Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal Berikan Remisi Pada 215 Napi Shalat Idul Fitri di Ponpes Al Baqiyatush Shalihat, Bupati Tanjab Barat Ucapkan Selamat Lebaran Pada Masyarakat Polres Tanjab Barat Laksanakan Bakti Sosial Bagi Sembako Pada Pasien Covid 19 Bupati Tanjab Barat tinjau Persiapan Prokes Sholat Id Disejumlah Masjid Dalam Kota Kuala Tungkal Audensi Bersama Perpani,Wabub Beri Dukungan Atlit Rifabel

Home / Tanjab Barat

Sabtu, 25 Juli 2020 - 12:03 WIB

Persiapan Tanjab Barat Hadapi Karhutla

TAJAB BARAT – Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu Kabupaten dipropinsi Jambi, yang rawan akan bencana kebakaran hutan saat musim kemarau tiba.

Sebagai wilayah yang miliki lahan gambut, tak ayal Kabupaten pesisir ini setiap tahunnya selalu ditemukan Kebakaran Hutan dan Lahan(Karhutla).

Untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, kini tengah mempersiapkan kesiagaannya dalam menghadapi musim kemarau dan kebakaran hutan dan lahan nantinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPBD Tanjabbar Drs. Zulfikri. Ia menyebutkan bahwa pemkab Tanjabbar bersama instansi terkait baik TNI dan polri, kini tengah mempersiapkan diri dalam mengantisipasi menghadapi musim kemarau dan Karhutla.

Baca Juga  1 Dari 5 Pelaku Pemerkosaan di Bukit Suban Masih Buron

” Informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa perkiraan kemarau agak bergeser dari Juni,Juli dan Agustus. Menjadi Agustus dan September puncaknya.” Ujarnya.

” Untuk menghadapi itu, sekarang ini kita siapkan sumber daya manusia, peralatan maupun dukungan dari pihak perusahaan yang terlibat dengan karhutla. Sehingga nantinya Penanganan karhutla bisa maksimal di Tanjung Jabung, kalau bisa tidak terjadi Karhutla,” Tegasnya.

Untuk antisipasi sendiri, Kata Zul baik itu secara administrasi penetapan bahaya siaga Karhutla sudah lakukan, kemudian juga dalam penetapan personil yang akan libatkan dalam posko lapangan atau posko ajuan.

Baca Juga  Bupati Safrial Dampingi Gubernur Jambi Tebar 25000 Benih Ikan dan Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan di Lingkungan Perusahaan

” Sedangkan untuk persiapan alat memang sudah kita lakukan persiapan, memang ada beberapa peralatan yang kurang baik. Namun itu akan kita perbaiki,” Ungkapnya.

Saat disinggung banyaknya perusahaan beroperasi di Tanjabbar, perusahaan apa saja yang konsisten dalam penanganan Karhutla ini? Kata Zul ada beberapa perusahaan yang menyatakan sudah konsisten dalam Karhutla ini baik itu PetroChina dan WKS sudah mempunyai regu pemadam kebakaran.

” Sebagian perusahaan perusahaan besar ini memang memiliki menara pemantau dan memiliki mesin mesin untuk pemadam. Kalau secara pengalaman perusahaan besar seperti WKS dan PetroChina ini sudah teruji,” Ungkapnya.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Resmikan Bank 9 di Kecamatan Tebing Tinggi

Selain itu ia menyebutkan bahwa untuk persiapan lainnya, sejauh ini ada beberapa embung untuk persediaan air apabila terjadinya kebakaran nantinya.

” Kalau dilihat oleh otoiklim yang di sampaikan oleh BMKG dalam musim kemarau yang bergeser kesediaan embung saat ini cukup. Karena potensi hujan yang seringkali muncul di provinsi Jambi. Artinya kesediaan air sudah cukup termasuk juga sumur sumur bor yang sudah di bangun oleh badan restorasi jambi,” Pungkasnya.

Reporter/Editor: Amir/Ote

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Cegah Karhutla Melaui Program “Gas Pool”

Tanjab Barat

Pisah Sambut Lima PJU Polres Tanjab, Kompol Wirmanto:Banyak Kenangan dan Pembelajaran Yang Didapat

Tanjab Barat

Hj Fadilah Kunjungi Anak Penderita Stuntng Di RSUD KH Daut Arif Kualatungkal

Tanjab Barat

Bupati Walk Out di Pembahasan APBD, Dewan Heran.

Tanjab Barat

Bupati Safrial Dampingi Gubernur Jambi Tebar 25000 Benih Ikan dan Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan di Lingkungan Perusahaan

Tanjab Barat

Diawali Bupati Safrial Panen Panen Ikan Di Sungai Lubuk Larangan Raja Gagak Dusun Mudo

Tanjab Barat

Ini Pengakuan Pelaku Pemerkosa Isteri Temannya

Tanjab Barat

Hingga Saat Ini Kasus Pamsimas Teluk Kulbi Belum Juga Selesai