oleh

Para Santri Asal Tanjabbar Tes Kesehatan di BLK Desa Terjun Jaya Kecamatan Betara

-Tanjab Barat-7 KALI DIBACA

BULENONnews.com.

TANJAB BARAT – Akibat dari wabah virus Corona yang melanda beberapa negara dunia salah satunya Indonesia, membuat banyak ponpes di pulau jawa memulangkan para santrinya untuk mencegah menyebarnya Virus Covid-19 ini.

Salah satu Ponpes Lirboyo, Kediri,Jawa Timur, sebanyak 160 santri asal Tanjab Barat dipulangkan dan diserahkan kepada wali santri, pada pada Rabu (02/04/20) sebagai akibat dari wabah virus corona yang juga melanda di Jawa Timur.

Para santri Tanjab Barat di pulangkan dengan menggunakan bus dari Lirboyo dan baru tiba Jumat malam (03/04/20)pukul 23.10 WIB, dan diterima oleh Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Tanjab Barat di BLK Desa Terjun Jaya Kecamatan Betara.

Santri asal Tanjab Barat turun dari bus satu-persatu saling menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Belum pernah terjadi santri dipulangkan secara massal, kondisi ini sungguh mengharukan, mereka pulang dari menimba ilmu dan tidak bisa langsung sampai kampung halaman bertemu keluarga dan sahabat di kampung.

Mereka harus menjalani serangkaian sterilisasai sesuai protokol kesehatan oleh Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 dan dikarantina semalam di Gedung Balai Latihan Kerja, bahkan keluarga pun tidak diperkenankan untuk bertemu dan melakukan penjemputan.

Sebelumnya, Ketau Gugus Tugas Penanganan Covid-l9 Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Ir. H. Taharuddin mengatakan hal itu dilakukan agar kepulangan para santri ini bisa dipastikan aman tidak ditemukan permasalahan kesehatan mereka.

“Semua ini untuk mencegah penyebaran Covid19 di Tanjab Barat, maka harus dilakukan Screening Test, sehingga diharapkan mereka steril dari corona memasuki kampng halaman,” Tuturnya.

Sambung Taharuddin, pihaknya komitmen untuk memotong mata rantai penyebaran virus corona di Tanjab Barat, pasalnya para santri ini pulang dari pulau Jawa melintasi daerah-daerah yang juga terpapar corona.

“Semoga mereka sehat semua, terlepas dari paparan corona,”Harapnya.

Para santri akan dilakukan pengecekan Suhu Badan pada hari Sabtu pagi ini, tanggal 4 April 2020,sekira pukul 08.00 Wib, oleh pihak Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjab Barat dan selanjutnya akan diserahkan kepada pihak penjemput oleh masing – masing Kecamatan

Penulis : Amir

Editor : Ote

Komentar

Berita Sebelumnya