Gelar Aksi Unjuk Rasa di Kantor DPRD Labuhan Batu, Ini Tuntutan Masyarakat Dua Desa dan Ampuh Wujudkan Pernikahan Impian Bersama Seiyo Sekato Organizer Kepala Desa Janji Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2025 Mewakili Bupati, Pj. Sekretaris Daerah Hadiri Rapat Paripurna ke Dua DPRD Kabupaten Tanjab Barat  Bupati Anwar Sadat Promosikan Potensi SDA Tanjab Barat di Otonomi Expo 2024

Home / Berita

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:37 WIB

Swarnabhumi di Rantau Panjang Bakal Meriah Dengan Berbagai Kebudayaan Merangin

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Berbagai kegiatan kebudayaan dan kuliner akan mewarnai acara Kenduri Swarnabhumi, yang akan digelar secara meriah di Kelurahan Rantau Panjang Kecamatan Tabir pada Sabtu 27 Juli 2024.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Pj Bupati Merangin H Mukti melalui Asisten I Setda Merangin M Sayuti, usai memimpin jalannya rapat persiapan Kenduri Swarnabhumi, di Auditorium rumah dinas bupati Merangin, Kamis (11/7).

‘’Semoga kegiatan Kenduri Swarnabhumi berlangsung sukses. Untuk itu semua pihak harus bahu-membahu bergotong royong terlipbat langsung pada acara yang menjadi hajatan Kabupaten Merangin tersebut,’’ujar Asisten I Setda Merangin.

Berbagai kegiatan yang akan dilakukan tersebut, mulai dari beselang bersih kampung, tabur benih ikan, penaman pohon, sampai ke peluncuran gerakan moral GERATIL (Gerakan sadar untuk mengurangi sampah plastik).

Baca Juga  NasDem Merangin Umumkan Hasil Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah, Siapa Tereliminasi??

Selain itu juga akan digelar pertunjukan sastra lisan empat ganjie lima gonop, bursa makanan tradisional, makan benampan di Rumah Tuo, atraksi Bujang Gadis beselang bumbu dan beselang ngukuih, beselang ngangkut padi dan meletakan di bilik padi.

Menariknya lagi juga akan ditampilkan gelar seni tari massal yang mengusung tema tentang baselang ngangkut padi. Kegiatan mengangkut padi ini merupakan kegiatan rutin masyarakat Merangin yang terus dilestarikan.

Tampak hadir pada rapat persiapan itu, GM Merangin Jambi UGG Dr Agus Zainuddin, anggota DPRD Merangin As’ari Elwakas (Apuk), Kasi Datun Kejari Merangin Buchairi, Pasintel Kodim 0420 Sarko Lettu Inf Limbong dan perwakilan dari Polres Merangin.

Baca Juga  Ngopi Manis Ala Kapolres Tanjabbarat Undang Instansi Dan Relawan Karhutla Dengan KopTan

Hadir juga Kadis Dikbud Merangin Hernizor, Direktur Festival Kenduri Swarnabhumi Syukron Jazila, utusan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Merangin dan camat se-Kabupaten Merangin.

Kegiatan Kenduri Swarnabhumi ini diprediksikan bakal menelan dana sebesar Rp 341 juta, yang bersumber dari Kemdikbud sebesar Rp 301 juta dan dari Dikbud Merangin sebesar Rp 40 juta. (Red).

Share :

Baca Juga

Berita

H Mukti Buka Festival Panen Hasil Karya Guru Penggerak Lokakarya ke-7 Angkatan 9

Berita

Jamal,Terkait Polemik Jalan Rigit Beton BTN Disinyalir Kurangnya Koordinasi

Berita

Hadiri Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat, AHY: Mari Jaga Kerukunan dan Rasa Toleransi

Berita

Inspektorat Merangin Akan Turun Periksa Kades Pulau Raman Terkait Laporan Fiktif

Berita

Pj Bupati Merangin Ucapkan Selamat Atas Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi

Berita

Nobar Bersama Pengurus dan Kader, Jamal : DPC Tanjab Barat Akan Tegak Lurus Dengan Keputusan DPP  

Berita

Lantik 17 DPC se-Sumsel, AHY Minta Kader Selalu Berani Bersuara untuk Rakyat

Berita

Polres Tanjab Barat Bagikan Sembako dan Masker Buat Warga Terdampak Pandemi di Kecamatan Seko