Sterilisasi dan Tracking, Besok IGD RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Tidak Terima Pasien Perhari RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Membutuhkan 50 Tabung Oksigen Bupati Tanjab Barat Buka Acara Pertemuan Dengan PT Sena. Kodim 0419/Tanjab Lakukan Vaksinasi Massal Dosis Kedua Dandim 0419/Tanjab Tinjau Sejumlah Titik Sasaran TMMD Ke-113 TA 2022 di Muara Papalik

Home / Meraingin

Sabtu, 4 Juli 2020 - 20:02 WIB

Sejarah dan Histori Pembuatan Nama “Sikumbang Water Park” Merangin

BANGKO – Nama Sikumbang Water Park Kabupaten Merangin yang viral dimedia sosial, bukanlah nama yang menyadur salah satu nama suku di Minang Kabau Sumatera Barat.

Nama Sikumbang Water Park diperoleh atas dasar masukan dan saran dar beberapa tokoh Desa Salambuku Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin, bersama pihak pengurus Sikumbang Water Park.

Rustam Emurat alias Datuk seorang tokoh Desa Salambuku menjelaskan sejarah dan histori pembentukan nama Sikumbang Water Park kepada Media ini Sabtu, (04/07) dilokasi Sikumbang Water Park Merangin.

Menurutnya, Nama tersebut dikutif dari nama seekor binatang buas yaitu Harimau Kumbang hitam, penghuni bukit Allahu, konon cerita Harimau Kumbang Hitam masuk kesungai jadi buaya, naik kedarat menjadi seekor harimau penjaga Dusun Desa Salambuku Kecamatan Masumai, dari Sungai Tuak sampai perbatasan Parit Melintang kala itu.

Baca Juga  H. Mashuri: Merangin Harus Bersih dan Bebas Dari Korupsi

” Pada Zaman orang tua-tua dulu, sebuah bukit Alalhhu yang puncaknya cukup tinggi, dilalui pejalan kaki menuju ladang, yang bebatas dengan Keluarahan Pematang Kandis dan Desa Sungai Ulak,” Jelas Datuk.

Diterangkan Datuk lagi,” Karena puncak bukit yang tinggi dilalu pejalan kaki, pejalan kaki merasa penat dan letih, maka beristirahat dengan mengucap Allah.. Hu, sehingga bukit itu disebut bukit Allahu,” terangnya.

Baca Juga  Kurun Waktu Dua Bulan, Satres Narkoba Polres Merangin Amankan 10 Orang Pelaku Narkoba

Selanjutnya dengan perkembangan zaman kata Datuk,” Bulkt allahu itu karena berdekatan dengan Pasar Baru Kecamatan Bangko yang terang benderang, lantas timbul niat pengusaha untuk berbisnis dengan membuka usaha taman wisata sebagai hiburan rekreasi dan Water Park, sehingga tanah bukit itu dibeli oleh seorang usahawan,” Kata Rustam Emurat alias Datuk Mantan Sekdes Desa Salambuku.

Sambung Mantan Sekdes Salambuku itu,” Terkait dengan nama Sikumbang yang viral diperbincangkan oleh penggiat medsos tersebut, nama Sikumbang dibentuk awalnya dari nama bukit Allahu, dengan penuh pertimbangan, karena taman hiburan tersebut identik dengan nama Tuhan, maka dirubah menjadi nama seeokor binatang penghuni bukit (Harimau Kumbang hitam), sambung Datuk lagi.

Baca Juga  1000 Masker, Cek Gula Darah dan Cek Tensi Gratis Dalam Bhakti Sosial DPC Srikandi Pemuda Pancasila Merangin

Kemudian dikatakan datuk,” Oleh karena nama Harimau Kumbang Hitam sangat Ekstrim untuk sebuah usaha wisata, maka disarankan nama Harimau Kumbang ditetapkan menjadi Sikumbang, karena bertepatan dengan Suku sipengusaha yaitu suku Sikumbang, maka nama Sikumbang diputuskan menjadi nama destinasi wisata Sikumbang Water Park, sampai nama itu membuming didunia maya sekarang,” tutup Datuk.

Reporter/Editor: Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Al Haris Sebut Merangin Punya 10 Hektar Lahan Ubi Jalar

Meraingin

Dusun Bangko Sebagai Percontohan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Merangin

Meraingin

Pemuda Pancasila Merangin Lounching Wifi Gratis Buat Anak Pelajar

Meraingin

H. Mashuri: Merangin Harus Bersih dan Bebas Dari Korupsi

Meraingin

DPD II Partai Golkar Merangin Gelar Musyawarah Kecamatan Ke X Tahun 2021

Meraingin

Ketua Spri Apresiasi Kapolda Sumut, Minta Insan Pers Kawal Kasus Pembunuan Marsal

Meraingin

Izhar Majid Ketua Komisi ll Prov. Jambi Hadiri Kunker Gubernur di Merangin

Meraingin

Kausari Dampingi Anggota DPR-RI Cek Progres Jembatan APBN Di Merangin