Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat. Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan 

Home / Meraingin

Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:31 WIB

Kementerian LHK Support Pemkab Merangin Usulkan Geopark Naik Status UGG

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, sangat mensupport Pemkab Merangin, yang sudah mengusulkan Geopark Nasional Merangin-Jambi menaikan status, menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Hal tersebut dikatakan Drh Indra Exploitasia M Si, direktur konservasi keanekaragaman hayati spesies dan genetik Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KSAE) Kementerian LHK RI kepada Kominfo News, Selasa (11/10).

 ‘’Untuk mencapai UGG tentunya yang perlu diperhatikan, ada tiga aspek yang harus tetap diterapkan. Ketiga aspek itu,  aspek konservasi, aspek sosial ekonomi dan penelitian serta pendidikan,’’ujar Indra Exploitasia, usai bedah dossier geopark di Bappeda Merangin.

Ketiga aspek itu lanjut Indra Exploitasia, harus dikedepankan untuk mempertahankan Geopark Nasional Merangin-Jambi, tetap berjalan sebagaimana tiga aspek tersebut, sehingga tidak melenceng dari fungsinya.

Baca Juga  Wow..!! Satu Gol 3 Juta Rupiah Bonus Buat Merangin FC di Semifinal Gubenur Cup

Selain itu tegas perempuan berambut ikal ini, komitmen diperlukan untuk meraih Geopark Global, sehingga statusnya tidak hanya sekedar menempel, tapi harus ditandai dengan penerapan berkelanjutan tiga hal itu.

‘’Bagaimana sumber daya manusia terwujud, sehingga bisa membuat Geopark Nasional Merangin-Jambi di mata internasional, menjadi satu geopark yang bisa mengangkat negara Indonesia,’’terang Indra Exploitasia.

Disamping itu jelasnya, tentunya regulasi dan kebijakan dalam memperkuat Geopark Nasional Merangin-Jambi. Untuk memenuhi kriteria itu tentunya dilihat oleh Tim Evaluator UGG.

‘’Kita akan coba bahwa tantangan-tantangan yang sedang dihadapi sekarang ini, bisa menjadi peluang untuk memperbaikinya dan ini tentunya merupakan kesempatan besar,’’papar Indra Exploitasia.

Baca Juga  Saksikan Sore Ini, Pertandingan Sepak Bola Gubernur Cup 2023, Merangin FC Vs Tanjab Timur

Lebih lanjut dikatakannya, tantangan  yang terjadi dalam kawasan konservasi, tentunya harus dijadikan satu momen untuk memperbaiki, sehingga nanti ketika Geopark Nasional Merangin-Jambi sudah menjadi status UGG, sudah stabil dengan permasalahan-permasalahan yang sudah teratasi.

Ditanya apa saran untuk Geopark Nasional Merangin-Jambi? Indra Exploitasia menegaskan, nanti bila Geopark Merangin-Jambi lolos UGG, hendaknya status itu bukan hanya sekedar status.

‘’Pemerintah Daerah harus mendukung dan komitmen untuk tetap menjadikan UGG sebagai status yang dapat mengangkat harkat dan derajat Bangsa Indonesia, terutama masyarakaat lokal Kabupaten Merangin,’’pinta Indra Exploitasia.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Wow, Seriuskah?? Ketua Pansus Bilang Belum Ada Temuan Pada Refocusing Anggran Covid-19.

Meraingin

Kapolres Baru “Ngawani Ngopi” Para Insan Pers Merangin

Meraingin

GOR Merangin Sudah Seperti Bangunan Tua Belanda, DPRD Akan Panggil Disparpora

Infrastruktur

DPUPR Merangin Bergerak Cepat Atasi Box Yang Amblas

Meraingin

Rapat Satgas Covid-19 Dipimpin Langsung Oleh Plt. Bupati H. Mashuri

Meraingin

Pertama Kali, Wabup dan Sekda Naik Jeep Willyz Keliling Kota Bangko Bersama Tim Merangin FC

Meraingin

24 Camat Se – Kabupaten Merangin Ikuti Rakor Pertama Bersama Pj Bupati H Mukti Said

Meraingin

Nilwan ‘Acungkan Jempol’, Stunting Jambi Dibawah Standar Nasional