Satreskrim Polres Tanjab Barat Razia Lapak Penjual PetasanĀ  Polres Tanjab Barat Mengamankan Kedua Kelompok yang Bertikai Untuk Dilakukan Mediasi Belum Mempunyai Aturan Hukum,Diduga Kadishub Tanjab Barat Sering Masukan Alat Berat di Pelabuhan Roro Kuala TungkalĀ  DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Pertama,Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tahun 2023 Hadiri Pelepasan Logistik Pemilu 2024,Ketua DPRD Tanjab Barat: Kita sangat mengapresiasi Penyelenggara Pemilu

Home / Berita

Senin, 26 Oktober 2020 - 18:56 WIB

Polsek Tungkal Ilir Mamfaatkan Lahan Kosong Budidaya Berbagai Jenis Ikan dan Pertanian

TANJAB BARAT-BULENONnews.com.

Banyak cara untuk membuat segala sesuatu menjadi berguna di tengah pandemi COVID-19. Seperti perkarangan yang luas namun tidak di manfaatkan untuk suatu hal yang produktif sangat disayangkan.

Hal inilah yang membuat Kapolsek Tungkal Ilir, Iptu Agus Purba. Mempunyai gagasan untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di perkarangan Polsek seluas 7 hektar ini menjadi areal budidaya ikan.

Ini juga menjadi suatu langkah untuk ketahanan pangan daerag dengan membudidaya ikan dilingkungan Polsek Tungkal Ilir. Sebagai kawasan rumah pangan lestari.

Setidaknya, ada lima kolam ikan dengan jumlah lebih dari 7 ribu ikan yang di budidayakan di perkarangan ini.

Dengan memanfaatan lahan untuk budidaya ikan ini sudah mulai dilakukan sejak Pandemi Covid 19. Potensi pemanfaatan ini ternyata cukup menghasilkan.

“Sesuai dengan arahan Polri dan juga Polres untuk memafaatkan lahan sebagai ketahanan pangan. Sudah tiga bulan Ini lah kita manfaatkan untuk buat lahan budidaya ikan, sayur-sayuran juga ada,”ucap Kapolsek Tungkal Ilir, Iptu Agus Purba. Senin (26/10/20).

Baca Juga  Ketua DPC PD Kab. Tanjab Barat siap memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden

Disampaikan oleh Kapolsek, pihaknya sudah sempat melakukan panen ikan lele beberapa waktu lalu. Budidaya ikan Lele, Ikan Nila, Ikan emas dan Ikan Patin yang di budidayakan inipun terbilang mudah. Secara air, lokasi lahan terbilang berkecukupan, hanya di butuhkan ketekunan untuk memberi pakan ikan.

Disisi lain, waktu panen untuk ikan ini pun terbilang singkat. Butuh waktu tiga bulan untuk ikan ini dapat di panen. Ikan yang di panen ini pun kata Kapolsek tidak untuk di perjual belikan, melainkan di manfaatkan untuk personil dan di bagikan kepada sejumlah masyarakat di sekitar Kabupaten Tanjabbar.

“Dari budidaya ikan ini kita sudah sempat panen. Ini kita bagikan ke masyarakat, jadi tidak untuk di perjualbelikan. Bersama pak Kapolres kemarin kita bagi-bagi ke masyarakat,”tuturnya

Apa yang dilakukan pihaknya, kata Agus Purba tak lain adalah upaya ketahanan pangan dalam masa pandemi Covid-19. Hal ini juga sebagai langkah inovatif yang produktif untuk di kenalkan kepada masyarakat, sehingga di harap ekonomi masyarakat berjalan.

Baca Juga  H. Al Haris Resmikan Gor Sinar Gading

“Jadi sekalian kita perkenalkan ke masyarakat, untuk bagaimana memanfaatkan lahan kosong, untuk produktif. Apalagi di tengah kondisi Pandemi Covid 19,”tambahnya

Selain di perikanan, lahan kosong di sekitar Polsek Tungkal Ilir juga di manfaatkan untuk bidang pertanian. Berbagai jenis cabai dan sayuran di tanam dengan menggunakan media polibet. Meski tidak banyak menghasilkan, namun dari pertanian ini dimanfaatkan untuk personil Polsek dan masyarakat yang menginginkan.

“Memang tidak banyak hasilnya, tapi ini kalo udah panen, ya setidaknya untuk personil dan masyarakat yang ingin ambil cabai misalnya atau terong misalnya,”sebutnya

Dengan demikian kata Kapolsek lahan seluas ini cukup untuk produktif. Jadi memang harapannya masyarakat bisa tergerak dan bergerak untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif.

“Minimal lepaslah untuk kebutuhan sehari-hari, jadi cukup mengurangi pengeluaran,”tukasnya.

Reporter : Amir.

Share :

Baca Juga

Berita

Kunjungan Ketum Nasdem Surya Paloh ke DPP Partai Demokrat akan disambut oleh Ketum AHY

Berita

MPC Pemuda Pancasila Merangin Sesalkan Aksi Brutal KS Batubara Rusak Kantor Gubernur Jambi

Berita

Diduga Terlibat Natkotika,3 Orang Diamanakan Satnarkoba Polres Tanjab Timur Diamankan Tanjabbarat

Berita

H Mukt Pimpin Rakor Pengawas dan Korwil Sekolah Wilayah Pamenang Sekitar

Berita

Ikuti Acara Diseminasi Outlook Perekonomian, H Mukti Ucapkan Selamat Datang Kepala BI Perwakilan Jambi

Berita

Bupati dan Wabup Tanjab Barat Penen Raya Jahe Merah dan Peresmian UMKM

Berita

H. Mashuri Santuni Korban Kebakaran di Rantau Panjang

Berita

Hadiri Pisah Sambut Kapores Tanjab Barat,Anggota DPRD Jamal Darmawan Sea Ucapkan Selamat Datang Kapolres Baru