Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat.

Home / Meraingin

Jumat, 29 September 2023 - 16:22 WIB

Hadiri Kompetensi Peradilan Semu Tingkat Nasional di Sungai Penuh, Al Haris Bangga Kepada IAIN Kerinci

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Gubernur Jambi, Al Haris menghadiri kompetensi peradilan semu tingkat nasional fakultas syari’ah dan hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang diselenggarkan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Jumat (29/09/2023).

Lomba atau event terkait peradilan semu yang biasa disebut Kompetisi Peradilan Semu atau Moot Court Competition (MCC) yang merupakan kompetisi tertinggi dan paling bergengsi bagi mahasiswa Fakultas Hukum di seluruh Indonesia saat ini. Peradilan semu adalah simulasi dari proses peradilan yang sebenarnya.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bangga dengan IAIN Kerinci menjadi tuan rumah lomba peradilan semu tingkat nasional PTKIN se-Indonesia.

Baca Juga  Menikah Itu di Usia 25 Bagi Pria, 21 Tahun Bagi Wanita. Wabup Buka Sosialisasi SSK

Al Haris mengatakan acara tersebut sangat penting untuk mengasah kemampuan mahasiswa fakultas hukum belajar bagaimana menciptakan sebuah peradilan yang bersih.

“Patia dan tim penilai saya terima kasih banyak karena ini jarang, padahal ini termasuk proses pembelajaran bagi anak-anak kita. Saya bangga sekali karena sejak jadi gubernur baru kali ini ada praktek peradilan semu dan itu diselenggarakan di IAIN Kerinci,” kata Al Haris.

“Acara ini bagaimana anak kita belajar menciptakan sebuah peradilan yang bersih. Bahwa Indonesia butuh anak muda mengerti hukum dan berintegritas. Jika nanti sudah kuliah tolong dibawa ke praktek yang sebenarnya,” tambah Al Haris lagi.

Baca Juga  Parade Hari Batik Nasional 2022 Ribuan ASN Merangin Berbatik Warnai Kota Bangko

Al Haris berharap dengan adanya lomba simulasi proses peradilan itu dapat ditanamkan di hari dan dipraktekkan saat bekerja nanti.

“Kita berharap bahwa praktek yang dilakukan disini mudahan ditanamkan dihatinya, saat kerja nanti itu sudah diterapkan. Saya bangga sekali dengan kegiatan ini, semoga melahirkan anak muda yang berintegritas yang siap menjadi intelektual hukum sebenarnya,” sebut Al Haris.

Kompetensi Peradilan Semu Tingkat Nasional di IAIN Kerinci ini diikuti 10 IAIN dari berbagai PTKIN di Indonesia dan berlangsung dari 25 sampai 29 September 2023.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Wakil Bupati Merangin dan Pihak Polres Pantau Langsung Arak-arakan Takbiran

Meraingin

Soal Rancangan Perubahan KUA-PPAS Lambat Dibahas, Ini Kata Bupati.

Meraingin

Pemuda Pancasila Kunker Ke Polres Merangin dan Ajukan Lima Tuntutan

Meraingin

Pj Bupati Merangin : Pengunaan Dana Desa 2024 Akan Didampingi APH

Meraingin

Izhar Majid Ketua Komisi ll DPRD Prov. Jambi Hadiri Kunker Gubernur di Merangin

Meraingin

DLH Merangin Temukan Beberapa Keluhan Warga Jelatang, Pihak PT. KDA Bersikukuh Tidak Ada Pencemaran

Meraingin

Nilwan Yahya Tinjau Kondisi Warga Yang Dilanda Musibah Banjir

Meraingin

Hukum Adat Akan Diberlakukan Al Haris Jika Melanggar Prokes Covid-19