Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat. Anggota DPRD Jamal Darmawan Hadiri Peresmian TPU Berkah di Kelurahan Sriwijaya

Home / Meraingin

Senin, 20 November 2023 - 16:47 WIB

Pj Bupati Merangin Resmi Membuka Pelatihan Pemandu Wisata Goa Tahun 2023

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Bertempat di hotel Merangin Syari’ah Kota Bangko, Pj Bupati Merangin H Mukti membuka secara resmi kegiatan pelatihan pemandu wisata (Pemandu Wisata Goa) Tahun 2023, Senin (20/11).

Kegiatan itu dihadiri Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin Sukoso, Asisten II Setda Merangin Suherman, Narasumber, pegawai TNKS, dan peserta pelatihan.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin Sukoso, dalam laporannya Berharap peserta dapat melaksanakan pemandu wisata susur goa dengan baik dan pentingnya memandu wisata goa untuk kenyamanan para wisatawan.

” Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai hari ini, dengan Peserta 40 orang sesuai petunjuk menteri pariwisata RI,” Pintanya.

Sukoso mengatakan Narasumber pada pelatihan tersebut, tentunya yang sudah pengalaman dan yang ahli di bidangnya dari Pusat.

“‘Ada Pak M. Iqbal, Pak Anwar, dan Pak Ali Maulana Saputra, “terang Kadis itu.

Baca Juga  Lapas Kelas ll B Bangko Lakukan Razia Blok Kamar Warga Binaan

Di tahun 2024 Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mendapatkan kucuran dana DAK non fisik berjumlah 1,5 M Rupiah.

” Mudah-mudahan di tahun selanjutnya ada peningkatan agar semua kegiatan susur goa dapat lebih baik,” timpalnya.

Sementara Pj Bupati H Mukti sebelum membuka acara pelatihan itu, mengatakan di ketahui periode RPJMD 2019 -2023 Kabupaten Merangin telah menetapkan dan Berkomitmen untuk mencapai Mantap dengan menitip beratkan pembangunan sektor pertanian pariwisata, karena Merangin memiliki geografis dan kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa.

” Maka untuk mewujudkan semua itu, Merangin sudah meningkatkan anggaran di sektor wisata yang signifikan, baik langsung maupun di OPD Penunjang lainnya,” lanjut Pj Bupati.

Baca Juga  Vaksin Covid-19 Tiba di Jambi, Satgas Covid Masih Menunggu Mekanisme Provinsi

Selain itu Wisata Merangin telah berhasil yang sangat membanggakan, pada tahun 2023 telah menjadikan Geopark Merangin Jambi go Internasional UNESCO GLOBAL GEOPARK dalam sidang dewan eksekutif di Paris.

” Jadi, mari kita sejenak menoleh kebelakang tentang penelusuran goa di Kabupaten Merangin, hal ini adalah wajib bagi kita untuk menjadikan motivasi dalam meningkatkan SDM mengelola wisata Kabupaten Merangin,” tandasnya.

H. Mukti berharap, kepada peserta untuk dapat mengikuti pelatihan dengan serius, dan ilmu yang di peroleh bisa diterapkan di tengah masyarakat terkhusus bagi pemandu wisatawan.

” Sebanyak 40 peserta pelatihan ada yang dari, pencinta Alam, ada dari Pokdarwis, desa setempat, diharapkan bisa menjadi pemandu wisata yang handal Kabupaten Merangin,” tutupnya. (Red).

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Meraingin

Izhar Majid Ketua Komisi ll DPRD Prov. Jambi Hadiri Kunker Gubernur di Merangin

Meraingin

Pj Bupati Bersama Forkopimda Kompak Mempersiapkan Kunjungan Presiden RI Ke Merangin

Meraingin

Satu Unit Ekskavator Proyek Jembatan Sungai Merangin Tenggelam

DPRD

Gas Full..! Paripurna DPRD Merangin Digelar Dinihari

Meraingin

Waduh.. Dikontrak 1,2 M Sebagai Tempat Isolasi Covid-19, Hotel Permata Bangko Masih Terima Tamu?

Meraingin

Plt Bupati Beri Sambutan Dalam Virtual Do’a Tolak Bala Bersama Kementerian Agama Merangin

Meraingin

Soal Hotel Permata Masih Terima Tamu Non Covid, Ini Kata Bupati Merangin

Meraingin

Hari Ini, 364 Paket Sembako Dibagikan Nilwan Yahya Ke Panti Jompo, Anak Yatim dan Pesantren