oleh

Ingin Rasakan Kehidupan Masyarakat Desa, Kasat Shabara Ikuti Kegiatan Polisi Sambang Desa PPSD

-Tanjab Barat-75 KALI DIBACA

TANJABBAR//BULENONnews.com. Polres Tanjab Barat membuat suatu terobosan kegiatan baru untuk lebih mengetahui, mendekatkan diri dan merasakan kehidupan masyarakat Tanjung Jabung Barat sehari hari, khususnya di wilayah pedesaan secara langsung.

Terobosan baru yang di namakan Program Polisi Sambang Desa (PPSD) yang melibatkan semua petinggi atau Penjabat Utama (PJU) Dilingkup Polres, bahkan Kapolres Tanjab Barat pun ikut dalam kegiatan ini.

Adapun kegiatan PPSD ini dipusatkan di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan 6 titik lokasi desa diantaranya,Desa Bunga Tanjung, Madala Jaya, Sri Menanti, Makmur Jaya,Teluk Kulbi dan Sungai Terab.

Nantinya,dengan menggunakan kendaraan dinas roda dua jenis trail dan berbekal tas ransel berisikan pakaian serta perlengkapan ibadah, Kapolres Tanjab Barat bersama para PJU berangkat dari Mapolres Tanjab Barat menuju ke lokasi Desa-desa yang telah ditunjuk.

Sejumlah PJU ini kemudian akan disebarkan ke masing-masing di 5 Desa yang ada di Kecamatan Betara, sedangkan Kapolres Tanjab Barat sendiri memilih untuk melakukan kegiatan PPSD di Desa Makmur Jaya.

Sementara itu, untuk Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Betara dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Tanjab Barat, Iptu Julius Sitepu didampingi Kasubsektor Pematang Lumut Ipda, Mujirin, BKTM Sei Gebar, Aipda, Lisanuddin dan dari Intel Brigadir, Lucky, bertempat di Parit Atong RT. 10 Dusun Trijaya Desa Bunga Tanjung Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat.

Hal ini di ungkapkan, Iptu Julius Sitepu,Kamis (25/06) bahwa kegiatan ini agar Lebih dekat antara pihak Polres Tanjab Barat dengan masyarakat dan juga agar mengetahui dan merasakan kehidupan warga sehari hari serta berinteraksi secara langsung akan keluhan warga.

“Kita akan melakukan identifikasi dan menyapa serta sambangi warga desa dengan cara Door to Door system (DDS) dan melakukan ibadah berjamaah bersama masyarakat serta Komunikasi Polisi Dengan Masyarakat yang kita berinama Sambang Kopi Darat.”Ujar Kasat Sabhara.

Disebutkannya, Polres Tanjab Barat bertujuan agar bisa merasakan apa yang dilakukan dalam keseharian didesa tersebut dengan mengikuti kegiatan yang ada di desa itu.

“Seperti melaksanakan Kreasi Singkat Kerja Bakti Dan Interaksi Polisi Dengan Masyarakat, melakukan kearifan lokal kegiatan yasinan, dan melakukan kegiatan rolling Desa (Patroli Lingkungan Desa).”Jelas Iptu Julius.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini dilakukan selama dua hari yang dimulai hari kamis dan jumat dengan tidur dirumah warga semalam.

“Nanti kita juga akan melaksanakan Ibadah sholat subuh bersama warga atau istilah kita Kopi Susu (Komunikasi Subuh-subuh) dalam bentuk ceramah singkat kultum subuh
dan melaksanakan kegiatan yang kita namai Bakso Urat (Bhakti Sosial Untuk Masyarakat) memberikan bantuan sosial kepada warga Desa yang terdampak covid-19.”Jelasnya.

Sambungnya, serta diakhir kegiatan kita akan sholat Jum’at bersama warga desa sekalian berpamitan kepada masyarakat Desa Bunga Tanjung.

“Pelaksanaan kegiatan Program Polisi Sambang Desa (PPSD) dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yang dilaksanakan Polres Tanjab Barat selama dua hari.”Tutupnya.

Reporter/Editor: Ote

Komentar

Berita Sebelumnya