oleh

Merangin Akan Bangun Bendungan Raksasa di Kecamatan Renah Pembarap

-Daerah-140 KALI DIBACA

MERANGIN-BULENONnews.com, Kabupaten Merangin bakal miliki Bendungan raksasa, yang berpotensi menjadi sumber daya air dari Sungai Batang Merangin yang cukup besar. Fisik pembangunan Bendungan Merangin itu, akan dilakukan pada 2020.

Bendungan raksasatersebut akan Dibangun di Desa Simpang Parit Kecamatan Renah Pembarap itu, akan menjadi bendungan terbesar di Provinsi Jambi yang dibangun dengan dana Pusat sebesar Rp 2,5 Triliun.

Hal tersebut tersirat pada acara Pertemuan Konsultasi Masyarakat, terkait rencana pembangunan bendungan raksasa yang berlangsung di Aula Kantor Dinas PUPR Merangin.

Pertemuan  dipimpin langsung Bupati   Al Haris,.Dengan adanya Bendungan Merangin itu, sangat berpotensi dibangun pula irigasi  yang mampu mengairi sawah petani seluas 12 ribu hektar.

‘’Saya  minta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Merangin, khususnya warga Renah Pembarap, mendukung sepenuhnya rencana pembangunan Bendungan raksasa ini,’’ pinta Bupati.

Ia juga menambahkan,”bendungan raksasa itu nanti akan multi fungsi. Selain sebagai sumber air, nanti lokasinya bisa ditata sedemikian rupa dan dilengkapi gazebo-gazebo sehingga bisa menjadi destinasi wisata baru dan sarana olahraga air.”Jelas Haris.

Sementara itu,Plt Kadis PUPR Merangin Mardansyah Saidi mengatakan, “pembangunan bendungan raksasa itu nantinya akan kita bangun dengan empat pintu radial dengan ukuran 4x (8×10) sehingga dapat mereduksi banjir.”Sebut Kadis.

Ditempat yang sama,Aspan selaku kabid bina marga juga menyampaikan,Bendungan raksasa itu nanti bisa dibangun (PLTA )pembakit listrik tenaga air berkekuatan 120 MW.

‘’Bendungan Merangin ini bisa dikelola menjadi sumber air minum, berkapasitas 2 meter kubik perdetiknya, sehingga bisa memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga di sejumlah kecamatan di kawasan tersebut,’’ujar Aspan.

PENULIS : OTE

Komentar

Berita Sebelumnya