oleh

Was-was Akan Dipolisikan Anggota Dewan,Dis Bun Nak Muaro Jambi Bantah Keluarkan Izin Usaha Ternak Ayam

-Daerah-37 KALI DIBACA

Disbunak Muarojambi Tak Pernah Keluarkan Surat Rekomendasi untuk Izin Ternak Ayam

 

MUAROJAMBI-BULENONnews.com,Husaini, Sekretaris Dinas Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Muarojambi mengatakan,” pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat rekomendasi perizinan terkait rencana pembangunan kandang ternak ayam dari pengusaha Alex Joe alias Acai.

 

Di sebutkanya, sesuai aturan bahwa pihaknya mengeluarkan surat rekomendasi ketika usaha dari pengusaha ternak ayam minimal 10.000 atau 15.000 ternak. Sementara Acai mengaku hanya memiliki 9.000 ternak.

 

“Jadi karena persoalan ini, kepala dinas lingkungan hidup sempat dipangil ke kementerian. Sebenarnya pengusaha kalau ini diteruskan maka ini merepotkan, karena ada aturan-aturan yang telah dilanggar,” ujarnya Rabu kemarin.

Sebelumnya diberitakan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muarojambi Muarojambi melakukan pemanggilan terhadap seorang pengusaha ternak ayam dan masyarakat Desa Kasang Lopak Alai, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi, Rabu (13/11) di ruang rapat laboratorium Lingkungan Hidup Muarojambi.

 

Disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muarojambi, Firman  bahwa pemanggilan tersebut dilakukan untuk rapat terkait dengan adanya kandang ayam yang berdiri di permukiman. Tidak hanya itu kadang ayam juga berdekatan dengan lingkungan sekolah, dan masjid.

 

Lebih lanjut Ia menerangkan bahwa pendirian usaha  ternak ayam sesuai dengan aturan haruslah berjarak 1 kilometer dari permukiman. Sementara itu juga perlu mendapat persetujuan dari masyarakat.

“Makanya kita minta kepada pengusaha untuk berkoordinasi terlebih dahulu pada masyarakat di tingkat bawah,” pungkasnya.

 

PENULIS: NOVAL.

EDITOR:MARDAN.

Komentar

Berita Sebelumnya