Nah,, Oknum Kepsek Masuk Daftar DPO Polres Tanjab Barat  SMPN 2 Kuala Tungkal Gelar Acara Pelepasan 177 Siswa Siswi Kelas IX Bupati Anwar Sadat Hadiri Diklat Revolusi Mental Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia  Wabup Tanjab Barat hadiri Halal Bihalal APDESI Provinsi Jambi Wabup Harian Hadiri Acara Pra Penilaian Kinerja Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Home / Meraingin

Selasa, 7 Maret 2023 - 11:38 WIB

Wabup Buka Pelatihan Operator SIK-NG Desa/Kelurahan Se Kabupaten Merangin

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Bertempat di aula Kantor lama Bupati Merangin, Wakil Bupati Nilwan Yahya membuka secara Resmi Acara Verifikasi dan Validasi (Verivali) DTKS dan Pelatihan operator SIKS-NG  tingkat desa/kelurahan pada penanganan fakir miskin Kabupaten Merangin tahun 2023. Selasa (7/3).

Pelatihan tersebut, berkaitan erat dengan kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Bupati Merangin beserta Tim terpadu masalah penurunan angka stunting dan Kemiskinan Ekstrim di 24 Kecamatan yang lalu

Tujuan pelaksanaan Pelatihan SIK-NG ini untuk memberikan pemahaman terhadap operator dalam pemutakhiran data program penanganan fakir miskin di Kabupaten Merangin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Merangin Elpis Suryadinata dalam Sambutannya mengatakan, Sitstim informasi ini terdiri dari beberapa komponen yang secara berjenjang dan berkesinambungan.

“Untuk menjalankan aplikasi ini perlu adanya operator yang terlatih, jadi kepada peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini hingga selesai mulai tanggal 7 hari ini sampai tanggal 9 Maret 2023, karena pelatihan ini juga sangat bermanfaat untuk meluruskan kembali data yang keliru pada sasaran yang sebenarnya,” katanya.

Baca Juga  Akhir Jabatan Gubernur Jambi, H Fachrori Umar Pamit Dengan Masyarakat Merangin

Perlu kita ketahui Lanjutnya, ” Kegiatan pelatihan ini sangat erat kaitannya dengan kunjungan kerja Bapak wakil Bupati dalam penurunan angka stunting dan kemiskinan di 24 Kecamatan beberapa hari yang lalu,” tambah Kadis itu.

Sementara wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya saat memberikan arahan terhadap peserta pelatihan itu, menyampaikan permohonan maaf Bupati Merangin yang tidak bisa hadir dalam acara Pelatihan tersebut.

” Karena Beliau (Bupati) sedang bertugas di tempat lain maka delegasinya, kami yang membuka acara ini,” Ucap Wabup.

Bukan hanya itu, Wabup Nilwan Yahya juga menerangkan penurunan angka kemiskinan di Merangin, terhitung Januari 203 terjadi penurunan yang signifikan, sejak 2018 ke 2022 terdapat perubahan dari angka 36, 97% menjadi 14,5 %.

” Inilah upaya kita melalui pemerintah daerah, dalam upaya ini tidak terlepas dari peran aktif para camat, Kades, Puskesmas, pendamping dan seluruh perangkat Masyarakat di Kabupaten Merangin,” terang wabup.

Baca Juga  Kabar Penundaan Presiden Jokowi Datang ke Merangin, Ini Alasannya

Wabup menambahkan, Jika tahun 2022 di angka 14%, maka masih tersisa waktu selama 2 tahun diharapkan pemerintah 0,05 % hingga 2024 akan diupayakan tuntas.

” Kami berharap kepada operator yang dilatih nanti, agar dapat memadu padankan data dari pusat dengan data di 24 Kecamatan Kabupaten Merangin,” lanjut wabup.

Wabup menyebutkan, dari nomor Dua Kemiskinan di Provinsi Jambi, Kabupaten Merangin saat ini menjadi terbaik se Provinsi Jambi, dalam upaya penurunan stunting dan kemiskinan.

” Kami juga berharap 1 operator 1 desa dapat bekerja profesional di lapangan, jangan pernah menganggap besarnya angka kemiskinan akan menambah anggaran desa, ini ada oknum desa yang berasumsi jika banyaknya kemiskinan, akan menambah anggaran desa, ini, sangat keliru,” sebut Wabup lagi.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Bupati Kembali Rombak Kabinet Merangin Mantap, Ini Nama-nama Pejabat Yang Dilantik

Meraingin

Sekda Buka Jambore Pramuka 2022 Di Bumi Perkemahan Pramuka Kwarcab Merangin

Meraingin

Januari Hingga Agustus 2020, Angka Kebakaran di Merangin Mencapai 14 Kasus

Meraingin

H Mashuri Launching Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Meraingin

Walau Sakit Plt Bupati Merangin Tetap Semangat Ngantor

Meraingin

Pjs Gubernur Jambi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Patriot Bhakti Merangin

Meraingin

Nilwan Yahya Tinjau Kondisi Warga Yang Dilanda Musibah Banjir

Meraingin

Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-75 Wabup Jadi Inspektur, Sedangkan Virtual Penurunan Bendera di Istana Merdeka Dilikuti Oleh Bupati