Kepala Desa Janji Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2025 Mewakili Bupati, Pj. Sekretaris Daerah Hadiri Rapat Paripurna ke Dua DPRD Kabupaten Tanjab Barat  Bupati Anwar Sadat Promosikan Potensi SDA Tanjab Barat di Otonomi Expo 2024 Mediasi Permasalahan Tanah di Kantor Desa Janji Temukan Kesepakatan Bupati Tanjab Barat Kukuhkan dan Ambil Sumpah Janji Jabatan Kades dan BPD

Home / Meraingin

Jumat, 29 September 2023 - 16:22 WIB

Hadiri Kompetensi Peradilan Semu Tingkat Nasional di Sungai Penuh, Al Haris Bangga Kepada IAIN Kerinci

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Gubernur Jambi, Al Haris menghadiri kompetensi peradilan semu tingkat nasional fakultas syari’ah dan hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang diselenggarkan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Jumat (29/09/2023).

Lomba atau event terkait peradilan semu yang biasa disebut Kompetisi Peradilan Semu atau Moot Court Competition (MCC) yang merupakan kompetisi tertinggi dan paling bergengsi bagi mahasiswa Fakultas Hukum di seluruh Indonesia saat ini. Peradilan semu adalah simulasi dari proses peradilan yang sebenarnya.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bangga dengan IAIN Kerinci menjadi tuan rumah lomba peradilan semu tingkat nasional PTKIN se-Indonesia.

Baca Juga  Hari Ini, Giliran 3 Kades Kecamatan Cermin Nangedang Dilantik H. Cek Endra

Al Haris mengatakan acara tersebut sangat penting untuk mengasah kemampuan mahasiswa fakultas hukum belajar bagaimana menciptakan sebuah peradilan yang bersih.

“Patia dan tim penilai saya terima kasih banyak karena ini jarang, padahal ini termasuk proses pembelajaran bagi anak-anak kita. Saya bangga sekali karena sejak jadi gubernur baru kali ini ada praktek peradilan semu dan itu diselenggarakan di IAIN Kerinci,” kata Al Haris.

“Acara ini bagaimana anak kita belajar menciptakan sebuah peradilan yang bersih. Bahwa Indonesia butuh anak muda mengerti hukum dan berintegritas. Jika nanti sudah kuliah tolong dibawa ke praktek yang sebenarnya,” tambah Al Haris lagi.

Baca Juga  Ketua TP-PKK Merangin Pantau Giat Vaksinasi di Pasar Bawah Bangko

Al Haris berharap dengan adanya lomba simulasi proses peradilan itu dapat ditanamkan di hari dan dipraktekkan saat bekerja nanti.

“Kita berharap bahwa praktek yang dilakukan disini mudahan ditanamkan dihatinya, saat kerja nanti itu sudah diterapkan. Saya bangga sekali dengan kegiatan ini, semoga melahirkan anak muda yang berintegritas yang siap menjadi intelektual hukum sebenarnya,” sebut Al Haris.

Kompetensi Peradilan Semu Tingkat Nasional di IAIN Kerinci ini diikuti 10 IAIN dari berbagai PTKIN di Indonesia dan berlangsung dari 25 sampai 29 September 2023.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Di Merangin 80 Kg Ganja Kering Dimusnahkan Kapolda Jambi

Meraingin

Komisi ll DPRD Minta Penempatan Zonasi Dalam Peningkatan PAD Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merangin

DPRD

Akhirnya Paripurna DPRD Merangin Rampung Pukul 22.11 WIB Malam.

Meraingin

Ciptakan Pemilu Yang Kondusif, Pj Bupati Merangin Rapat Bersama Forkopimda

Meraingin

Nilwan: Kearifan Lokal Tentukan Kebehasilan Assesmen Geopark

Meraingin

M. Yani Serahkan Hewan Qurban Bantuan Hasbi Anshory Anggota DPR RI di Tabir

Meraingin

M. Yuzan Pimpin Komisi ll DPRD Merangin Terbaru

Meraingin

Bukan Hanya Dalam Rangka Adipura, Pol PP Merangin Akan Tertib PKL Secara Permanen.