Hormati Keputusan PTUN,Pemkab Tanjab Barat Lakukan Upaya Hukum Banding Sembelih Delapan Hewan Qurban, Polres Tanjab Barat Bagikan Daging Qurban Pada Warga Sekitar,Ponpes dan Panti Asuhan Bupati Tanjab Barat Mengapresiasi ASN Yang Berlomba lomba Untuk Melakukan Kebaikan Hari Raya Idul Adha Tahun 2024 Pemkab Tanjab Barat Sembelih Hewan Korban  Bupati Anwar Sadat Minta OPD Tindaklanjuti Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi.

Home / Meraingin

Senin, 27 Februari 2023 - 20:24 WIB

Nilwan Yahya Ketua TPPS, Bakal tampil sebagai pembicara Best Practice di BKKBN Pusat

JAMBI-BULENONNEWS.COM. Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya sekaligus sebagai ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Merangin, melaksanakan koordinasi Lintas Sektor ke BKKBN Provinsi Jambi, Minggu (26/2/23).

Pada pertemuan yang penuh keakraban itu, Nilwan Yahya didampingi Kepala Dinas PPKB H. Abdaie yang merupakan Sekretaris TPPS Kabupaten Merangin, menyampaikan berbagai inovasi yang telah di lakukan oleh TPPS Kabupaten Merangin.

” Salah satu inovasi yang dilakukan TPPS Kabupaten Merangin dalam upaya penurunan Angka kasus Stunting, yaitu “TERABAS” Temukan Rujuk damping Anak stunting bersama Bapak asuh Anak Stunting. Kemudian “LESEHAN MAS ALAM” Layanan Kesehatan Prima Suku Anak Dalam,” ujar Wabup Merangin.

Selain itu Wabup menerangkan, “Berbagai inovasi ini membuahkan hasil, dimana Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 Kabupaten Merangin prevalensi stunting sebesar 14,5%, terjadi penurunan 5,2% dari tahun 2021 sebesar 19,7%,” bebernya.

Baca Juga  Wabup Buka Forum Perangkat Daerah Bidang Pendidikan Kabupaten Merangin Tahun 2023

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Munawar Ibrahim menerangkan pada tanggal 6 Februari 2023 yang lalu, BKKBN Provinsi Jambi dan tim TPPS Kabupaten Merangin telah melaunchingkan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di kampung Keluarga Berkualitas di desa Karang Berahi, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin.

“Kampung KB atau Kampung Keluarga Berkualitas merupakan salah satu strategi BKKBN dalam merevitalisasi Program Bangga Kencana dan akselerasi penurunan stunting serta berbagai lokus pembangunan keluarga”, ungkap Munawar.

Munawar Ibrahim menyatakan sangat mengapresiasi berbagai inovasi yang telah di lakukan oleh Pemda Merangin.

Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Merangin H Abdaie, menabahkan, bahwa pada audensi itu Wabup Merangin Nilwan Yahya memaparkan berbagai inovasi yang dilakukan TPPS Merangin, untuk menurunkan angka stunting di Merangin.

‘’Ada dua program inovasi stunting yang dikoordinasikan Pak Wabup Merangin ke Pak Kaper BKKBN Provinsi Jambi. Pertama terkait program ‘TERABAS’ dan program ‘TELUK MISSA’,’’ujar H Abdaie.

Baca Juga  Full Data, Tim Evaluator Unesco Tinggalkan Merangin Jambi

‘TERABAS’ itu dijelaskan H Abdaie, ini merupakan singkatan dari kata ‘TEmukan Rujukan Anak stunting besama Bapak asuh Anak Stunting’. Sedangkan ‘TELUK MISSA’ singkatan dari ‘TELUsur Keluarga MISkin deSA’.

Rencananya terang H Andaie, kedua program penurunan stunting di Kabupaten Merangin itu pada Selasa (28/2), akan jabarkan Ketua TPPS Merangin dihadapan Kepala BKKBN Pusat Dr dr. Hasto Wardoyo SPOG yang berencana hadir di Jambi.

Pada kegiatan Koordinasi Lintas Sektor Percepatan Penurunan Stunting Dalam rangka Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana Provinsi Jambi pada akhir Februari nanti Kabupaten Merangin akan tampil sebagai pembicara Best Practice Pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Merangin.

Reporter : Ote.

 

Share :

Baca Juga

Meraingin

Jika Diamanahkan, Hasren Purja Sakti Siap Pimpin Komisi di DPRD Merangin

DPRD

Pansus Covid-19 DPRD Merangin Dapatkan Sejumlah Temuan di OPD

Meraingin

M. Yani Bersama Dinas Perikanan Merangin Panen Ikan Kolam Teknolgi Bioflok

Meraingin

H Mukti Buka Pertemuan Pengukuran Data Stunting 2023, TPPS Merangin Bahu Membahu Percepat Penurunan Stunting

Meraingin

Inovasi Baru, FKWM Gelar Lomba Wartawan Cilik di Merangin

Meraingin

Dua Desa Satu Kelurahan Tabir Raya Dilanda Banjir

Meraingin

Dengan Semangat Berkobar Ketua LPTQ Merangin Sampaikan Sambutan

Meraingin

Warga Dusun Mudo Geger Atas Penemuan Mayat Gantung Diri