Satreskrim Polres Tanjab Barat Razia Lapak Penjual Petasan  Polres Tanjab Barat Mengamankan Kedua Kelompok yang Bertikai Untuk Dilakukan Mediasi Belum Mempunyai Aturan Hukum,Diduga Kadishub Tanjab Barat Sering Masukan Alat Berat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal  DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Pertama,Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tahun 2023 Hadiri Pelepasan Logistik Pemilu 2024,Ketua DPRD Tanjab Barat: Kita sangat mengapresiasi Penyelenggara Pemilu

Home / Meraingin

Selasa, 7 Maret 2023 - 11:38 WIB

Wabup Buka Pelatihan Operator SIK-NG Desa/Kelurahan Se Kabupaten Merangin

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Bertempat di aula Kantor lama Bupati Merangin, Wakil Bupati Nilwan Yahya membuka secara Resmi Acara Verifikasi dan Validasi (Verivali) DTKS dan Pelatihan operator SIKS-NG  tingkat desa/kelurahan pada penanganan fakir miskin Kabupaten Merangin tahun 2023. Selasa (7/3).

Pelatihan tersebut, berkaitan erat dengan kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Bupati Merangin beserta Tim terpadu masalah penurunan angka stunting dan Kemiskinan Ekstrim di 24 Kecamatan yang lalu

Tujuan pelaksanaan Pelatihan SIK-NG ini untuk memberikan pemahaman terhadap operator dalam pemutakhiran data program penanganan fakir miskin di Kabupaten Merangin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Merangin Elpis Suryadinata dalam Sambutannya mengatakan, Sitstim informasi ini terdiri dari beberapa komponen yang secara berjenjang dan berkesinambungan.

“Untuk menjalankan aplikasi ini perlu adanya operator yang terlatih, jadi kepada peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini hingga selesai mulai tanggal 7 hari ini sampai tanggal 9 Maret 2023, karena pelatihan ini juga sangat bermanfaat untuk meluruskan kembali data yang keliru pada sasaran yang sebenarnya,” katanya.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin Lakukan Zoom Meeting Bersama Forkopimda Dalam Rangka Pengamanan Nataru

Perlu kita ketahui Lanjutnya, ” Kegiatan pelatihan ini sangat erat kaitannya dengan kunjungan kerja Bapak wakil Bupati dalam penurunan angka stunting dan kemiskinan di 24 Kecamatan beberapa hari yang lalu,” tambah Kadis itu.

Sementara wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya saat memberikan arahan terhadap peserta pelatihan itu, menyampaikan permohonan maaf Bupati Merangin yang tidak bisa hadir dalam acara Pelatihan tersebut.

” Karena Beliau (Bupati) sedang bertugas di tempat lain maka delegasinya, kami yang membuka acara ini,” Ucap Wabup.

Bukan hanya itu, Wabup Nilwan Yahya juga menerangkan penurunan angka kemiskinan di Merangin, terhitung Januari 203 terjadi penurunan yang signifikan, sejak 2018 ke 2022 terdapat perubahan dari angka 36, 97% menjadi 14,5 %.

” Inilah upaya kita melalui pemerintah daerah, dalam upaya ini tidak terlepas dari peran aktif para camat, Kades, Puskesmas, pendamping dan seluruh perangkat Masyarakat di Kabupaten Merangin,” terang wabup.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin Dampingi Gubernur Al Haris Serahkan Bantuan ASN Pensiun dan Tenaga Kebersihan

Wabup menambahkan, Jika tahun 2022 di angka 14%, maka masih tersisa waktu selama 2 tahun diharapkan pemerintah 0,05 % hingga 2024 akan diupayakan tuntas.

” Kami berharap kepada operator yang dilatih nanti, agar dapat memadu padankan data dari pusat dengan data di 24 Kecamatan Kabupaten Merangin,” lanjut wabup.

Wabup menyebutkan, dari nomor Dua Kemiskinan di Provinsi Jambi, Kabupaten Merangin saat ini menjadi terbaik se Provinsi Jambi, dalam upaya penurunan stunting dan kemiskinan.

” Kami juga berharap 1 operator 1 desa dapat bekerja profesional di lapangan, jangan pernah menganggap besarnya angka kemiskinan akan menambah anggaran desa, ini ada oknum desa yang berasumsi jika banyaknya kemiskinan, akan menambah anggaran desa, ini, sangat keliru,” sebut Wabup lagi.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Miris, Niat Pergi Les Bocah 8 Tahun Meninggal Ditabrak Motor di Merangin

Meraingin

PT Graha Bangko di Disidak Komisi lll DPRD Merangin

Meraingin

Tujuh Warga Merangin Dari Turki Terpapar Virus Omicron?, Baca Kebenarnya

Meraingin

Festival Lagu Dangdut di Wisata Sikumbang WatePark Meriah..!

Meraingin

KPU Merangin Belum Tandatangani NPHD Dana Pilkada 2024, Ini Penjelasan Kaban Kesbangpol

Meraingin

RSD Kol. Abundjani Bangko Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Meraingin

Dari Arena Rakernas Partai NasDem M. Yani Mengucapkan “Selamat” Atas Pelantikan Kades Terpilih Tahun 2022

Meraingin

Pertama Kali, Wabup dan Sekda Naik Jeep Willyz Keliling Kota Bangko Bersama Tim Merangin FC