Wabup Tanjab Barat Bagikan Masker Gratis Pada Pengguna Jalan DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Pertama Bupati dan Wabup Tanjab Barat Hadiri Ekspose RPJMD Tahun 2021-2026 Kemenag Tanjab Barat Belum Menentukan Besaran Zakat Fitrah Seorang Lelaki di Kecamatan Senyerang Meninggal Gantung Diri

Home / Tanjab Barat

Kamis, 30 Juli 2020 - 14:31 WIB

Pedagang Hewan Qurban Antar Pulau Semakin Ramai Menjelang Hari ‘Idul Adha

TANJAB BARAT – Menjelang datangnya hari Raya Idhul Adha 1441 H. Sejumlah pedagang hewan qurban antar pulau mulai ramai mengantarkan pesanan untuk memenuhi kebutuhan warga yang akan berqurban.

Pantauan di lokasi Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, terlihat pedagang membawa puluhan hewan sapi dan kambing menggunakan mobil Truk dan pickup yang nanti akan menyebrang ke pulau Batam dengan menggunakan Kapal Fery.

Menurut ratno, salah satu pedagang sapi asal pelalawan Riau yang sudah dua tahun ini membawa dagangan sapi ke pulau batam mengaku bisa meraup untung tiga juta per ekor sapi.

Baca Juga  Kejari Tanjab Barat Pertama Kali Lakukan Restorativ Justice Yang Mengacu Pada Peraturan Kejari RI Nomor 15 Tahun 2020

“Harga kalau di jual di Batam bisa mencapai 19 hingga 20 juta per ekornya,”ucapnya.

Namum demikian, ia juga tidak sedikit biaya transportasi yang dikeluarkan biaya dengan menggunaan kapal angkut melaui Pelabuhan Roro Kuala Tungkal.

“Biaya transportasi nya mahal sekali,” sebutnya.

Sementara itu,Safawi sopir truk yang biasa mengakut sapi dan kambing setiap idhul adha mengatakan,selalu mendapat pesanan untuk mengangkut sapi qurban dari lampung untuk di bawa ke pulau Batam dan hanya mendapatkan upah amprah.

Baca Juga  Wabup Hadiri Isra'Mi'raj Nabi Muhammad S.A.W di Masjid Nurul Iman

“Untuk satu kali angkutan biasa di bayar Rp.17 juta untuk mengatarkan pesanan pemilik pedagang hewan qurban di pulau batam,”ujarnya.

Disisi lain, petugas pengelola angkutan kapal PT Jembatan Nusantara di pelabuhan Roro Kuala Tungkal,Hendri menuturkan, pada hari biasa angkutan yang membawa hewan hanya satu truk.

Namun Kata dia, sejak menjelang datangnya hari idul adha angkutan untuk mobil truk mengalami peningkatan.

“Menjelang mau Hari Raya Idul Adha sudah puluhan truk dan ratusan ekor sapi dan kambing yang di bawa dengan menggunakan akutan kapal melalui Pelabuhan Roro dari lampung dan pelalawan,”kata Hendri.

Baca Juga  Bupati Safrial Hadiri Pelantikan Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal

Tutur Hendri, semenjak mendekati hari raya Idul Adha ini, kendaraan besar seperti truk hampir 50 sampai 60 puluh berangkat menggunakan kapal di pelabuhan Roro ini.

“Para pembawa truk yang memuat hewan seperti kambing dan sapi ini menuju palau batam dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha,” tukasnya.

Reporter/Editor: Amir/Ote

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Wakapolda Silaturahmi Ke Kabupaten Tanjab Barat

Tanjab Barat

Diawali Pembangunan Pasar Kuwatik Oleh Bupati Sugeng, Sampai Ke Usman dan Safrial, Bangunan Tak Pernah Di Perbaiki

Tanjab Barat

Pemkab Tanjab Barat Kembali Terima Sertifikat Tanah Dari BPN

Tanjab Barat

Bupati Buka Pelatihan Dasar CPNS Secara Virtual

Tanjab Barat

Seorang Penumpang Asal Batam Reaktif Rapid Tes, Taharuddin: Besok Akan Lakukan Uji Swab

Tanjab Barat

AKBP Guntur Saputro Dampingi TRC PPA Pusat Kunjungi Balita Balita Gizi Buruk

Tanjab Barat

Kasus Baru Positif Covid-19 di Tanjab Barat, Sekda Himbau ASN Patuhi Protokol Kesehatan

Tanjab Barat

1 Orang Dari 5 Pelaku Pemerkosa di Bukit Suban Masih Berstatus Buronan