Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat.

Home / Meraingin

Rabu, 8 Maret 2023 - 12:06 WIB

Wabup Buka Forum Perangkat Daerah Bidang Pendidikan Kabupaten Merangin Tahun 2023

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin, menggelar kegiatan forum Perangkat Daerah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin tahun 2023, Rabu (8/3/2023) di ruang aula Kantor Dikbud Kabupaten Merangin.

Kegiatan tersebut dalam rangka sinkronisasi dan penyelarasan kegiatan prioritas pembangunan yang berasal dari hasil musrenbang bidang Pendidikan Kabupaten Merangin tahun 2023, dengan rancangan awal renja perangkat daerah tahun 2024, dan yang akan dijadikan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2024.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin H. Abdul Ghani melalui Pelaksana Tugas Muslim, Kepala Bappeda Merangin diwakilkan oleh Sekretaris Zainal, Sekretaris Kemenag Kab. Merangin, Para Kepala Bidang dan pejabat Fungsional Dikbud Merangin serta para camat dan tamu undangan lainnya.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin, H Abdul Gani melalui Plt Sekretaris Dinas dalam laporan Panitia menyampaikan tujuan dari penyelenggaran forum perangkat daerah bidang Pendidikan Kabupaten Merangin.

” Adapun tujuan dari kegiatan Forum Perangkat daerah bidang Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2023 ini, untuk mensinkronisasikan dan mensinergikan serta menyelaraskan program kegiatan musrenbang bidang pendidikan Kabupaten Merangin,” Lapornya.

Baca Juga  H. Mashuri: Tidak Ada Sisipan Nama Baru Dalam Pelantikan Hari Ini.

Sementara Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, sebelum membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah Bidang Pendidikan itu, mengatakan Forum perangkat Daerah merupakan proses penyusunan kerja pembangunan daerah Kabupaten Merangin tahun 2024-2026 sebagaimana yang tertuang didalam amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor : 86 tahun 2017.

” Pendidikan adalah salah satu sektor prioritas pembangunan Kabupaten Merangin sebagaimana yang tertuang didalam rencana kerja Pembangunan jangka Panjang dan menengah pada tahun 2018-2023, pada misi ke Tiga dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing dengan meningkatkan akses mutu pendidikan,” ujarnya.

Keberhasilan pembangunan Pendidikan ditunjukkan dengan Indeks pembangunan manusia Kabupaten Merangin setiap tahunnya selalu meningkat.

” Pada tahun 2022 IPM Kabupaten Merangin sebesar 69,98 naik 0,25 Poin dari tahun 2021 yang berjumlah 69,53,” jelas Wabup.

Dalam Forum Perangkat daerah Bidang Pendidikan tersebut, wabup menegaskan untuk pemerataan pembangunan sarana dan prasarana sekolah yang ada di kabupaten Merangin, dimana Salah satu SD yang dibangun pada tahun 1980 hingga saat ini belum tersentuh rehap ringan maupun rehap berat.

Baca Juga  Fantastis, Selain Rame pengunjung di Sikumbang Water Park Juga Bisa Juga Vaksin Gratis

” Ini merupakan suatu perhatian dan tantangan bagi kita sebagai pemangku jabatan, kapan lagi kita akan meningkatan mutu pendidikan sementara sarana belum merata secara maksimal, menurut monev kami ini terdapat mis komunikasi antara pihak Sekolah dan Dinas Kabupaten, Artinya disatu sisi tenaga pendidik kita hanya mengutamakan Akreditasi dengan mengabaikan Sarana pembangunan yang ada,” lanjutnya.

Melalui forum itu, Nilwan beraharap kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin untuk melakukan perimbangan antara meningkatkan mutu pendidikan dan Akreditasi.

” Kalau mau meningkatkan mutu pendidikan, tentu sarana dan prasarana perlu diperhatikan, jangan kita selalu mementingkan Akreditasi saja, satu contoh disekolah perpustakaan tidak layak dalam laporan Akreditasi sudah di anggap layak, ruang Kepala sekolah juga, ini kan menjadi persoalan, Jadi saya berharap itu menjadi perhatian kita semua, tolong pilahkan mana yang menjadi peningkatan pendidikan dan mana yang Akreditasi,” harap wabup mengakhiri.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Kodim 0420/Sarko Bersama Saka Wira Kartika SMAN 12 Merangin Bagikan Takjil Gratis

Meraingin

Melalui ‘GERMAS’ Wabup Merangin Ajak Masyarakat Tabir Selatan Biasakan Pola Hidup Sehat

Meraingin

Kabar Gembira!! Merangin Bakal  Menerima CPNS 2024

Meraingin

Usai Tabrakan Minibus Toyota Fortuner Terjun Ke Jurang di Kerinci, Ini Identitas Korban

Meraingin

Lagi-lagi Polres Merangin Amankan Pelaku PETI

Meraingin

Lagi-lagi Kapolres Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Merangin

Meraingin

Lagi-lagi Puluhan Wanita Penghibur Diamankan Satpol PP Merangin Saat Razia Pekat

DPRD

Berkat Korespondensi Dewan, PT. Sitasa Energi Akomodir Tuntutan Warga Batang Masumai