Hasbi Anshory Turut Berduka Atas Wafatnya Anggota DPR RI Percha Leanpuri Politisi NasDem Terpapar Covid 19, Pelayanan IGD RSUD KH Daud Arif dan Puskesmas Pijoan Baru Tutup Sementara Pengembalian Hasil Temuan BPK di Tanjab Barat Masih Minim Sterilisasi dan Tracking, Besok IGD RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Tidak Terima Pasien Perhari RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Membutuhkan 50 Tabung Oksigen

Home / Labuhan Batu

Senin, 27 Juli 2020 - 23:39 WIB

Polisi Ringkus 4 Orang Terlibat Peredaran Ribuan Butir Psikotropika

LABUHANBATU – Satres Narkoba Polres Labuhanbatu Ringkus 4 orang yang yang terlibat peredaran ribuan butir psikotropika pada hari senin 27/7/20 sekitar 18.00 wib

Kapolres Labuhan Batu, AKBP Agus Darojat. SIK. MH melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu. SH. MH didampingi Kanit Idik I IPDA Sarwedi Manurung memaparkan telah meringkus 4 tersangka pelaku yang terlibat peredaran ribuan butir Psikotropika,3 diantaranya merupakan honorer yang bekerja di RSUD Kota Pinang labuhanbatu Selatan.

MR alias Ridho (24) pertama diringkus polisi di hotel Nuansa Rantauprapat pada rabu 22/7/20 dengan barang bukti 21 Butir Riklona (Klonazepam) Psikotropika golongan 4,” jelasnya.

Dari keterangan MR, lanjut Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu. SH. MH, akhirnya informasi mengarah ke tersangka ES alias Eko (23) yang ternyata seorang honorer RSUD Kota Pinang Bagian dan ditangkap Rabu (22/7/2020) tepat di depan RSUD Kota Pinang

Baca Juga  26 OKP Siap Dukung Hendra Afriadi Harahap Jadi Ketua,KNPI Labuhanbatu

“Setelah dipancing personel kita dengan under cover buy, akhirnya ES berhasil kita ringkus. Dari tangan tersangka ditemukan barang bukti 50 Butir Riklona (Klonazepam) merupakan Psikotropika golongan 4,” katanya.

Dari keterangan kedua tersangka, petugas kembali berhasil menangkap SDM (27), seorang wanita yang juga seorang honorer bagian Apoteker Pendamping di RSUD Kota Pinang.

“SDM ditangkap di hari yang sama dirumahnya di Komplek Perumahan AA Residen Kota Pinang. Dari SDM petugas mengamankan barang bukti berupa 2240 butir obat Atarax (Alprazolam) merupakan Psikotropika golongan 4 nomor urut 2 dan 40 Butir obat Riklona (Klonazepam) Psikotropika golongan 4 nomor urut 30,” ungkapnya.

Baca Juga  Operasi Patuh Toba Mulai Digelar

Kemudian, petugas juga berhasil menangkap ASH (26) yang juga seorang honorer di RSUD Kota Pinang Bagian Anastesi. ASH ditangkap Senin (27/72020) Pukul 16.00 Wib saat berada di rumah mertuanya di Jalan Lintas Cikampak-Riau.

ASH berperan sebagai penghubung ES dengan SDM yang menyediakan obat psikotrapika.

Dari seluruh tersangka, petugas berhasil menyita barang bukti 2280 obat Atarax yang merupakan psikotropika golongan 4 dengan sebutan Alprazolam nomor urut 2 di Permenkes RI NO.3 Th 2017 Tentang Perubahan Penggolongan Psikotropika dan sebanyak 111 Butir Obat Riklona merupakan Psikotropika golongan 4 no.urut 30 dengan sebutan Klonazepam sehingga total keseluruhan tidak tanggung tanggung, Psikotropika yang berhasil disita yaitu sebanyak 2391 Butir serta ratusan butir obat keras lainnya.

Baca Juga  Tepat Pukul 23.25 KPU Labuhanbatu Terima Berkas Bapaslon Akhyar Simbolon-Syaiful Sirait

Dari hasil penyidikan, peredaran ini sudah berlangsung lama sekitar setahun lebih dengan modus membeli dari penyedia obat seharga 1 Strip (10 butir) seharga Rp.100.000 dan dijual kepada konsumen seharga Rp.50.000/Butir atau 1 Strip (10 Butir) seharga Rp.500.000

Hingga kini petugas masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui kenapa obat-obatan dari RSUD Pemerintah bisa beredar bebas tanpa ada resep dokter ataupun izin.

“Seluruh tersangka dipersangkakan melanggar pasal 60 Ayat 3 dan 4 UU RI NO.5 Tahun 1997 Tentang Psikotropika YO PERMENKES RI NO.3 Tahun 2017 Tentang Perubahan Penggolongan Psikotropika dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tutup Martualesi.

Reporter/Editor: Ote

Share :

Baca Juga

Labuhan Batu

Tepat Pukul 23.25 KPU Labuhanbatu Terima Berkas Bapaslon Akhyar Simbolon-Syaiful Sirait

Labuhan Batu

KPU Labuhanbatu Laksanakan Bimtek PPS Kec. Rantau Utara Usai Coklis Petugas PPDP

Labuhan Batu

Bersama Jurnalis, Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada Tahun 2020

Labuhan Batu

Acara Mohon Diri Dan Pamitan Kapolres Labuhan Batu AKBP Agus Darojat Sik MH

Labuhan Batu

2 Pengedar Sabu Diciduk Polisi

Labuhan Batu

Fraksi PDIP Minta Kapolres dan Kejari Usut Bila Ada Penyimpangan Pajak

Labuhan Batu

Operasi Patuh Toba Mulai Digelar

Labuhan Batu

KPU Labuhan Batu Gelar Rapat Pleno Pengundian No Urut Paslon