Bupati Tanjab Barat Tanggapi Tuduhan Poktan Imam Hasan, Hingga Kadisbunak Lapor Balik ke Polda Jambi Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH

Home / Meraingin

Rabu, 8 Maret 2023 - 12:06 WIB

Wabup Buka Forum Perangkat Daerah Bidang Pendidikan Kabupaten Merangin Tahun 2023

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin, menggelar kegiatan forum Perangkat Daerah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin tahun 2023, Rabu (8/3/2023) di ruang aula Kantor Dikbud Kabupaten Merangin.

Kegiatan tersebut dalam rangka sinkronisasi dan penyelarasan kegiatan prioritas pembangunan yang berasal dari hasil musrenbang bidang Pendidikan Kabupaten Merangin tahun 2023, dengan rancangan awal renja perangkat daerah tahun 2024, dan yang akan dijadikan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2024.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin H. Abdul Ghani melalui Pelaksana Tugas Muslim, Kepala Bappeda Merangin diwakilkan oleh Sekretaris Zainal, Sekretaris Kemenag Kab. Merangin, Para Kepala Bidang dan pejabat Fungsional Dikbud Merangin serta para camat dan tamu undangan lainnya.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin, H Abdul Gani melalui Plt Sekretaris Dinas dalam laporan Panitia menyampaikan tujuan dari penyelenggaran forum perangkat daerah bidang Pendidikan Kabupaten Merangin.

” Adapun tujuan dari kegiatan Forum Perangkat daerah bidang Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2023 ini, untuk mensinkronisasikan dan mensinergikan serta menyelaraskan program kegiatan musrenbang bidang pendidikan Kabupaten Merangin,” Lapornya.

Baca Juga  Penjelasan Kapolres Atas Tewasnya Kepala BPBD Merangin

Sementara Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, sebelum membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah Bidang Pendidikan itu, mengatakan Forum perangkat Daerah merupakan proses penyusunan kerja pembangunan daerah Kabupaten Merangin tahun 2024-2026 sebagaimana yang tertuang didalam amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor : 86 tahun 2017.

” Pendidikan adalah salah satu sektor prioritas pembangunan Kabupaten Merangin sebagaimana yang tertuang didalam rencana kerja Pembangunan jangka Panjang dan menengah pada tahun 2018-2023, pada misi ke Tiga dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing dengan meningkatkan akses mutu pendidikan,” ujarnya.

Keberhasilan pembangunan Pendidikan ditunjukkan dengan Indeks pembangunan manusia Kabupaten Merangin setiap tahunnya selalu meningkat.

” Pada tahun 2022 IPM Kabupaten Merangin sebesar 69,98 naik 0,25 Poin dari tahun 2021 yang berjumlah 69,53,” jelas Wabup.

Dalam Forum Perangkat daerah Bidang Pendidikan tersebut, wabup menegaskan untuk pemerataan pembangunan sarana dan prasarana sekolah yang ada di kabupaten Merangin, dimana Salah satu SD yang dibangun pada tahun 1980 hingga saat ini belum tersentuh rehap ringan maupun rehap berat.

Baca Juga  H. Mashuri : Gedung Kajari Nyaman Untuk Lansia

” Ini merupakan suatu perhatian dan tantangan bagi kita sebagai pemangku jabatan, kapan lagi kita akan meningkatan mutu pendidikan sementara sarana belum merata secara maksimal, menurut monev kami ini terdapat mis komunikasi antara pihak Sekolah dan Dinas Kabupaten, Artinya disatu sisi tenaga pendidik kita hanya mengutamakan Akreditasi dengan mengabaikan Sarana pembangunan yang ada,” lanjutnya.

Melalui forum itu, Nilwan beraharap kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin untuk melakukan perimbangan antara meningkatkan mutu pendidikan dan Akreditasi.

” Kalau mau meningkatkan mutu pendidikan, tentu sarana dan prasarana perlu diperhatikan, jangan kita selalu mementingkan Akreditasi saja, satu contoh disekolah perpustakaan tidak layak dalam laporan Akreditasi sudah di anggap layak, ruang Kepala sekolah juga, ini kan menjadi persoalan, Jadi saya berharap itu menjadi perhatian kita semua, tolong pilahkan mana yang menjadi peningkatan pendidikan dan mana yang Akreditasi,” harap wabup mengakhiri.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Hari Kedua Pansus DPRD Merangin Terus Berlanjut Bahas LKPJ Bersama OPD

Meraingin

Juniarti Nilwan dan Tim, Evaluasi Program Kerja TP. PKK Tabir Timur

Meraingin

Nilwan Yahya Buka Muscab Dewan Pimpinan Cabang Apdesi Merangin 2023

Meraingin

Mantan Lurah Mampun dan Mantan Kades Langling Bertekat Jadi Dewan Dari NasDem

Meraingin

Tim Antik Polres Merangin Ungkap 5 Kasus Tindak Pidana Narkoba Seberat 15,23 Gram

Meraingin

Al Haris Serahkan Sepeda Motor Ke Kades, Pj Bupati Merangin: Terimakasih Pak Gubernur

Meraingin

Seorang Pemuda Mengakhiri Hidupnya Dengan Bunuh Diri

Meraingin

GOR Merangin Sudah Seperti Bangunan Tua Belanda, DPRD Akan Panggil Disparpora