Bupati Tanjab Barat Tanggapi Tuduhan Poktan Imam Hasan, Hingga Kadisbunak Lapor Balik ke Polda Jambi Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH

Home / Meraingin

Kamis, 2 Maret 2023 - 18:25 WIB

Nilwan Yahya Jemput Bola ke Kementerian Perikanan Terkait Budidaya Maggot

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya ‘jemput bola’ ke Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, untuk meloby bantuan kampung perikanan budidaya maggot 2023, Kamis (2/3).

Nilwan Yahya didampingi Kadis Perikanan Merangin Irsadi, diterima Direktur Pembenihan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Ir Nono Hartanto dan jajarannya, di ruang kerjanya.

Di ruang yang cukup nyaman itu, wabup melakukan koordinasi dan konsultasi terkait bantuan tersebut dan ditanggapi positif oleh jajaran Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Baca Juga  Kapolda Jambi Berkunjung Ke Merangin Pantau Penerapan PPKM

‘’Merangin menjadi kabupaten percontohan budidaya maggot di Provinsi Jambi. Sudah banyak kabupaten lain, baik dari Provinsi Jambi maupun dari luar Jambi yang melakukan studytiru ke Merangin,’’ujar Wabup kepada Kominfo News, usai pertemuan.

Jadi jelas wabup, tidak ada salahnya bila Merangin ‘jemput bola’ untuk mendapatkan bantuan kampung perikanan budidaya maggot dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Diterangkan wabup, maggot atau dalam penyebutan lain disebut dengan belatung merupakan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia Illucens dalam bahasa Latin.

Baca Juga  Wabup Amati Finising Gladiresik Jelang Pembukaan MTQ Ke 49 Kabupaten Merangin

‘’Maggot ini merupakan larva dari jenis lalat yang awalnya berasal dari telur dan bermetamorfosis menjadi lalat dewasa. Tubuh maggot berwarna hitam dan sekilas mirip dengan tawon,’’terang Nilwan Yahya.

Keunggulan maggot atau belatung sebagai bahan baku pakan ikan mandiri, diyakini merupakan salah satu inovasi yang layak dikembangkan oleh berbagai pemangku kepentingan sektor kelautan dan perikanan.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Pj Bupati Melalui Asisten I Setda Merangin Membuka Rapat Pengendalian Inflasi Sektor Pertanian

Meraingin

24 Camat Se – Kabupaten Merangin Ikuti Rakor Pertama Bersama Pj Bupati H Mukti Said

Meraingin

Bupati Hadiri Pelantikan DPC-KPPI Kabuapten Merangin

Meraingin

Bupati Dorong RSD Kol. Abundjani Bangko Jadi Sentral Operasi Bibir Sumbing Sumatra Bagian Tengah

Meraingin

Kapolres Merangin, Komandan Yang Rendah Hati Buka Ruang Keakraban Bersama Pedas

Meraingin

Full Data, Tim Evaluator Unesco Tinggalkan Merangin Jambi

Meraingin

Reses Pertama Wakil Ketua ll DPRD Merangin Kausari Sukses

Meraingin

Progres Pembangunan Mushola Ikhwanul Muslimin Dusun Nangko Kian Pesat