Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Meraingin

Selasa, 31 Januari 2023 - 12:28 WIB

Kecamatan Tabir Selatan Responsif Terhadap Stunting dan Kemiskinan Ekstrim

MERANGIN-BULENONNEWS.COM. Berpusat di Gedung Olahraga Desa Rawa Jaya Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin, Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, kembali melaksanakan kunjungan kerja dalam monitoring Evaluasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk, menurunkan Angka Stunting Anak dan Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Merangin.

Kegiatan di hadiri oleh para OPD terkait, Camat dan Tabir Selatan beserta Ketua TP PPK Kecamatan, Kepala Puskesmas, Kepala Desa se Kecamatan Tabir Selatan, Kapolsek Tabir Selatan, Babinsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta tamu undangan lainnya.

Camat Tabir Selatan Antin Kristian Sulistyawati dalam Laporannya menyampaikan, kegiatan intervensi monitoring dan Evaluasi kemiskinan Ekstrim yang di sampaikan oleh Wabup saat di Bungo Antoi sudah berjalan.

” Alhamdulillah, untuk kecamatan Tabir Selatan sudah ada penurunan angka, dari 47 stunting berubah menjadi 43,” urai Camat Tabir Selatan.

Baca Juga  H Mukti : Pj Bupati dan Sekda Merangin Baik-baik Saja

Wabup Nilwan Yahya, mengatakan Tujuan percepatan penurunan kemiskinan Ekstrim dan Stunting anak ini, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 72 tahun 2021.

” Kita dituntut kerja keras untuk menanggapi percepatan penurunan angka Kemiskinan dan Stunting, nah dengan itu Bupati Merangin juga sudah mengeluarkan Perbub, agar angka stunting dan kemiskinan di Merangin tahun 2024 menjadi Nol Persen,” ujar nya.

Lajut Wabup, Kemiskinan Ekstrim tidak bisa di pisahkan dengan stunting anak

” Sebagaimana kita ketahui, dari 11 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi, angka kemiskinan dan stunting, Kabupaten Merangin nomor 2 tertinggi, jadi mau tidak mau kita harus jemput bola,” bebernya.

Dari sekian banyak Desa sebut Wabup, Pemerintah sudah mendapatkan perbandingan Data, untuk 7 desa yang disesuaikan datanya itu, ternyata banyak yang bermasalah.

Baca Juga  Pemkab Merangin Serahkan Donasi Peduli Palestina Ke Pejuang Subuh, Lihat Jumlahnya.

” Artinya data ini tidak valid, seperti  penerima, PKH tidak sesuai kondisi yang sebenarnya, sehingga timbul hujan yang menyalahi kepala desa,” kata Wabup.

Untuk itu di minta kepada camat dan para kades untuk melaporkan data terbaru tiap minggu ke Dinas Dukcapil Kabupaten Merangin.

” Kami akan pantau perkembangannya, jika ada warga pindah dan meninggal dari desa agar dihapus dari kependudukan,” tambah Nilwan.

Wabup menegaskan, di bulan Februari 2023 Pemkab melalui Dinas Sosial akan mengadakan pelatihan 1 orang Operator  untuk 1 desa.

” Operator desa merupakan ujung tombak di desa dalam validasi data,
jadi jangan nanti operator yang di latih, tidak dipakai karena urusan politik,” harap wabup.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Nilwan Yahya Apresiasi MSC Ikuti Kontes Vespa Kajanglako XI di Sabak

Meraingin

Warga Desa Buluran Panjang Sepakat Memindahkan Pemakaman

Meraingin

SOMAD ROM, Mantan Ketua PKB Merangin Turun Gunung Nyaleg di NasDem

Meraingin

Rapat Satgas Covid-19 Dipimpin Langsung Oleh Plt. Bupati H. Mashuri

Meraingin

Tim 03 Srikandi Squad 1 Polres Merangin Berbagi Dengan Anak Yatim Panti Asuhan Kasih Ummi

Meraingin

Dalam Peningkatan PAD, Pj Bupati Merangin Buka Pelatihan Tata Kelola Bisnis Pemasaran Destinasi Wisata

Meraingin

M. Yani Serahkan Hewan Qurban Bantuan Hasbi Anshory Anggota DPR RI di Tabir

Meraingin

Nilwan Yahya : Merangin FC Kalah 1-0 Lawan Tebo, Mari Jadikan Motivasi Menuju Juara