Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid As-Shahabah

Home / Meraingin

Jumat, 29 September 2023 - 16:22 WIB

Hadiri Kompetensi Peradilan Semu Tingkat Nasional di Sungai Penuh, Al Haris Bangga Kepada IAIN Kerinci

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Gubernur Jambi, Al Haris menghadiri kompetensi peradilan semu tingkat nasional fakultas syari’ah dan hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang diselenggarkan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Jumat (29/09/2023).

Lomba atau event terkait peradilan semu yang biasa disebut Kompetisi Peradilan Semu atau Moot Court Competition (MCC) yang merupakan kompetisi tertinggi dan paling bergengsi bagi mahasiswa Fakultas Hukum di seluruh Indonesia saat ini. Peradilan semu adalah simulasi dari proses peradilan yang sebenarnya.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bangga dengan IAIN Kerinci menjadi tuan rumah lomba peradilan semu tingkat nasional PTKIN se-Indonesia.

Baca Juga  H. Mukti Pj Bupati Merangin Melayat Kerumah Ibunda Khaidir Camat Pamenang Barat

Al Haris mengatakan acara tersebut sangat penting untuk mengasah kemampuan mahasiswa fakultas hukum belajar bagaimana menciptakan sebuah peradilan yang bersih.

“Patia dan tim penilai saya terima kasih banyak karena ini jarang, padahal ini termasuk proses pembelajaran bagi anak-anak kita. Saya bangga sekali karena sejak jadi gubernur baru kali ini ada praktek peradilan semu dan itu diselenggarakan di IAIN Kerinci,” kata Al Haris.

“Acara ini bagaimana anak kita belajar menciptakan sebuah peradilan yang bersih. Bahwa Indonesia butuh anak muda mengerti hukum dan berintegritas. Jika nanti sudah kuliah tolong dibawa ke praktek yang sebenarnya,” tambah Al Haris lagi.

Baca Juga  Koperasi Tidak Aktif Melaksanakan RAT Terancam Dibubarkan

Al Haris berharap dengan adanya lomba simulasi proses peradilan itu dapat ditanamkan di hari dan dipraktekkan saat bekerja nanti.

“Kita berharap bahwa praktek yang dilakukan disini mudahan ditanamkan dihatinya, saat kerja nanti itu sudah diterapkan. Saya bangga sekali dengan kegiatan ini, semoga melahirkan anak muda yang berintegritas yang siap menjadi intelektual hukum sebenarnya,” sebut Al Haris.

Kompetensi Peradilan Semu Tingkat Nasional di IAIN Kerinci ini diikuti 10 IAIN dari berbagai PTKIN di Indonesia dan berlangsung dari 25 sampai 29 September 2023.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Didampingi Kadis DKUKMPP, Pj Bupati Merangin Sidak Ke Pasar

Meraingin

Progres Pembangunan Mushola Ikhwanul Muslimin Dusun Nangko Kian Pesat

Meraingin

Hari Kedua Pansus DPRD Merangin Terus Berlanjut Bahas LKPJ Bersama OPD

Meraingin

Buka Puasa dan Rapat Bentuk Panitia Pendaftaran Bacaleg NasDem, Merupakan Silaturahmi Para Kader

Meraingin

Hasbi Anshory Sosialisasikan 4 Pilar DPR MPR di Merangin

Meraingin

Kesimpulan Pansus DPRD Merangin Soal Refocusing Anggaran Covid-19

Meraingin

12 Instansi Terima Penghargaan Dari Bupati Merangin Atas Capaian Vaksinasi Covid-19

Meraingin

HUT PP dan Srikandi Merangin Meriah, Dirangkai Bagi Bantuan Sembako Ke Panti Asuhan