Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri 

Home / Meraingin

Senin, 20 November 2023 - 16:47 WIB

Pj Bupati Merangin Resmi Membuka Pelatihan Pemandu Wisata Goa Tahun 2023

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Bertempat di hotel Merangin Syari’ah Kota Bangko, Pj Bupati Merangin H Mukti membuka secara resmi kegiatan pelatihan pemandu wisata (Pemandu Wisata Goa) Tahun 2023, Senin (20/11).

Kegiatan itu dihadiri Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin Sukoso, Asisten II Setda Merangin Suherman, Narasumber, pegawai TNKS, dan peserta pelatihan.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin Sukoso, dalam laporannya Berharap peserta dapat melaksanakan pemandu wisata susur goa dengan baik dan pentingnya memandu wisata goa untuk kenyamanan para wisatawan.

” Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai hari ini, dengan Peserta 40 orang sesuai petunjuk menteri pariwisata RI,” Pintanya.

Sukoso mengatakan Narasumber pada pelatihan tersebut, tentunya yang sudah pengalaman dan yang ahli di bidangnya dari Pusat.

“‘Ada Pak M. Iqbal, Pak Anwar, dan Pak Ali Maulana Saputra, “terang Kadis itu.

Baca Juga  Mantan Staf Ahli Bupati Merangin Tutup Usia

Di tahun 2024 Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mendapatkan kucuran dana DAK non fisik berjumlah 1,5 M Rupiah.

” Mudah-mudahan di tahun selanjutnya ada peningkatan agar semua kegiatan susur goa dapat lebih baik,” timpalnya.

Sementara Pj Bupati H Mukti sebelum membuka acara pelatihan itu, mengatakan di ketahui periode RPJMD 2019 -2023 Kabupaten Merangin telah menetapkan dan Berkomitmen untuk mencapai Mantap dengan menitip beratkan pembangunan sektor pertanian pariwisata, karena Merangin memiliki geografis dan kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa.

” Maka untuk mewujudkan semua itu, Merangin sudah meningkatkan anggaran di sektor wisata yang signifikan, baik langsung maupun di OPD Penunjang lainnya,” lanjut Pj Bupati.

Baca Juga  Reses Tiga Dewan Dapil l Merangin Obati Kerinduan Warga Desa Muara Bantan

Selain itu Wisata Merangin telah berhasil yang sangat membanggakan, pada tahun 2023 telah menjadikan Geopark Merangin Jambi go Internasional UNESCO GLOBAL GEOPARK dalam sidang dewan eksekutif di Paris.

” Jadi, mari kita sejenak menoleh kebelakang tentang penelusuran goa di Kabupaten Merangin, hal ini adalah wajib bagi kita untuk menjadikan motivasi dalam meningkatkan SDM mengelola wisata Kabupaten Merangin,” tandasnya.

H. Mukti berharap, kepada peserta untuk dapat mengikuti pelatihan dengan serius, dan ilmu yang di peroleh bisa diterapkan di tengah masyarakat terkhusus bagi pemandu wisatawan.

” Sebanyak 40 peserta pelatihan ada yang dari, pencinta Alam, ada dari Pokdarwis, desa setempat, diharapkan bisa menjadi pemandu wisata yang handal Kabupaten Merangin,” tutupnya. (Red).

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Meraingin

Nilwan Yahya : Stunting Bukan Faktor Genetik, Tapi Perlu Asupan Gizi Yang Cukup

Meraingin

Pj Bupati Merangin Pantau Poskotis II di Pamenang, Lonjakan Arus Mudik Mulai Ramai

Meraingin

Wabup Buka Rapat Evaluasi Pengadaan Barang/Jasa 2022 dan Percepatan Pengadaan Barang /Jasa Merangin 2023

Meraingin

H. Abd Gani Dilantik Sebagai Kadis Dikbud Oleh Sekda Merangin

Meraingin

Pol PP Sosialisasikan Deteksi Dini Bencana Alam dan Kesiapan Linmas Dalam Menyukseskan Pikada

Meraingin

Pemkab Merangin Serahkan Donasi Peduli Palestina Ke Pejuang Subuh, Lihat Jumlahnya.

Meraingin

Dinda Lurah Baru Dusun Bangko, Ajak Masyarakat Bahu membahu Jelang Adipura

Meraingin

Gegara Pemberitaan PETI Seorang Pewarta Merangin Diancam