Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat.

Home / Pemerintahan

Senin, 25 September 2023 - 06:39 WIB

Tanjab Barat Rawan Akan Ketahanan Pangang, Bupati Anwar Sadat Lakukan Audiensi Ke Bapanas

TANJABBAR, BULENONNEWS.COM – Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat rawan akan ketahanan pangan atas hal itu Bupati Anwar Sadat melakukan sejumlah upaya ini yang dilakukannya.

Langkah yang dilakukan salah satunya yakni Audiensi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) di Kompleks Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Jumat (22/09/23).

Bupati Tanjab Barat Anwar Sadar mengatakan Tanjab Barat merupakan kabupaten dengan potensi rawan dalam hal ketahanan pangan terutama beras. Salah satu penyebab utamanya yakni karena banyaknya lahan masyarakat yang beralih fungsi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit.

Anwar Sadat mengklaim telah melakukan sejumlah upaya melalui kebijakan yang dikeluarkan daerah sebagai upaya mendukung terwujudnya ketahanan pangan.

Baca Juga  Tindak Lanjut Rakor Satgas Covid-19 Merangin Tentang PPKM, Akan Lahir SE Baru

“Pemerintah daerah dalam rangka mensupport dan mengapresiasi petani kita. Regulasi membeli beras petani untuk beras pegawai hal ini dalam rangka agar para petani termotivasi untuk menanam padi,” katanya.

Bupati mengaku tiga kecamatan yang ada di Tanjab Barat yang menjadi penyanggah kebutuhan beras yakni Senyerang, Pengabuan dan sebagian Tungkal Ilir yang lahannya perlahan bergeser menjadi perkebunan kelapa sawit. Kondisi juga diperparah dengan kondisi kawasan tersebut pasang surut (banjir rob).

“Pasang surut sehingga petani menanam Padi 2 kali dalam setahun sangat sulit karena Air Rob ( Air pasang) berlangsung di akhir dan awal tahun, makanya kita juga bekerjasama dengan Bulog agar mengambil beras dari petani,” ujarnya.

Baca Juga  Tim Baperjakat Akan Menjadwalkan Pemanggilan Kadis PUPR dan Disbunak Tanjab Barat

Selain itu, Bupati juga menuding jika kebutuhan pangan di Tanjab Barat sulit dihitung karena memiliki batas wilayah secara langsung dengan tiga daerah yakni Tanjab Timur, Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu yang membuat kebutuhan bahan pokok tidak dapat dipastikan.

“Berbatasan dengan 3 Kabupaten ini langsung yang dimana Kabupaten Tanjab Barat merupakan tempat singgah dan berbelanja hal ini membuat kita kurang bisa menghitung pasokan terutama beras dan kebutuhan pokok lainnya karena yang ada dan masuk akan langsung keluar.”pungkasnya.*

 

Penulis/ Editor: Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Himbau ASN Jaga Netralitas di Pemilu Serentak 2024

Meraingin

Korban Kebakaran Terima Bantuan Dari Plt Bupati Merangin

Pemerintahan

Bupati Tanjabbar Audiensi ke Dirjen DAS dan Rehabilitasi Hutan

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Hadiri Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ Hidayatur Rahman Kelurahan Teluk Nilau

Pemerintahan

Bupati Tanjabbar Kunjungi Studi Tiru ke Pemkab Pasuruan 

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan 6 Pejabat Eselon II 

Pemerintahan

DLH Tanjab Barat Himbau masyarakat Untuk Tidak Membakar Arang di Malam Hari

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Segera Membuka Lelang Jabatan