Truk Fuso Bermuatan Tanah Basecose Terguling di Tanjab Barat,Tiga Orang Meninggal Dunia  Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Jambi Demo Tolak RUU Penyiaran Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Tanjab Barat Buka Kegiatan Workshop GENREAKSI Bupati Anwar Sadat Pimpin Sidang GTRA  Secara Virtual Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakornas Wasin Pemerintah Tahun 2024

Home / Meraingin

Kamis, 1 Juni 2023 - 14:59 WIB

Pemkab Merangin Kibarkan Sang Merah Putih Peringati Hari Lahir Pancasila

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Pemkab Merangin memperingati hari lahir Pancasila, 01 Juni dengan menggelar upacara pengibaran bendera, di Halaman depan kantor baru bupati Merangin, Kamis (01/6).

Tampil sebagai Inspektur Upacara yang diikuti barisan pelajar SLTP, SLTA, Mahasiswa, Pramuka, Korpri, Satpol PP, TNI, Brimob dan Polisi Polres Merangin tersebut, Bupati Merangin H Mashuri.

Pada pengarahannya, bupati membacakan sambutan Pesiden Republik Indonesia Joko Widodo. ‘’Hari lahir Pancasila setiap tanggal 01 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia,’’ujar Bupati.

Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa lanjut bupati, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Kedatangan PJ Bupati Merangin Disambut Secara Adat

Pancasila sambung bupati, akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia. Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi consensus nasional, untuk itu sudah selayaknya rakyat Indonesia mengaktualisasikan Pancasila.

‘’Sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman factual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa Indonesia,’’tegas Bupati.

Dengan demikian jelas bupati, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

Baca Juga  Pengguna Narkoba Marak di Merangin

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, untuk Bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Tampak hadir pada upacara hari lahir Pancasila itu, Ketua DPRD Merangin Herman Efendi bersama istri dan unsur Forkopimda lainnya, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat eselon III serta pejabat fungsional.

 

(Ote).

Share :

Baca Juga

Meraingin

Pj Bupati Ikuti Rapat Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Mendagri

Meraingin

Nilwan Bangga MTQ Kecamatan Pamenang Semarak Melebihi Tingkat Kabupaten

Meraingin

Wabup Merangin Berangkatkan Kafilah Merangin Ke MTQ Prov. Jambi Ke 52 di Sarolangun

Meraingin

Kejari Merangin Terus Garap Kasus Dugaan Korupsi di Dinas Pertanian Merangin

Meraingin

Dievaluasi Kinerja, H Mukti Mendapat Arahan Dari Kementerian Dalam Negeri

Meraingin

Sukseskan STQ Tingkat Nasional di Provinsi Jambi, H Mukti Pastikan Anjungan Merangin Mantap

Meraingin

Kunjungi SMPN 4 Merangin, Bikin Pj Bupati Merangin H. Mukti Said Tertegun dan Haru

Meraingin

Bupati : Selamat Jalan Kapolres Merangin