Jadi Ketua DPRD Tanjab Barat, Abdullah Sampaikan Dukungan Program Bupati Polres Tanjab Barat Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Ketua DPRD Sisa Masa Jabatan tahun 2019 – 2024 Bupati Tanjab Barat Gelar Audensi Bersama Puluhan Jurnalis Kebutuhan Bahan Pokok Mulai Naik Jelang Dua Pekan Idul Fitri 1442 Hijriah

Home / Meraingin

Sabtu, 4 Juli 2020 - 20:02 WIB

Sejarah dan Histori Pembuatan Nama “Sikumbang Water Park” Merangin

BANGKO – Nama Sikumbang Water Park Kabupaten Merangin yang viral dimedia sosial, bukanlah nama yang menyadur salah satu nama suku di Minang Kabau Sumatera Barat.

Nama Sikumbang Water Park diperoleh atas dasar masukan dan saran dar beberapa tokoh Desa Salambuku Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin, bersama pihak pengurus Sikumbang Water Park.

Rustam Emurat alias Datuk seorang tokoh Desa Salambuku menjelaskan sejarah dan histori pembentukan nama Sikumbang Water Park kepada Media ini Sabtu, (04/07) dilokasi Sikumbang Water Park Merangin.

Menurutnya, Nama tersebut dikutif dari nama seekor binatang buas yaitu Harimau Kumbang hitam, penghuni bukit Allahu, konon cerita Harimau Kumbang Hitam masuk kesungai jadi buaya, naik kedarat menjadi seekor harimau penjaga Dusun Desa Salambuku Kecamatan Masumai, dari Sungai Tuak sampai perbatasan Parit Melintang kala itu.

Baca Juga  H. Al Haris Siap Dinobatkan Sebagai Badan Kehormatan Pemuda Pancasila Merangin

” Pada Zaman orang tua-tua dulu, sebuah bukit Alalhhu yang puncaknya cukup tinggi, dilalui pejalan kaki menuju ladang, yang bebatas dengan Keluarahan Pematang Kandis dan Desa Sungai Ulak,” Jelas Datuk.

Diterangkan Datuk lagi,” Karena puncak bukit yang tinggi dilalu pejalan kaki, pejalan kaki merasa penat dan letih, maka beristirahat dengan mengucap Allah.. Hu, sehingga bukit itu disebut bukit Allahu,” terangnya.

Baca Juga  Hasil Audit Inspektorat, Beberapa OPD Kembalikan Dana Refocusing Covid-19

Selanjutnya dengan perkembangan zaman kata Datuk,” Bulkt allahu itu karena berdekatan dengan Pasar Baru Kecamatan Bangko yang terang benderang, lantas timbul niat pengusaha untuk berbisnis dengan membuka usaha taman wisata sebagai hiburan rekreasi dan Water Park, sehingga tanah bukit itu dibeli oleh seorang usahawan,” Kata Rustam Emurat alias Datuk Mantan Sekdes Desa Salambuku.

Sambung Mantan Sekdes Salambuku itu,” Terkait dengan nama Sikumbang yang viral diperbincangkan oleh penggiat medsos tersebut, nama Sikumbang dibentuk awalnya dari nama bukit Allahu, dengan penuh pertimbangan, karena taman hiburan tersebut identik dengan nama Tuhan, maka dirubah menjadi nama seeokor binatang penghuni bukit (Harimau Kumbang hitam), sambung Datuk lagi.

Baca Juga  PAN Merangin Siap "Backup dan Support Daerah PSU di Provinsi Jambi

Kemudian dikatakan datuk,” Oleh karena nama Harimau Kumbang Hitam sangat Ekstrim untuk sebuah usaha wisata, maka disarankan nama Harimau Kumbang ditetapkan menjadi Sikumbang, karena bertepatan dengan Suku sipengusaha yaitu suku Sikumbang, maka nama Sikumbang diputuskan menjadi nama destinasi wisata Sikumbang Water Park, sampai nama itu membuming didunia maya sekarang,” tutup Datuk.

Reporter/Editor: Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Hasbi Anshory Sosialisasikan 4 Pilar DPR MPR di Merangin

Meraingin

Kolam Ikan Anggaran Dana Desa Karang Anyar Rubuh, Camat Cek Lokasi.

Meraingin

Sikumbang Water Park Resmi Dibuka Bupati Merangin

Meraingin

Gegara Pemberitaan PETI Seorang Pewarta Merangin Diancam

Meraingin

DPUPR Merangin Bergerak Cepat Atasi Box Yang Amblas

Meraingin

Al Haris Sebut Merangin Punya 10 Hektar Lahan Ubi Jalar

Meraingin

Jika Memang Merangin Zona Hijau, Wali Murid Minta Sekolah Kemabali Dibuka

Meraingin

Lebaran Haji, Pedas Merangin Bantu Seekor Kambing Ke Yayasan Dhuafa