oleh

Ratusan Lembaran KK Dijadikan Bungkus Dagangan

TANJAB BARAT – Tersebar dipedagang Pasar Parit II Tanggo Rajo Ilir, Kelurahan Tungkal III Kecamatan Tungkal Ilir, ratusan arsip Kartu Keluarga (KK) lebaran ke 3 dan 4 milik masyarakat Tanjung Jabung Barat.

Diketahui, lembaran KK 3 dan 4 digunakan oleh pedagang sebagai bungkus barang dagangannya.Sedangkan ratus KK tersebut masih terlihat jelas indentitas pemilik KK yang bersangkutan.

Pantauan dilapangan ratusan lembaran KK ke 3 dan ke 4 tersebut, Kamis (23/07) terlihat masih tampak jelas berisikan identitas dari pemilik KK. Dan menariknya lembaran ini gunakan pedagang untuk membungkus barang dagangan pembeli, seperti membungkus cabe ataupun bawang.

Tidak hanya di tangan pedagang, terpantau lembaran KK tersebut juga berada di tempat sampah milik pedagang.

Salah seorang pedagang yang tidak inginkan disebutkan namanya mengakui jika dirinya mendapat lembaran arsip KK tersebut dibeli dari seorang dengan harga Rp.1500 hingga Rp. 2000 perkilo nya.

” Iya ini kita beli dari orang, sering lah beli sama orang itu, cuma dak kenal kita. Ya namanya orang jual kertas tu sering lah, kadang kertas-kertas apa gitu kan, tapi kalau lembaran KK baru kali ini,” Ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa Lembaran arsip KK ini digunakan untuk membungkus dagangan nya yang dibeli oleh pedagang.

” Kita gunakan untuk bungkusan dagangan, kalau ada pembeli yang datang.” Terangnya.

Sementara dengan tersebarnya ratusan lembaran KK ke 3 dan ke 4 ini sangat disayangkan oleh sejumlah masyarakat. Hal ini lantaran dalam lembaran KK ke 3 dan ke 4 masih terdapat identitas pemilik KK sehingga dikhawatirkan bisa disalahgunakan.

Ini lah yang dikhawatirkan oleh Wawan, warga Kelurahan Patunas, Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjabbar. Ia menyebutkan bahwa dengan tersebarnya KK lembaran ke 3 dan ke 4 ini bisa di mungkinkan tidak hanya satu wilayah, bahkan di mungkinkan bisa banyak wilayah.

” Kita sangat sangat menyayangkan. Kenapa arsip seperti ini bisa ada di masyarakat, bisa ada di kalangan penjual. Ini kan tidak benar, identitas masyarakat semua tersebar,” Ungkapnya.

Sementara itu, terlihat dari lembaran KK ke 3 dan ke 4 salah satu yang ada di pedagang merupakan KK milik warga Kelurahan Patunas, Kecamatan Tungkal Ilir. Kata Wawan, kemungkinan karena ratusan lembaran KK ada di pedagang bukan tidak mungkin sudah tersebar ke banyak wilayah.

” Ini di tangan pedagang, di buatnya untuk bungkus cabe atau bawang. Pembeli nya orang mana? Tentu banyak dan bisa jadi sudah ke luar wilayah Kuala Tungkal. Kita sangat menyayangkan dan ini gimana bisa tersebar ke masyarakat yang tidak berkepentingan. Dukcapil, Polisi bahkan kalau bisa usut ini,” Pungkasnya.

Tidak hanya di tangan pedagang, lembaran KK tersebut juga berada di tempat sampah milik pedagang.

Reporter/Editor: Amir/Ote

Komentar

Berita Sebelumnya