Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal Berikan Remisi Pada 215 Napi Shalat Idul Fitri di Ponpes Al Baqiyatush Shalihat, Bupati Tanjab Barat Ucapkan Selamat Lebaran Pada Masyarakat Polres Tanjab Barat Laksanakan Bakti Sosial Bagi Sembako Pada Pasien Covid 19 Bupati Tanjab Barat tinjau Persiapan Prokes Sholat Id Disejumlah Masjid Dalam Kota Kuala Tungkal Audensi Bersama Perpani,Wabub Beri Dukungan Atlit Rifabel

Home / Tanjab Barat

Jumat, 24 Juli 2020 - 12:01 WIB

Kapolres Tanjab Barat Tegaskan Bakar Hutan Dan Lahan Siap di Penjara

TANJAB BARAT – Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) sering terjadi di kabupaten Tanjung Jabung Barat, bahkan bisa dikatakan lahan kebakaran terjadi setiap tahunnya.

Kebakaran hutan dan lahan gambut bisa terjadi karena faktor alam. Namun, seringkali kebakaran terjadi akibat ulah manusia.Pelaku yang tidak bertanggung jawab seringkali melakukan dengan membakar hutan dan lahan demi kepentingan pribadi.

Untuk itu, Tim Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) pada awal Agustus akan menduduki zona rawan kebakaran.

Baca Juga  Seorang Lansia Hilang Selama Dua Hari di Temukan Disemak Belukar

Bahkan nantinya, tim tersebut akan melakukan penangkapan para pelaku yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan yang ada di Kabupaten Tanjab Barat.

Hal ini dikatakan, Kapolres Tanjabar AKBP Guntur Saputro, bahwa pihaknya bersama TNI, Polri dan BPBD serta Menggala Agni akan turun langsung ke zona yang di prediksi rawan terjadinya kebakaran. Menurutnya, langkah itu sebagai antisipasi dan penanggulangan karhutla.

“Kita akan buka posko di zona zona yang di petakan kebakaran hutan,”katanya, Kamis (23/7/2020)

Baca Juga  Dua PJU Kasat Lantas dan Narkoba Tanjab Barat Dijabat Polwan

Dia menegaskan ada sembilan titik yang menjadi tuju zona Karhutla yang ada di Tanjabar. Menurutnya, pemetaan ini diharapkan menjadi langkah pencegahan. “Ada Bram Itam Kana, Bram Itam kiri, Betara dan sejumlah daerah lainnya,”sebutnya.

Tim yang berada di lokasi tersebut nantinya akan langsung bergerak cepat jika ada pelaku pembakar hutan dan lahan. Bahkan, akan langsung di tangkap. “Kita langsung lakukan penangkapan dan ancaman hukumannya ada,”tegasnya.

Baca Juga  Pemerintah Himbau Larangan Mudik, Armada Nekat Menaikkan Penumpang Akan di Stop

Dandim 0419 Tanjab Letkol Erwan Susanto mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan personil secara penuh. Pada awal Agustus nanti TNI polri akan diturunkan. “Awal Agustus kita turunkan semua nya, kita dan kita akan sebarkan ke semua wilayah,”katanya singkat.

Sementara itu, kepala BPBD Tanjabar Zulfikri menegaskan tim gabungan nantinya akan diturunkan untuk melakukan pengawasan dan pencegahan. Selain itu pihaknya akan melakukan penanganan Karhutla. “Tim yang kita turunkan itu,”tutupnya

Reporter/Editor: Amir’Ote

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Tolak Seruan Rizieq Sihab,Aliansi Masyarakat Tanjabbarat Lakukan Aksi Damai DiKualatungkal

Tanjab Barat

Bupati Safrial Hadiri Rapat Paripurna DPRD Tanjab Barat, Tentang APBD Perubahan

Berita

Dua PJU Kasat Lantas dan Narkoba Tanjab Barat Dijabat Polwan

Tanjab Barat

Deteksi Antisipasi Penyebaran Claster Virus Corona,Polres Tanjabbarat Lakukan Rapid Test 50 Anggota Polisi

Tanjab Barat

Minta Selurauh CPNS Tanjab Barat Miliki Tanggung Jawab dan Bekerja Iklas

Tanjab Barat

1 Dari 5 Pelaku Pemerkosaan di Bukit Suban Masih Buron

Tanjab Barat

Pasien Diruang Isolasi Covid-19 PetroChina Kekurangan Air Minum

Tanjab Barat

Banpres PUM Akan Segera Disalurkan, Polres Tanjabbar Lakukan Pengawasan dan Pendataan Ke Puluhan UMKM