Satreskrim Polres Tanjab Barat Razia Lapak Penjual Petasan  Polres Tanjab Barat Mengamankan Kedua Kelompok yang Bertikai Untuk Dilakukan Mediasi Belum Mempunyai Aturan Hukum,Diduga Kadishub Tanjab Barat Sering Masukan Alat Berat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal  DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Pertama,Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tahun 2023 Hadiri Pelepasan Logistik Pemilu 2024,Ketua DPRD Tanjab Barat: Kita sangat mengapresiasi Penyelenggara Pemilu

Home / Meraingin

Kamis, 2 Maret 2023 - 18:25 WIB

Nilwan Yahya Jemput Bola ke Kementerian Perikanan Terkait Budidaya Maggot

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya ‘jemput bola’ ke Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, untuk meloby bantuan kampung perikanan budidaya maggot 2023, Kamis (2/3).

Nilwan Yahya didampingi Kadis Perikanan Merangin Irsadi, diterima Direktur Pembenihan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Ir Nono Hartanto dan jajarannya, di ruang kerjanya.

Di ruang yang cukup nyaman itu, wabup melakukan koordinasi dan konsultasi terkait bantuan tersebut dan ditanggapi positif oleh jajaran Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Baca Juga  Bupati Dorong RSD Kol. Abundjani Bangko Jadi Sentral Operasi Bibir Sumbing Sumatra Bagian Tengah

‘’Merangin menjadi kabupaten percontohan budidaya maggot di Provinsi Jambi. Sudah banyak kabupaten lain, baik dari Provinsi Jambi maupun dari luar Jambi yang melakukan studytiru ke Merangin,’’ujar Wabup kepada Kominfo News, usai pertemuan.

Jadi jelas wabup, tidak ada salahnya bila Merangin ‘jemput bola’ untuk mendapatkan bantuan kampung perikanan budidaya maggot dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Diterangkan wabup, maggot atau dalam penyebutan lain disebut dengan belatung merupakan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia Illucens dalam bahasa Latin.

Baca Juga  25 Nama Pejabat Yang Dilantik Perdana Oleh H. Mashuri Hari Ini

‘’Maggot ini merupakan larva dari jenis lalat yang awalnya berasal dari telur dan bermetamorfosis menjadi lalat dewasa. Tubuh maggot berwarna hitam dan sekilas mirip dengan tawon,’’terang Nilwan Yahya.

Keunggulan maggot atau belatung sebagai bahan baku pakan ikan mandiri, diyakini merupakan salah satu inovasi yang layak dikembangkan oleh berbagai pemangku kepentingan sektor kelautan dan perikanan.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Kapolres Merangin Pimpin Apel Sertijab Tujuh Perwira

Meraingin

Pemuda Pancasila Kunker Ke Polres Merangin dan Ajukan Lima Tuntutan

Meraingin

Pj Bupati Berharap Pemuda Dapat Berkolaborasi Sesuai Fungsi Dalam Membangun Merangin

Meraingin

Parade Hari Batik Nasional 2022 Ribuan ASN Merangin Berbatik Warnai Kota Bangko

Meraingin

Hadiri Undangan Wabup, H Izhar Majid Sebut Siap Maju Untuk Calon Bupati Merangin 2024

Meraingin

Bupati Merangin Buka Sosialisasi Pencegahan Bahaya Radikalisme-Terorisme

Meraingin

Mantan Staf Ahli Bupati Merangin Tutup Usia

Meraingin

34 Orang Santri dan Santriwati Tahfidz Al-Qur’an Vila Tahfidz Al-Qur’an Ar Rosyidun Nafi’ Merangin di Wisuda