Polres Tanjab Barat Amankan Dua Terduga Pelaku Curanmor  Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada

Home / Meraingin

Kamis, 15 Juni 2023 - 16:44 WIB

Nilwan Yahya Buka Forum Koordinasi TPPS 2023

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya membuka forum koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Merangin 2023, di Aula Depati Payung Bappeda Merangin, Kamis (15/6).

Ketua TPPS Merangin tersebut mengatakan, stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, tapi juga berkaitan dengan perkembanganan otak yang kurang maksimal.

‘’Kondisi ini menyebabkan kemampuan mental dan belajar anak di bawah rata-rata. Ini bisa berakibat prestasi belajar yang buruk,’’ujar Wabup dibenarkan Kadis PPKB Merangin H Abdaie.

Kunci  pencegahan stunting jelas wabup, ada pada seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK), sehingga perhatian kepada ibu hamil  serta balita perlu terus ditingkatkan.

Selain itu pinta wabup, intervensi terhadap remaja putri dan calon pengantin juga terus dilakukan, sehingga tercipta generasi yang cerdas, sehat dan berprestasi terhindar dari stunting.

‘’Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua, angka stunting di Kabupaten Merangin mengalami penurunan dari 19,7 persen  menjadi 14,5 persen. Untuk Provinsi Jambi juga turun dari dari 22,4 persen menjadi 18 persen,’’terang Wabup.

Baca Juga  Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H Bergeser? Baca Penjelasanya

Sedangkan untuk Indonesia, angka stunting juga berhasil diturunkan dari 24,4 persen menjadi 21,6 persen. Pada kesempatan itu, wabup mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam TPPS Merangin.

‘’Semoga pada 2024 nanti, target prevalensi stunting Kabupaten Merangin menjadi sembilan persen dapat kita capai. Teruslah bekerja semaksimal mungkin, sehingga Merangin bisa bebas dari stunting,’’pinta Wabup.

Tampak hadir pada acara tersebut, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jambi H Muhammad Syafrizal dan para pengurus dan Satgas Stunting Provinsi Jambi serta para kepala Organisasi Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Merangin.

Terpisah, Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Yudi Hendra Musrizal mengatakan, melihat data keluaga beresiko stunting dan data anak stunting menjadikan TPPS, harus tetap memfokuskan pada usaha pencegahan dan memperbaiki anak dengan stunting.

Baca Juga  Warga Langling Tuntut Dewan Untuk Perbaikan Jalan Pada Reses M. Yani dan Jalil

‘’Apa yang sudah kita lakukan,  terlihat pada jumlah anak stunting yang menurun. Kita pastikan para balita siap dalam kondisi normal pada pelaksanaan survei yang akan dilakukan pada Agustus – September 2023 mandatang,’’pinta Yudi Hendra.

Pencegahan kejadian stunting lanjut Yudi, dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya program elsimil (elektronik siap nikah siap hamil), dengan melakukan skrining calon pengantin dari status Kesehatan, apakah sudah siap untuk menikah dan hamil.

Selain itu, pendampingan keluarga berisiko stunting oleh TPK (Tim Pendamping Keluarga) juga harus terus digejot. Jumlah pendamping keluarga untuk Kabupaten Merangin sejumlah 699 petugas.

Yudi juga  berharap, intervensi kepada anak stunting dan keluarga berisiko stunting juga dilakukan sektor lain, seperti dunia usaha baik perusahaan atau perorangan, dengan program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

(Ote)
.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Ngopi Bareng Penuh Keakraban, Bupati Batang Hari  dan Wakil Bupati Merangin di Bufet Sianio Bangko

Meraingin

Kapolda Jambi Sanjung Kinerja Mantan Kapolres Merangin

Meraingin

dr. Sephelio Legowo Jabatan Sebagai Direktur RSUD Kol Abundjani Bangko ” Lengser “

Meraingin

September Penyekatan PPKM ketat Masuk Kota Kuala Tungkal

Meraingin

2019 Hinga 2022 Pembangunan Desa Mudo dari APBD “Zonk”, Yani : Wajib Diperjuangkan di 2023

Meraingin

Seorang Pemuda Mengakhiri Hidupnya Dengan Bunuh Diri

Meraingin

Luar Biasa !! TP PKK Merangin Gelar TOT 30 Menit Bisa Baca Alqur’an, Dibuka Oleh Pj Bupati

Meraingin

Merangin Raih Stunting Award 2023 Untuk Kategori Pengolahan dan Pemberian Pangan Lokal Hewani