Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri  Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Home / Meraingin

Rabu, 30 Maret 2022 - 00:15 WIB

Diskusi Soal Limbah,Wartawan Merangin Hujani DLH Dengan Pertanyaan

Bulenonnews.com – Bangko. Bertempat di Hotel Merangin Syariah,Kota Bangko,Selasa (29/3/2022) belasan wartawan terdiri dari berbagai media hadiri Fokus Group Diskusi (FGD) soal limbah. FGD bersama DLH Merangin, akan berkelanjutan secara Continue.

Focus Group Discussion (FGD) garapan IWO Merangin dan Forum Komunikasi Wartawan Merangin (FKWM) ini melibatkan wartawan dari lintas organisasi. Dengan tujuan kegiatan tak lain adalah menambah pengetahuan dasar limbah, jenis dan aturan.

“Dengan kegiatan ini, wartawan bisa menambah ilmu tentang lingkungan. Jadi, ketika berhadapan dengan permasalahan lingkungan, ada bekal wartawan,” ungkap Erwin Majam, Sekretaris IWO Provinsi Jambi.

Meski persiapan hanya 1 Minggu, kegiatan berjalan dengan baik dan bahkan penuh antusias. Harapan kegiatan FGD dengan Tema “Usaha dan kegiatan berdampak lingkungan” ini dapat berkelanjutan, mencuat dari wartawan dan DLH Merangin.

Baca Juga  Nilwan Yahya Tutup Turnamen Volly Ball Bupati Cup di Desa Meranti

“Sebenarnya, kita sudah ada atensi untuk FGD soal limbah rumah sakit, sarang walet dan sebagainya. Semoga bisa berkelanjutan dan bermanfaat bagi wartawan dan warga Merangin,” pungkas Erwin.

Dalam kegiatan tersebut, Kabid Pengendalian dan Pencemaran DLH Merangin, Sutoto dan Kabid Tata Kelola Lingkungan, Emilda turun langsung. Tak ketinggalan, Fungsional Limbah B3 DLH Diana

Berawal dari pengenalan limbah, jenis dan pengelolaan, menjadi materi dasar yang disampaikan DLH Merangin. Dari limbah rumah tangga, TPS, limbah medis, pabrik hingga periode penanganan.

Menariknya, belum lagi sesi tanya jawab, para peserta sudah membanjiri pertanyaan. Padahal, materi aturan dan sanksi juga belum berjalan.

Baca Juga  Safari Ramadhan, NasDem Merangin Akan Kelilingi 24 Kecamatan

“Maaf, maaf. Takutnya lupa. Dak sabaran,” kata peserta.

Beberapa pertanyaan peserta yakni soal limbah rumah sakit, seperti Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), cangkang sawit, sampai pabrik tahu. Kemudian soal kolam limbah pabrik, ambang baku dan pengawasan jadi diskusi.

Sutoto menegaskan, setiap usaha harus ada perijinan yang berdampak pada air, udara dan limbah B3.

“Setiap pelanggaran, usaha atau perusahaan akan membayar lebih untuk pencemaran udara, air dan limbah,” kata jebolan teknik lingkungan pertama di Merangin itu.

Tak terasa  sudah 3 jam lebih FGD berlangsung dengan suasana santai namun serius atas tingginya antusias akan kegiatan ini, mendorong Ote Sayuti dari Forum Komunikasi Wartawan Merangin (FKWM) agar melibatkan OPD terkait.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Al Haris Cek Kerusakan PDAM, Zuhdi Bilang Kerusakan Berawal Dari Trobel Kubikal Milik PLN

Meraingin

Pemkab Merangin Bersama TP-PKK dan Organisasi Perempuan Merangin Buka Puasa Bersama

Meraingin

Wakili Ketua DPRD, M.Yani Turut Musnahkan 80 Kg Ganja Bersama Kapolda Jambi

Meraingin

Dengan Bimtek CPPOB IRTP Dinkes Merangin Diharapkan Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Meraingin

Wabup Buka Festival SD Negeri 118 Karang BerahI

Meraingin

Bupati Merangin Safari Ramadhan 1444 H ke Sungai Manau

Meraingin

Pj Bupati Merangin Buka Orientasi (PPPK) Kabupaten Merangin Tahun 2023

Meraingin

Pol PP Merangin Sambut Kunjungan Ketua DPRD Pesisir Selatan