Hormati Keputusan PTUN,Pemkab Tanjab Barat Lakukan Upaya Hukum Banding Sembelih Delapan Hewan Qurban, Polres Tanjab Barat Bagikan Daging Qurban Pada Warga Sekitar,Ponpes dan Panti Asuhan Bupati Tanjab Barat Mengapresiasi ASN Yang Berlomba lomba Untuk Melakukan Kebaikan Hari Raya Idul Adha Tahun 2024 Pemkab Tanjab Barat Sembelih Hewan KorbanĀ  Bupati Anwar Sadat Minta OPD Tindaklanjuti Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi.

Home / Meraingin

Selasa, 31 Januari 2023 - 12:28 WIB

Kecamatan Tabir Selatan Responsif Terhadap Stunting dan Kemiskinan Ekstrim

MERANGIN-BULENONNEWS.COM. Berpusat di Gedung Olahraga Desa Rawa Jaya Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin, Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, kembali melaksanakan kunjungan kerja dalam monitoring Evaluasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk, menurunkan Angka Stunting Anak dan Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Merangin.

Kegiatan di hadiri oleh para OPD terkait, Camat dan Tabir Selatan beserta Ketua TP PPK Kecamatan, Kepala Puskesmas, Kepala Desa se Kecamatan Tabir Selatan, Kapolsek Tabir Selatan, Babinsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta tamu undangan lainnya.

Camat Tabir Selatan Antin Kristian Sulistyawati dalam Laporannya menyampaikan, kegiatan intervensi monitoring dan Evaluasi kemiskinan Ekstrim yang di sampaikan oleh Wabup saat di Bungo Antoi sudah berjalan.

” Alhamdulillah, untuk kecamatan Tabir Selatan sudah ada penurunan angka, dari 47 stunting berubah menjadi 43,” urai Camat Tabir Selatan.

Baca Juga  Babinsa Koramil 420-08/Tabir Sosialisasikan Penerimaan Prajurit TNI AD Ke Siswa Sekolah

Wabup Nilwan Yahya, mengatakan Tujuan percepatan penurunan kemiskinan Ekstrim dan Stunting anak ini, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 72 tahun 2021.

” Kita dituntut kerja keras untuk menanggapi percepatan penurunan angka Kemiskinan dan Stunting, nah dengan itu Bupati Merangin juga sudah mengeluarkan Perbub, agar angka stunting dan kemiskinan di Merangin tahun 2024 menjadi Nol Persen,” ujar nya.

Lajut Wabup, Kemiskinan Ekstrim tidak bisa di pisahkan dengan stunting anak

” Sebagaimana kita ketahui, dari 11 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi, angka kemiskinan dan stunting, Kabupaten Merangin nomor 2 tertinggi, jadi mau tidak mau kita harus jemput bola,” bebernya.

Dari sekian banyak Desa sebut Wabup, Pemerintah sudah mendapatkan perbandingan Data, untuk 7 desa yang disesuaikan datanya itu, ternyata banyak yang bermasalah.

Baca Juga  Wabup Buka Festival SD Negeri 118 Karang BerahI

” Artinya data ini tidak valid, sepertiĀ  penerima, PKH tidak sesuai kondisi yang sebenarnya, sehingga timbul hujan yang menyalahi kepala desa,” kata Wabup.

Untuk itu di minta kepada camat dan para kades untuk melaporkan data terbaru tiap minggu ke Dinas Dukcapil Kabupaten Merangin.

” Kami akan pantau perkembangannya, jika ada warga pindah dan meninggal dari desa agar dihapus dari kependudukan,” tambah Nilwan.

Wabup menegaskan, di bulan Februari 2023 Pemkab melalui Dinas Sosial akan mengadakan pelatihan 1 orang OperatorĀ  untuk 1 desa.

” Operator desa merupakan ujung tombak di desa dalam validasi data,
jadi jangan nanti operator yang di latih, tidak dipakai karena urusan politik,” harap wabup.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Kolam Ikan Anggaran Dana Desa Karang Anyar Rubuh, Camat Cek Lokasi.

Meraingin

Soal Rancangan Perubahan KUA-PPAS Lambat Dibahas, Ini Kata Bupati.

Meraingin

Hearing DPRD Merangin Diwarnai Pedebatan Antara Ketua Yayasan STKIP YPM Bangko dan PBKAD Merangin

Meraingin

Temu Kangen SMAN Bangko Angkatan 93 Dengan Pj Bupati Penuh Tawa Canda

Meraingin

Usai Direktur, DPRD Merangin Panggil dr Spesialis RSUD Kol Abundjani Bangko

Meraingin

Polres Merangin Kembali Gelar Pemeriksaan dan Himbauan Warga ikut Vaksinasi

Meraingin

Komisi ll DPRD Minta Penempatan Zonasi Dalam Peningkatan PAD Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merangin

Meraingin

Final..! Haris-Sani Unggul di PSU Pilgub Jambi