Sterilisasi dan Tracking, Besok IGD RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Tidak Terima Pasien Perhari RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Membutuhkan 50 Tabung Oksigen Bupati Tanjab Barat Buka Acara Pertemuan Dengan PT Sena. Kodim 0419/Tanjab Lakukan Vaksinasi Massal Dosis Kedua Dandim 0419/Tanjab Tinjau Sejumlah Titik Sasaran TMMD Ke-113 TA 2022 di Muara Papalik

Home / Tanjab Barat

Jumat, 24 Juli 2020 - 12:01 WIB

Kapolres Tanjab Barat Tegaskan Bakar Hutan Dan Lahan Siap di Penjara

TANJAB BARAT – Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) sering terjadi di kabupaten Tanjung Jabung Barat, bahkan bisa dikatakan lahan kebakaran terjadi setiap tahunnya.

Kebakaran hutan dan lahan gambut bisa terjadi karena faktor alam. Namun, seringkali kebakaran terjadi akibat ulah manusia.Pelaku yang tidak bertanggung jawab seringkali melakukan dengan membakar hutan dan lahan demi kepentingan pribadi.

Untuk itu, Tim Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) pada awal Agustus akan menduduki zona rawan kebakaran.

Baca Juga  Puluhan ASN Tanjab Barat Ajukan Surat Pindah, Ini Alasannya.

Bahkan nantinya, tim tersebut akan melakukan penangkapan para pelaku yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan yang ada di Kabupaten Tanjab Barat.

Hal ini dikatakan, Kapolres Tanjabar AKBP Guntur Saputro, bahwa pihaknya bersama TNI, Polri dan BPBD serta Menggala Agni akan turun langsung ke zona yang di prediksi rawan terjadinya kebakaran. Menurutnya, langkah itu sebagai antisipasi dan penanggulangan karhutla.

“Kita akan buka posko di zona zona yang di petakan kebakaran hutan,”katanya, Kamis (23/7/2020)

Baca Juga  Hadapi Kemarau, Kapolres Tanjab Barat Gelar Survey dan Zonasi Lahan Semi Gambut

Dia menegaskan ada sembilan titik yang menjadi tuju zona Karhutla yang ada di Tanjabar. Menurutnya, pemetaan ini diharapkan menjadi langkah pencegahan. “Ada Bram Itam Kana, Bram Itam kiri, Betara dan sejumlah daerah lainnya,”sebutnya.

Tim yang berada di lokasi tersebut nantinya akan langsung bergerak cepat jika ada pelaku pembakar hutan dan lahan. Bahkan, akan langsung di tangkap. “Kita langsung lakukan penangkapan dan ancaman hukumannya ada,”tegasnya.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Sambut Baik Acara Peningkatan Bahasa Indonesia Bagi TNI,Polri dan ASN

Dandim 0419 Tanjab Letkol Erwan Susanto mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan personil secara penuh. Pada awal Agustus nanti TNI polri akan diturunkan. “Awal Agustus kita turunkan semua nya, kita dan kita akan sebarkan ke semua wilayah,”katanya singkat.

Sementara itu, kepala BPBD Tanjabar Zulfikri menegaskan tim gabungan nantinya akan diturunkan untuk melakukan pengawasan dan pencegahan. Selain itu pihaknya akan melakukan penanganan Karhutla. “Tim yang kita turunkan itu,”tutupnya

Reporter/Editor: Amir’Ote

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

HUT TNI Ke-75 Puluhan Prajurit Kodim 0419/Tanjab Lakukan Donor Darah

Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Laksanakan Bakti Sosial Bagi Sembako Pada Pasien Covid 19

Tanjab Barat

Sejarah Rumah Tua Sebagai Salah Satu Dapur Umum Logistik Para Pejuang Kemerdekaan di Tanjab Barat

Tanjab Barat

Diskoperindag Tanjab Barat Minta Pertamina Tutup Pangkalan Gas 3 Kg Yang Nakal

Tanjab Barat

Sebarat 462,93 Gram BB Narkoba Jenis Sabu di Musnahkan

Tanjab Barat

Cegah Penularan Covid-19,Kasatlantas dan Dinkes Tanjab Barat Lakukan Rapid Antigen di Terminal Pembengis

Tanjab Barat

Terkait Pernyataan Dewan, Ini Kata Direktur BPR Tanggo Rajo Tanjab Barat

Tanjab Barat

Sebelum Akhir Februari Anwar Sadat-Hairan Akan di Lantik Menjadi Bupati Dan Wakil Bupati Tanjab Barat