Sembelih Delapan Hewan Qurban, Polres Tanjab Barat Bagikan Daging Qurban Pada Warga Sekitar,Ponpes dan Panti Asuhan Bupati Tanjab Barat Mengapresiasi ASN Yang Berlomba lomba Untuk Melakukan Kebaikan Hari Raya Idul Adha Tahun 2024 Pemkab Tanjab Barat Sembelih Hewan Korban  Bupati Anwar Sadat Minta OPD Tindaklanjuti Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi. Bupati Anwar Sadat Dorong Dekranasda Tingkatkan Promosi Ekonomi Kreatif di Tanjab Barat

Home / Pemerintahan

Kamis, 21 Desember 2023 - 20:06 WIB

Visi Misi Berkah, Pemerintah Tanjab Barat Target 4000 Unit Bedah Rumah Warga Berpenghasilan Rendah

TANJABBARAT,BULENONNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) meluncurkan program bedah rumah bagi warga yang tidak mampu.

Bedah Rumah yang menggunakan APBD Perubahan 2023 ini bagian dari visi-misi Tanjung Jabung Barat Berkah yang dicanangkan Bupati Drs H Anwar Sadat, M. Ag.

Melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perakim), program bedah rumah Warga Berpenghasilan Rendah (WBR) ini sudah dilaksanakan sejumlah 120 Rumah di Wilayah Kecamatan Tungkal Ilir dan Kecamatan Bram Itam.

Dinas Perakim selaku leading sektor kemudian menterjemahkan visi-misi Tanjung Jabung Barat Berkah tersebut dengan melakukan terobosan meluncurkan program Bedah Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang juga merupakan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal atau SPM.

Kepala Dinas Perakim Tanjung Jabung Barat Syafrun, ST, menjelaskan sejalan dengan visi – misi Berkah, ada point pemerataan pembangunan daerah dari Desa sampai Kota.

Dinas Perakim Tanjab Barat dalam hal ini, ujar Syafrun, lebih menitikberatkan pada misi yang kelima sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Perakim yang telah tertuang dalam peraturan daerah (Perda) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Nomor 60 tahun 2016, yang mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan perencanaan teknis, pembinaan pembangunan, pengawasan pengendalian di bidang perumahan dan kawasan permukiman.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Resmikan Gedung Bersama

“Artinya dalam hal ini kita sudah punya dasar hukumnya, kajian teknis dan bagaimana pelaksanaannya di lapangan. Saat ini dengan menggunakan APBD Perubahan 2023, perdana kita sudah Bedah sebanyak 120 rumah,” terang Kadis Perakim Syafrun, ST.

“Dan ada sebanyak sekitar 4.000 rumah yang sudah kami data yang kami nilai patut mendapatkan bantuan Bedah rumah ini di 13 Kecamatan di Tanjab Barat,” sambungnya.

Syafrun menambahkan, sasaran bedah Rumah tahap awal titik lokusnya ada di Kecamatan Tungkal Ilir dan Kecamatan Bram Itam. Dimana sebanyak 120 yang terealisasi 70 berada di Luar Kawasan kumuh dan 50 di Kawasan kumuh.

“Bedah Rumah ini selain bagian dari membantu masyarakat berpenghasilan rendah memiliki Rumah layak huni, hal ini juga bagian dari pengentasan Stunting,” tukasnya.

Baca Juga  Dihari Terakhir DCS,KPU Tanjab Barat Tidak Menerima Laporan Masuk Dari Masyarakat

Terpisah, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat, M. Ag program ini memang program yang menyentuh langsung ke masyarakat. Karena memang selama ini nyaris tidak tersentuh.

“Saya memerintahkan lewat Dinas Perakim kemudian juga BAZNAS untuk betul-betul dapat melakukan bedah Rumah. Terutama Rumah-Rumah masyarakat kurang mampu di Tanjung Jabung Barat,” ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan terkait bedah Rumah lebih kurang 120 Unit Rumah sudah terealisasikan. Nanti lewat BAZNAS nanti ada lebih kurang 12 Unit untuk melengkapi.

“Insya Allah program ini akan terus kita laksanakan sekaligus juga untuk menekan angka kemiskinan yang hari demi hari menurun,” katanya.

Melalui program ini Bupati berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan masyarakat tinggal di Rumah layak huni sebagaimana mestinya.

“Saya sebagai Bupati sangat mensupport kegiatan ini. Program ini harus terus kita laksanakan hingga dengan harapan tidak ada lagi Rumah yang tidak layak huni bagi masyarakat,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Usai Solat Subuh Bupati Langsung Tinjau Lokasi Kebakaran Puluhan Kios Pasar Bangko

Pemerintahan

Wabup Hairan Gelar Rapat Berasma Satgas Covid-19

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Tertarik Dengan Program JBM

Pemerintahan

Bupati Ikuti Evaluasi SAKIP dan RB Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2021 Oleh Evaluator MenPAN-RB

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Hadiri Diklat Revolusi Mental Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia 

Pemerintahan

BKPSDM Tanjab Barat Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah

Pemerintahan

Pawai Budaya Meriahkan HUT RI Ke 77 dan Hari Jadi Tanjab Barat Ke 57

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Akan Bangun TPU Anti Banjir Rob Seluas 2 Hektar