Hormati Keputusan PTUN,Pemkab Tanjab Barat Lakukan Upaya Hukum Banding Sembelih Delapan Hewan Qurban, Polres Tanjab Barat Bagikan Daging Qurban Pada Warga Sekitar,Ponpes dan Panti Asuhan Bupati Tanjab Barat Mengapresiasi ASN Yang Berlomba lomba Untuk Melakukan Kebaikan Hari Raya Idul Adha Tahun 2024 Pemkab Tanjab Barat Sembelih Hewan Korban  Bupati Anwar Sadat Minta OPD Tindaklanjuti Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi.

Home / Meraingin

Kamis, 2 Maret 2023 - 18:25 WIB

Nilwan Yahya Jemput Bola ke Kementerian Perikanan Terkait Budidaya Maggot

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Wabup Merangin Nilwan Yahya ‘jemput bola’ ke Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, untuk meloby bantuan kampung perikanan budidaya maggot 2023, Kamis (2/3).

Nilwan Yahya didampingi Kadis Perikanan Merangin Irsadi, diterima Direktur Pembenihan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Ir Nono Hartanto dan jajarannya, di ruang kerjanya.

Di ruang yang cukup nyaman itu, wabup melakukan koordinasi dan konsultasi terkait bantuan tersebut dan ditanggapi positif oleh jajaran Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Baca Juga  Bupati Merangin Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Pasar Bawah Bangko

‘’Merangin menjadi kabupaten percontohan budidaya maggot di Provinsi Jambi. Sudah banyak kabupaten lain, baik dari Provinsi Jambi maupun dari luar Jambi yang melakukan studytiru ke Merangin,’’ujar Wabup kepada Kominfo News, usai pertemuan.

Jadi jelas wabup, tidak ada salahnya bila Merangin ‘jemput bola’ untuk mendapatkan bantuan kampung perikanan budidaya maggot dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Diterangkan wabup, maggot atau dalam penyebutan lain disebut dengan belatung merupakan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia Illucens dalam bahasa Latin.

Baca Juga  Upacara HUT RI Ke-75 di Merangin Lebih Awal Dari Detik-Detik Pelaksanaan Proklamasi di Istana

‘’Maggot ini merupakan larva dari jenis lalat yang awalnya berasal dari telur dan bermetamorfosis menjadi lalat dewasa. Tubuh maggot berwarna hitam dan sekilas mirip dengan tawon,’’terang Nilwan Yahya.

Keunggulan maggot atau belatung sebagai bahan baku pakan ikan mandiri, diyakini merupakan salah satu inovasi yang layak dikembangkan oleh berbagai pemangku kepentingan sektor kelautan dan perikanan.

Share :

Baca Juga

DPRD

Pansus Covid-19 DPRD Merangin Dapatkan Sejumlah Temuan di OPD

Meraingin

Tanah Bathin Milik Dusun Bangko Diduga Diserobot dan Akan Dibangun Ruko

Meraingin

Kunjungi Balita Stunting, Wabup Berikan Bantuan Telur dan Susu Untuk Balita di Mensango

Meraingin

Priiittt!!, Nilwan Yahya Pukul Bola Pertama Turnamen Volly Ball Sungai Udang Cup I Dimulai

Meraingin

Kapolres Merangin Lepas Keberangkatan Tim Penyaluran Bansos Polda Jambi

Meraingin

Upacara HUT RI Ke-75 di Merangin Lebih Awal Dari Detik-Detik Pelaksanaan Proklamasi di Istana

Meraingin

Batubara Ilegal di Merangin Kian Panas, Penambang Stop Beraktivitas

Meraingin

DLH Merangin Temukan Beberapa Keluhan Warga Jelatang, Pihak PT. KDA Bersikukuh Tidak Ada Pencemaran