Terpapar Covid 19, Pelayanan IGD RSUD KH Daud Arif dan Puskesmas Pijoan Baru Tutup Sementara Pengembalian Hasil Temuan BPK di Tanjab Barat Masih Minim Sterilisasi dan Tracking, Besok IGD RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Tidak Terima Pasien Perhari RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Membutuhkan 50 Tabung Oksigen Bupati Tanjab Barat Buka Acara Pertemuan Dengan PT Sena.

Home / Tanjab Barat

Sabtu, 25 Juli 2020 - 12:03 WIB

Persiapan Tanjab Barat Hadapi Karhutla

TAJAB BARAT – Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu Kabupaten dipropinsi Jambi, yang rawan akan bencana kebakaran hutan saat musim kemarau tiba.

Sebagai wilayah yang miliki lahan gambut, tak ayal Kabupaten pesisir ini setiap tahunnya selalu ditemukan Kebakaran Hutan dan Lahan(Karhutla).

Untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, kini tengah mempersiapkan kesiagaannya dalam menghadapi musim kemarau dan kebakaran hutan dan lahan nantinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPBD Tanjabbar Drs. Zulfikri. Ia menyebutkan bahwa pemkab Tanjabbar bersama instansi terkait baik TNI dan polri, kini tengah mempersiapkan diri dalam mengantisipasi menghadapi musim kemarau dan Karhutla.

Baca Juga  Kejari Tanjab Barat Lelang Puluhan Kendaraan Barang Bukti

” Informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa perkiraan kemarau agak bergeser dari Juni,Juli dan Agustus. Menjadi Agustus dan September puncaknya.” Ujarnya.

” Untuk menghadapi itu, sekarang ini kita siapkan sumber daya manusia, peralatan maupun dukungan dari pihak perusahaan yang terlibat dengan karhutla. Sehingga nantinya Penanganan karhutla bisa maksimal di Tanjung Jabung, kalau bisa tidak terjadi Karhutla,” Tegasnya.

Untuk antisipasi sendiri, Kata Zul baik itu secara administrasi penetapan bahaya siaga Karhutla sudah lakukan, kemudian juga dalam penetapan personil yang akan libatkan dalam posko lapangan atau posko ajuan.

Baca Juga  Tingkatkan Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata, Tanjab Barat Jalin Kerjasama Dengan UNJA

” Sedangkan untuk persiapan alat memang sudah kita lakukan persiapan, memang ada beberapa peralatan yang kurang baik. Namun itu akan kita perbaiki,” Ungkapnya.

Saat disinggung banyaknya perusahaan beroperasi di Tanjabbar, perusahaan apa saja yang konsisten dalam penanganan Karhutla ini? Kata Zul ada beberapa perusahaan yang menyatakan sudah konsisten dalam Karhutla ini baik itu PetroChina dan WKS sudah mempunyai regu pemadam kebakaran.

” Sebagian perusahaan perusahaan besar ini memang memiliki menara pemantau dan memiliki mesin mesin untuk pemadam. Kalau secara pengalaman perusahaan besar seperti WKS dan PetroChina ini sudah teruji,” Ungkapnya.

Baca Juga  Kebakaran Kebun Terjadi Lagi, Polres Tanjabbar Selidiki Penyebab Kebakaran

Selain itu ia menyebutkan bahwa untuk persiapan lainnya, sejauh ini ada beberapa embung untuk persediaan air apabila terjadinya kebakaran nantinya.

” Kalau dilihat oleh otoiklim yang di sampaikan oleh BMKG dalam musim kemarau yang bergeser kesediaan embung saat ini cukup. Karena potensi hujan yang seringkali muncul di provinsi Jambi. Artinya kesediaan air sudah cukup termasuk juga sumur sumur bor yang sudah di bangun oleh badan restorasi jambi,” Pungkasnya.

Reporter/Editor: Amir/Ote

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Kodim 0419/Tanjab Lakukan Vaksinasi Massal Dosis Kedua

Tanjab Barat

Bupati Safrial Hadiri Pelantikan Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Warning Lurah Untuk Tidak Mark Up dan Fiktif Kelola Dana Kelurahan

Tanjab Barat

Safrial: Saya Ini Petarung, Walaupun Perahu Kecil Tetap Berlayar

Tanjab Barat

Rapat Covid -19 Tertutup, Wartawan Liputan Tanjab Barat “Berang”..😡

Tanjab Barat

Lepas Atlit PABBSI Ikut Uji Tanding Bupati Pesan Jaga Nama Baik Daerah

Tanjab Barat

Seorang Berstatus ASN Positif Terpapar Covid-19.

Tanjab Barat

Bupati Ingatkan ASN dan Honorer Jaga Netralitas Dalam Pilkada