oleh

Ini Yang Dilakukan Kasat Shabara Saat Berada di Desa Bunga Tanjung

-Tanjab Barat-99 KALI DIBACA

TANJABBAR//BULENONnews.com. Dalam Rangka Memperingati hari Bhayangkara Ke-74, Polres Tanjab Barat melaksanakan kegiatan Program Polisi Sambang Desa (PPSD) dalam wilayah Kabupaten Tanjab Barat.

Adapun kegiatan PPSD bertujuan agar Penjabat Utama (PJU) Dilingkup Polres Tanjab Barat ini untuk lebih mengetahui, mendekatkan diri dan merasakan kehidupan masyarakat Tanjung Jabung Barat sehari hari, khususnya di wilayah pedesaan secara langsung.

Pelaksanaan Kegiatan PPSD untuk sementara difokuskan di Kecamatan Betara dengan titik lokasi di enam desa dan dibagi menjadi 6 regu.

Sedangkan untuk regu 3 dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Tanjab Barat, Iptu Julius Sitepu didampingi Kasubsektor Pematang Lumut Ipda. Mujirin, BKTM Sei Gebar, Aipda, Lisanuddin dan dari Intel Brigadir, Lucky, bertempat di Parit Atong RT. 10 Dusun Trijaya Desa Bunga Tanjung Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat.

Setibanya lokasi yang dituju yaitu di Parit Atong Desa Mekar Tanjung, Iptu Julius langsung menyambangi warga yang berada di Parit Atong secara door to door dan membagikan masker. Sembari berinteraksi dengan warga, kemudian meminta ijin pada salah satu rumah warga untuk bermalam.

Kasat Sabhara menginap dirumah sepasang suami istri yang bernama Daeng Manasyah (70) dan istrinya Mariah (70), yang tinggal di Rt.10 Dusun, Tri Jaya, Parit Atong,Desa Bunga Tanjung,yang kehidupan sehari hari hanya sebagai petani dan pembuat anyaman tampan dari plastik bekas.

Dengan kondisi rumah sepasang suami tersebut yang cukup memprihatinkan, membuat Iptu Julius dan pendamping ingin merasakan apa yang dirasakan hidup dalam kondisi seperti itu.

“Sesuai instruksi dari pimpinan yaitu Kapolres Tanjab Barat, untuk tidak membebankan pemilik rumah yang di tempati, kita berikan sembako dan berpesan kepada pemilik rumah agar tidak melayani kita saat di tinggal di rumah itu,”Ujar Kasat Sabhara.

Setelah mendapatkan izin tinggal, Kasat Sabhara sambangi masyarakat sekitar yang rata rata untuk menunjang perekonomian keluarga mereka bekerja sebagai pengupas pinang dengan upah dua ribu rupiah perkilo.

Sembari membagikan masker Kasat Sabhara juga berbaur dengan masyarakat pengocek pinang dan membantu warga mengupas dan membelah pinang sambil mempertahankan peranan Bhabinkamtibmas di desa itu.

“Seperti apa yang disampaikan masyarakat bahwa peranan Bhabinkamtibmas didesa itu sangat baik dan sering mengontrol keadaan desa tersebut.”Sebutnya.

“Sambil membagikan masker kita juga berikan himbauan dan masukan tetang pentingnya protokol kesehatan agar masyarakat selalu menggunakan masker agar terhindar dari virus covid-19,”Tambahnya.

Tidak hanya itu,Kemudian Kasat Sabhara bersama Kasubsektor Pematang Lumut Ipda. Mujirin, BKTM Sei Gebar, Aipda, Lisanuddin dan dari Intel Brigadir, Lucky serta Ketua Kelompok Tani bergotong royong memetik hasil panen kebun jeruk yang berlokasi cukup jauh.

“Kebetulan hari itu ada kegiatan panen jeruk, jadi kita ikut kegiatan memanen jeruk bersama warga desa tersebut.”Ungkap Iptu Julius Sitepu.

Sebelum menjelang magrib tiba Kasat Sabhara dan para pendamping membersihkan diri dengan mandi di tepi sungai seperti apa yang dilakukan masyarakat sekitar.

“Kita juga ikut mandi disungai seperti masyarakat didesa itu pada umumnya.” Pungkas Iptu Julius Sitepu sambil tersenyum.

Reporter/Editor: Amir/Ote

Komentar

Berita Sebelumnya