oleh

Tim Petir Polres Tanjab Barat Gagalkan Penyeludupan Puluhan Ribu Baby Lobster Senilai Rp 14 M

-Kriminal, Tanjab Barat-163 KALI DIBACA

Tanjab Barat-Bulenon News Com.

 

Tim Petir Polres Tanjung Jabung Barat gagalkan penyeludupan Baby Lobster bernilai belasan milyar,yang akan diseludupkan melalui salah satu pelabuhan di Tanjab Barat, Selasa (02/06) dinihari.

Diketahui, Baby Lobster yang akan dibawa dari Pulau Jawa itu, rencananya akan di selundupkan ke Luar Negeri melalui jalur tidak resmi yang ada di Tanjabar.

Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Setyabudhi, mengatakan hal ini saat sedang berkunjung ke Kabupaten Tanjabbar.

Ia menyebutkan bahwa baby Lobster bernilai 14,3 milyar ini dibawa oleh dua orang mengunakan mobil rental travel saat diamankan di Gerbang Pembengis Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjabbar  pukul 00.15 WIB. 

“Mereka bawa dari Jawa, tapi Jawa mananya kita masih dalami. Kemudian dibawa via Lampung, Palembang dan ganti air di Kota Jambi. Kemudian, di bawa ke Tanjabar untuk dibawa keluar negri melalui jalur tidak resmi,”kata Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Setyabudhi, Selasa (2/6/20) saat melakukan konferensi pers di Mapolres Tanjabar.

Dari hasil penghitungan, kata Firman pihaknya berhasil menyelamatkan kerugian negara senilai Rp. 14.382.500.000 dari baby Lobster.

“14 Box Benih Baby Lobster jenis Pasir berisi 33 Bungkus. Perbungkus 200 ekor dengan jumlah 95.350 Ekor dan 4 Kantong Benih Baby Lobster jenis Mutiara isi 100 Ekor : 400 ekor Total keseluruhan 95.750 Ekor,” Ungkapnya.

Selain itu pihaknya saat ini telah bmengamankan sebanyak dua orang yang masih dalam pemeriksaan intensif terkait asal Baby Lobster dan yang lainnya.

“Dua pelaku ini  Tedi Kurniawan (38) Jalam Karya Maju, Kecamatan Telanaipura Kota Jambi dan Maulana Saleh (30) warga Jalan Namura Simpang Rimbo, Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi,” Sebutnya.

Kapolda menerangkan bahwa dari pemeriksaan keduanya mengaku menjalankan aksinya sebanyak dua kali. Awalnya lolos dan saat ini aksinya gagal.

“Pengakuan dari mereka ini, sudah dua kali melakukan aksinya,” Terangnya.

Keduanya di kenakan Pasal 88 Jo Pasal 16 Ayat (1) UU RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan dan atau Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHPidana yang membawa Benih Baby Lobster dari Kota Jambi.

 

 

Penulis: Amir

Komentar

Berita Sebelumnya