Bupati  Lantik dan Pengambilan Sumpah Jabatan Penjabat Sekda Tanjab Barat  Bupati Tanjab Barat Buka MTQ ke-53 Desa Pembengis Didampingi Sang Suami yang Setia, Ibu 3 Anak Ini Terima SK dari Bupati Anwar Sadat. DPRD Tanjab Barat Gelar Rapat Paripurna Keempat Penandatanganan Nota Raperda RTRW dan RPJPD Tahun 2025- 2045 Bupati Anwar Sadat Hadiri Halal Bihalal Adat Melayu Jambi 

Home / Meraingin

Senin, 5 Februari 2024 - 13:56 WIB

Inflasi Merangin Minus 1,54 Persen, Pj Bupati Rakor Bersama Menteri Dalam Negeri Secara Virtual

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Alhamdulillah pertanggal 5 Januari 2024 hari ini, Indeks Perkembangan Harga (IPH) kita turun secara signifikan diangka minus 1,54 persen, ini pelu kita syukuri atas kerja keras kita bersama, dan tentu hasil kerja dari tim pengendalian inflasi yang baik.

Hal ini sebagaimana disampaikan Pj Bupati Merangin H Mukti Said kepada awak media, usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi bersama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia secara virtual, yang dilaksanakan di ruangan MCP Kantor Bappeda Kabupaten Merangin (5/2/2024.

Menurut Pj Bupati, Jika IPH tidak stabil dan terlalu rendah, berdampak tidak baik terhadap perekonomian Masyarakat.

Baca Juga  Dengan Bimtek CPPOB IRTP Dinkes Merangin Diharapkan Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

” Tapi kalau terjadi deflasi juga berakibat tidak baik, dimana harga bahan rendah nilai upah rendah, pedagang jadi lesu ekonomi tidak pun bergerak, jadi tugas kita mengendalikan inflasi daerah agar tetap stabil, karena sebentar lagi kita akan menghadapi bulan puasa yang cenderung pada kenaikan harga,” katanya.

Salah satu kiat Pemkab Merangin dalam menjaga kenaikan inflasi adalah, mengetahui perkembangan harga pasar, tim harus memantau terutama komunitas ketahan pangan seperti beras cabe bawang dan lainnya.

” Begitu ada gejala kenaikan kita akan cepat turun melalui operasi pasar, dan kerjasama antar daerah dengan Kabupaten tetangga dan luar provinsi yang berpotensi terhadap penyumbang inflasi,” lanjutnya.

Baca Juga  Paripurna Ke Tiga DPRD Merangin Gagal , Apakah Delapan Fraksi Menyusul NasDem Walkout??

Menurut laporan tim inflasi, Bulog dan Asisten II Setda Merangin terang H Mukti, ketahanan pangan Kabupaten Merangin saat ini cukup kuat.

” Persediaan beras kita banyak, kemarin dua hari kita melakukan operasi pasar, sehingga hasil dari itu, inflasi kita turun dari angka 2,3 persen sekarang sudah minus satu koma, artinya tim pengendalian inflasi kita sangat efektif,” tutupnya. (Red).

Share :

Baca Juga

Meraingin

Pj Bupati Kecewa Pegawai Dinas Dikbud Merangin Tidak Disiplin

Meraingin

DPRD Merangin Panggil Ulang Dewas RSUD Tekait Kisruh RSUD

Meraingin

Bupati Merangin Buka Pembekalan Anggota Baru Persatuan Mahasiswa Tabir.

Meraingin

Nilwan Yahya Pimpin Rapat LPTQ Persiapan MTQ Ke-49 Kabupaten Merangin

Meraingin

Kejuaraan #DBON IGORNAS Jambi di Merangin Resmi Ditutup

Meraingin

H. Mashuri Meradang Saat Sidak Kelokasi PETI Desa Lubuk Bumbun

Meraingin

Bupati Dorong RSD Kol. Abundjani Bangko Jadi Sentral Operasi Bibir Sumbing Sumatra Bagian Tengah

Meraingin

Nilwan Bangga MTQ Kecamatan Pamenang Semarak Melebihi Tingkat Kabupaten