Hari Raya Idul Adha Tahun 2024 Pemkab Tanjab Barat Sembelih Hewan Korban  Bupati Anwar Sadat Minta OPD Tindaklanjuti Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi. Bupati Anwar Sadat Dorong Dekranasda Tingkatkan Promosi Ekonomi Kreatif di Tanjab Barat Jelang Idul Adha 1445 H, Bupati Anwar Sadat Tinjau Pasar Tanggo Rajo Kuala Tungkal Bupati Anwar Sadat Hadiri Peringatan HKG PKK ke-52

Home / Pemerintahan

Senin, 25 September 2023 - 06:39 WIB

Tanjab Barat Rawan Akan Ketahanan Pangang, Bupati Anwar Sadat Lakukan Audiensi Ke Bapanas

TANJABBAR, BULENONNEWS.COM – Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat rawan akan ketahanan pangan atas hal itu Bupati Anwar Sadat melakukan sejumlah upaya ini yang dilakukannya.

Langkah yang dilakukan salah satunya yakni Audiensi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) di Kompleks Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Jumat (22/09/23).

Bupati Tanjab Barat Anwar Sadar mengatakan Tanjab Barat merupakan kabupaten dengan potensi rawan dalam hal ketahanan pangan terutama beras. Salah satu penyebab utamanya yakni karena banyaknya lahan masyarakat yang beralih fungsi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit.

Anwar Sadat mengklaim telah melakukan sejumlah upaya melalui kebijakan yang dikeluarkan daerah sebagai upaya mendukung terwujudnya ketahanan pangan.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Ingatkan Kades Harus Netral Selama Pemilu 2024

“Pemerintah daerah dalam rangka mensupport dan mengapresiasi petani kita. Regulasi membeli beras petani untuk beras pegawai hal ini dalam rangka agar para petani termotivasi untuk menanam padi,” katanya.

Bupati mengaku tiga kecamatan yang ada di Tanjab Barat yang menjadi penyanggah kebutuhan beras yakni Senyerang, Pengabuan dan sebagian Tungkal Ilir yang lahannya perlahan bergeser menjadi perkebunan kelapa sawit. Kondisi juga diperparah dengan kondisi kawasan tersebut pasang surut (banjir rob).

“Pasang surut sehingga petani menanam Padi 2 kali dalam setahun sangat sulit karena Air Rob ( Air pasang) berlangsung di akhir dan awal tahun, makanya kita juga bekerjasama dengan Bulog agar mengambil beras dari petani,” ujarnya.

Baca Juga  Sidak Gedung UPTD Samsat Tanjab Barat, Faisal Reza:Kita Minta BPKP Lakukan Audit

Selain itu, Bupati juga menuding jika kebutuhan pangan di Tanjab Barat sulit dihitung karena memiliki batas wilayah secara langsung dengan tiga daerah yakni Tanjab Timur, Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu yang membuat kebutuhan bahan pokok tidak dapat dipastikan.

“Berbatasan dengan 3 Kabupaten ini langsung yang dimana Kabupaten Tanjab Barat merupakan tempat singgah dan berbelanja hal ini membuat kita kurang bisa menghitung pasokan terutama beras dan kebutuhan pokok lainnya karena yang ada dan masuk akan langsung keluar.”pungkasnya.*

 

Penulis/ Editor: Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Launching Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah Bantuan Pangan Tahap II

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Hadiri Giat Program Penghijauan Hulu Migas di Kawasan Mangrove Pangkal Babu

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Hadiri Halalbihalal TP-PKK dan DWP Tanjab Barat

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Buka MTQ ke-53 Desa Pembengis

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Lakukan Kerjasama Dengan STIKBA Jambi

Pemerintahan

Wabup Hairan Safari Ramadhan di Desa Pasar Senin Kecamatan Pengabuan

Pemerintahan

Wabup Hairan Hadiri Pertemuan Aksi 7 Publikasi Data Stunting Tingkat Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2022

Pemerintahan

Kedua Kadis Viral Di Media Sosial, Bupati Anwar Sadat Serahkan ke Baperjakat Untuk di Evaluasi