Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal Berikan Remisi Pada 215 Napi Shalat Idul Fitri di Ponpes Al Baqiyatush Shalihat, Bupati Tanjab Barat Ucapkan Selamat Lebaran Pada Masyarakat Polres Tanjab Barat Laksanakan Bakti Sosial Bagi Sembako Pada Pasien Covid 19 Bupati Tanjab Barat tinjau Persiapan Prokes Sholat Id Disejumlah Masjid Dalam Kota Kuala Tungkal Audensi Bersama Perpani,Wabub Beri Dukungan Atlit Rifabel

Home / Meraingin

Minggu, 26 Juli 2020 - 12:12 WIB

H. Al Haris Sebut Jeruk Girga Bisa Ditanam di Dataran Rendah Merangin

BANGKO – Jeruk Girga yang selama ini ditanam di dataran tinggi, dengan suhu udara dingin, ternyata sekarang sudah bisa ditanam di dataran rendah. Hebatnya Jeruk Girga yang ditanam di dataran rendah, tidak mengurangi kualitas buah.

Hal tersebut dikatakan Bupati Merangin H Al Haris, usai mengunjungi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Aksi Foundation, di kawasan Pijoan Kabupaten Muarajambi, Sabtu (26/7).

Baca Juga  Hari Adhyaksa Ke 60, Wabup: Adhyaksa Terus Begerak, Bekerja dan Berinovasi

‘’Ini pengembangan dunia pertanian yang sangat positif sekali hasil para ilmuwan  LSM Mitra Aksi Foundation. Saya baru tahu dan nanti Jeruk Girga ini bisa dikembangkan sampai ke kawasan timur Provinsi Jambi,’’ujar Bupati.

Ketika melakukan lawatan ke markas LSM Mitra Aksi Foundation, H Al Haris tidak hanya melihat rumah pembibitan Jeruk Girga, tapi juga diminta untuk menanam satu pohon jeruk tersebut di dataran rendah.

Baca Juga  Diduga RAB Normalisasi Sungai Tak Ada, Ketua DPRD Segera Turun Kelokasi Pembangunan Jembatan

‘’Ini sebagai contoh budi daya Jeruk Girga yang baik sekali, berkat okulasi yang diakukan dengan sempurna, jeruk ini bisa dikembangkan di dataran rendah yang tekstur tanahnya berbeda dengan dataran tinggi,’’terang Bupati.

Di Markas LSM yang bergerak di bidang pertanian organik itu, H Al Haris juga sempat melihat karantina tanaman khas Jambi dan melihat langsung bagaimana cara  pengolahan pupuk kompos.

Baca Juga  Malam Pencoblosan Bupati Al Haris Tandatangani KUA-PPAS APBD Merangin Tahun 2021

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus LSM Mitra Aksi Foundation H Hambali, mengaku siap mendistribusikan bibit Jeruk Girga dalam jumlah berapa yang diminta. ‘’Stok kita masih banyak dan pembibitan terus kita lakukan,’’ujarnya.(Hms/Ot)

Share :

Baca Juga

Meraingin

H. Mashuri Tanda Tangani Zona Intergritas WBK dan WBBM di Polres Merangin

Meraingin

Camat, Lurah dan Kades Bantah Tudingan Menerima Uang Transport Untuk Salurkan Bansos

Meraingin

Soal Pejabat Dinkes Merangin Dipanggil Polisi, Ini Kata Abdaie

Meraingin

Kabupaten Merangin Pertama Kali Gunakan Aplikasi Anjab

Meraingin

Subadri Perjuangkan Turap Pengaman Tebing Sungai Pasca Banjir Ke DPUPR

Meraingin

Hukum Adat Akan Diberlakukan Al Haris Jika Melanggar Prokes Covid-19

Meraingin

Bupati Merangin Divaksin Covid-19 Tahap Kedua

Meraingin

Zainuri Himbau Kader Hanura Merangin Wajib Dukung Fachrori Umar-Syarif Nursal