Polres Tanjab Barat Amankan Dua Terduga Pelaku Curanmor  Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada

Home / Meraingin

Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:31 WIB

Kementerian LHK Support Pemkab Merangin Usulkan Geopark Naik Status UGG

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, sangat mensupport Pemkab Merangin, yang sudah mengusulkan Geopark Nasional Merangin-Jambi menaikan status, menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Hal tersebut dikatakan Drh Indra Exploitasia M Si, direktur konservasi keanekaragaman hayati spesies dan genetik Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KSAE) Kementerian LHK RI kepada Kominfo News, Selasa (11/10).

 ‘’Untuk mencapai UGG tentunya yang perlu diperhatikan, ada tiga aspek yang harus tetap diterapkan. Ketiga aspek itu,  aspek konservasi, aspek sosial ekonomi dan penelitian serta pendidikan,’’ujar Indra Exploitasia, usai bedah dossier geopark di Bappeda Merangin.

Ketiga aspek itu lanjut Indra Exploitasia, harus dikedepankan untuk mempertahankan Geopark Nasional Merangin-Jambi, tetap berjalan sebagaimana tiga aspek tersebut, sehingga tidak melenceng dari fungsinya.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin : Pengunaan Dana Desa 2024 Akan Didampingi APH

Selain itu tegas perempuan berambut ikal ini, komitmen diperlukan untuk meraih Geopark Global, sehingga statusnya tidak hanya sekedar menempel, tapi harus ditandai dengan penerapan berkelanjutan tiga hal itu.

‘’Bagaimana sumber daya manusia terwujud, sehingga bisa membuat Geopark Nasional Merangin-Jambi di mata internasional, menjadi satu geopark yang bisa mengangkat negara Indonesia,’’terang Indra Exploitasia.

Disamping itu jelasnya, tentunya regulasi dan kebijakan dalam memperkuat Geopark Nasional Merangin-Jambi. Untuk memenuhi kriteria itu tentunya dilihat oleh Tim Evaluator UGG.

‘’Kita akan coba bahwa tantangan-tantangan yang sedang dihadapi sekarang ini, bisa menjadi peluang untuk memperbaikinya dan ini tentunya merupakan kesempatan besar,’’papar Indra Exploitasia.

Baca Juga  Sertijab dan Pisah Sambut Kapolres Merangin Diawali dengan Gelar Apel Farewell Parade

Lebih lanjut dikatakannya, tantangan  yang terjadi dalam kawasan konservasi, tentunya harus dijadikan satu momen untuk memperbaiki, sehingga nanti ketika Geopark Nasional Merangin-Jambi sudah menjadi status UGG, sudah stabil dengan permasalahan-permasalahan yang sudah teratasi.

Ditanya apa saran untuk Geopark Nasional Merangin-Jambi? Indra Exploitasia menegaskan, nanti bila Geopark Merangin-Jambi lolos UGG, hendaknya status itu bukan hanya sekedar status.

‘’Pemerintah Daerah harus mendukung dan komitmen untuk tetap menjadikan UGG sebagai status yang dapat mengangkat harkat dan derajat Bangsa Indonesia, terutama masyarakaat lokal Kabupaten Merangin,’’pinta Indra Exploitasia.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Ternyata Pertanyaan Wartawan Cilik Sangat Berkelas Bagi Kapolres Merangin

Meraingin

SDN 299/VI Langling ll Kabupaten Merangin Butuh Rehab.

Meraingin

Pj Bupati Merangin Saksikan Pengukuhan Bunda Paud Kabupaten Merangin

Meraingin

Kedatangan PJ Bupati Merangin Disambut Secara Adat

Berita

Hasil Audit Inspektorat, Beberapa OPD Kembalikan Dana Refocusing Covid-19

Meraingin

Kabar Penundaan Presiden Jokowi Datang ke Merangin, Ini Alasannya

Meraingin

Layanan Vaksin P’Care TNI Terus Digenjot dan Berkelanjutan

Meraingin

BREAKING NEWS.. Warga Pulau Rayo Heboh Atas Penemuan Mayat Mengambang Di Sungai Merangin