Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling  Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri 

Home / Berita

Kamis, 25 Mei 2023 - 08:58 WIB

Wabup Ikuti Virtual Sidang Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Geopark Merangin Ditetapkan Sebagai UGG

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Alhamdulillah setelah melalui perjuangan yang cukup panjang dan kerja keras semua pihak, Geopark Merangin lolos jadi UGG.

Hal ini dijelaskan Wabup Merangin Nilwan Yahya di dampingi General Manager Geopark Merangin Dr Agus Zainuddin secara virtual dari Gedung Bappeda itu, Geopark Merangin direkomendasikan UNESCO Global Geopark Council (UGGC) untuk diinskripsi sebagai UNESCO Global Geopark.

Geopark Merangin resmi ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG), dalam sidang Dewan Eksekutif UNESCO  di Paris, yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (24/5).

Geopark Merangin menjadi satu dari 18 UNESCO Global Geopark baru yang ditetapkan dalam sidang tersebut.

Baca Juga  Satreskrim Polres Tanjab Barat Razia Lapak Penjual Petasan 

Wabup menerangkan Geopark Merangin yang terletak di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin Provinsi Jambi, menjadi salah satu prioritas dalam pembahasan dan berhasil mendapatkan rekomendasi positif untuk dimasukan ke dalam daftar UGG.

UNESCO lanjut wabup, mengakui keberagaman geologis Geopark Merangin. Keberagaman tersebut termasuk lanskap, fosil, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik, serta evolusi bumi di Kabupaten Merangin.

Geopark Merangin juga dinilai memiliki keunikan tersendiri dengan adanya keterkaitan kuat antara aspek geologis, biologis dan budaya serta kearifan lokal masyarakat setempat.

Baca Juga  Sanggar Seni Pelito Mudo Kebun Sayur Bangko Kebakaran

‘’Harapan saya dengan penetapan ini, dapat memberi manfaat kepada masyarakat serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi khususnya masyarkat Kabupaten Merangin,’’pinta Wabup.

Penetapan Geopark Merangin sebagai UNESCO Global Geopark terang wabup, merupakan upaya bersama dari berbagai pemangku kepentingan, baik Pemerintah Pusat dan Daerah maupun akademisi, pemuda dan masyarakat lokal, khususnya dalam menyusun dokumen nominasi yang menggambarkan nilai-nilai universal, rencana pengelolaan, visibilitas dan jejaring kerja sama Geopark Merangin.

 

(Ote).
 

Share :

Baca Juga

Berita

Wabup,Dalam Menjalankan Tugas,Saya Adalah Pelayan Dan Bukan Majikan

Berita

Bupati dan Wabup Tanjab Barat Penen Raya Jahe Merah dan Peresmian UMKM

Berita

H Mukti Beri Semangat, Merangin FC Juara Grup Penyisihan Gubernur Cup 2024

Berita

Sebelum Terjadi Pembunuhan,Ini yang Di Lakukan Pelaku

Berita

Tiga Bulan Gaspol, H. Mukti Berhasil Pimpin Bagus Kabupaten Merangin

Berita

H Mukti Laporkan Bencana Banjir dan Longsor Ke Deputi BNPB Pusat Dalam Rakor

Berita

Sistem Pemilu Proporsional Tertutup Kembali Di tolak Partai Demokrat, AHY: Jangan Sampai Hak Rakyat Dirampas

Berita

Komisi lll DPRD Hearing Bersama DPUPR dan BPBD Merangin, Bahas Proyek SMI dan Bencana