Terpapar Covid 19, Pelayanan IGD RSUD KH Daud Arif dan Puskesmas Pijoan Baru Tutup Sementara Pengembalian Hasil Temuan BPK di Tanjab Barat Masih Minim Sterilisasi dan Tracking, Besok IGD RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Tidak Terima Pasien Perhari RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Membutuhkan 50 Tabung Oksigen Bupati Tanjab Barat Buka Acara Pertemuan Dengan PT Sena.

Home / Meraingin

Kamis, 23 Juli 2020 - 19:47 WIB

Rapat Pansus dan Inspektorat, Diduga OPD Merangin Kangkangi Intruksi Presiden Dalam menggunakan Anggaran Covid-19

BANGKO – Untuk membuktikan kepada publik, bahwa Pansus DPRD masih bekerja, Kembali Pansus DPRD melanjutkan pemanggilan Inspektorat Kabupaten Merangin untuk hearing bersama,Kamis (23/07) dalam hal mendengarkan penjelasan penggunaan Anggaran refocusing covid-19 Oleh OPD Pemkab Merangin.

Dalam hearing tersebut, hadir sekretaris Inspektorat Muhammad Sayuti dan beberapa kepala bagian di Badan Inspektorat Kabupaten Merangin.

Usai hearing tersebut Syafrion ketua Pansus DPRD mengatakan, ada beberapa hal yang dilaporkan terhadap OPD Pemkab Merangin oleh Inspektorat.

“Dalam pengelolaan Anggaran refocusing beberapa OPD tidak mengikuti Intrukasi Presiden RI No. 4 Tahun 2020, soal Pendampingan Inspektorat dalam hal belanja barang dan jasa,” Kata Ketua Pansus.

Baca Juga  Finising Bangunan Mushola Dusun Nangko Minggu Ini Akan Rampung

” Sementara Peraturan Bupati (Perbup) juga sudah ada, namun OPD tidak pernah mengajukan permohonan untuk pendampingan oleh Ispektorat, artinya OPD belanja mamakai anggaran itu sesukanya,” lanjut Syafrion.

Ditambahkan Syafrion,” Pansus tak ada niat mencari kesalahan pemerintah, dan Pansus juga tidak ingin pemerintah tersandung hukum. Namun jika ada yang menyimpang dan mark up pada anggaran covid-19 ini, kamipun tidak segan-segan merkomendasikan hal ini kepihak hukum,” tambah ketua Pansus.

Inspektur Inspektorat Merangin melalui Sekretarisnya Muhammad Sayuti menuturkan kepada awak media Usai rapat duruang Pansus, bahwa tugas Inspektorat adalah memberi saran, melarang dan melaksankan audit Anggaran refocusing terhadap OPD.

Baca Juga  Kurun Waktu Dua Bulan, Satres Narkoba Polres Merangin Amankan 10 Orang Pelaku Narkoba

” Untuk kondisi saat Pandemi, pemerintah membelanjakan Anggaran itu sah-sah saja, Inspektorat menyarankan, agar pembelanjaan mensesuaikan, tapi soal reviu kami tidak bisa memutuskan, kami hanya bisa menyarankan, soal harga mereka bisa membuka spek,” jelasnya.

“Inti klalu memang dana covid ini berlebih, segera di kembalikan ke BPKAD. karena inspektorat bertanggungjawab dalam hal mengaudit anggaran tersebut. Jadi mohon beri kami kesempatan, apabila dari pusat sudah mencabut status Merangin tidak lagi darurat covid, kami segera mengaudit. Beri semangat dan dukungan kepada kami, jika terdapat kejanggalan dan temuan, kami menjamin, Inspektorat tidak akan meloloskan adanya potensi korupsi, silahkan OPD berlindung terhadap Pansus, namun terhadap Inspektorat tidak akan bisa,” tambah sekretaris Inspektorat

Baca Juga  Kabupaten Merangin Pertama Kali Gunakan Aplikasi Anjab

Sementara wakil ketua Pansus, M. Yani meminta, “Hampir semua harga belanja berbeda dan selisih di dua OPD, jadi kalau Boleh kami minta dan mendorong pecepatan Inspektorat dalam hal mengaudit, karena tim Pansus hanya 6 bulan masa kerja, agar publik tau kinerja Pansus Endingnya seperti apa, yang segera di bawa ke Paripurna internal DPRD,” pintanya.

” Juga Tim Pansus telah mengutuskan 2 personil yang akan berkoordinasi ke pihak kepolisian dan kejari, jadi jangan nanti covid selesai, ada OPD yang tersandung hukum,” tutunya.

Reporter/Editor: Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Kapolres Merangin Resmikan Posko Kampung Tanggguh Anti Narkoba Kelurahan Dusun Bangko

Meraingin

BPPRD Merangin Optimis PAD 2020 tercapai 100%

Meraingin

Plt Bupati: Terimakasih TNI, Impian Masyarakat Punya Jalan Bagus Terwujud

Meraingin

Gelar Sunatan Masal Dengan Protokol Kesehatan, Bupati Apresiasi BAZNAS Tanjabbar

Meraingin

Jika Memang Merangin Zona Hijau, Wali Murid Minta Sekolah Kemabali Dibuka

Meraingin

Kurun Waktu Dua Bulan, Satres Narkoba Polres Merangin Amankan 10 Orang Pelaku Narkoba

Meraingin

Final..! Haris-Sani Unggul di PSU Pilgub Jambi

Meraingin

Misteri Tewasnya Kepala BPBD Merangin, Ini Penjelasan Kapolres