesuai dengan yang direalisasikan. Untuk ini tolong dijelaskan saudara Bupati” ujar Sujarwo dirapat paripurna yang dihadiri beberapa kepala Dinas dan asisten di jajaran Pemkab Labuhanbatu.

Baca Juga  KPU Labuhan Batu Gelar Rapat Pleno Pengundian No Urut Paslon

Senada dengan Fraksi NasDem yang menyebutkan, jumlah 6 juta kubik tanah timbun itu didapat dari proyek pembangunan jalur Kereta Api. “Menurut pelaksana pembangunan jalur Kereta Api, mereka membutuhkan 6 juta kubik tanah timbun dan saat ini pengerjaannya sudah hampir selesai” papar Arjun Priadi  Seketaris Fraksi NasDem DPRD Labuhanbatu.

Berdasarkan jumlah tanah timbun yang 6 juta kubik itu, dapat diasumsikan seharusnya pajak yang diperoleh sebesar Rp 22.500.000.000, kalau menurut perda yang menyebutkan pajak satu kubik tanah sebesar Rp 3.750.

“Yang menjadi pertanyaan kita, kenapa pajak galian C itu diperoleh sebesar Rp 2.967.218.100. Ini menjadi perhatian kita” ujar Arjan.

Reporter/Editor: ZAP/Ote

Share :

Baca Juga

Labuhan Batu

Polisi Ringkus 4 Orang Terlibat Peredaran Ribuan Butir Psikotropika

Labuhan Batu

PPK Rantau Utara Gelar Uji Publik Daftar Pemilih Sementara (DPS)

Labuhan Batu

Dua Bapaslon Bupati Dari Perseorangan Gagal Ikut Kontestan Pilkada Labuhan Batu

Labuhan Batu

Acara Mohon Diri Dan Pamitan Kapolres Labuhan Batu AKBP Agus Darojat Sik MH

Labuhan Batu

Rapat Pleno KPUD Labuhanbatu Untuk Calon Perseorangan

Labuhan Batu

Tepat Pukul 23.25 KPU Labuhanbatu Terima Berkas Bapaslon Akhyar Simbolon-Syaiful Sirait

Labuhan Batu

Bersama Jurnalis, Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada Tahun 2020

Labuhan Batu

Hari Terakhir KPU Tunggu Pasangan Calon Independen Hingga Pukul 00.00 WIB