Truk Fuso Bermuatan Tanah Basecose Terguling di Tanjab Barat,Tiga Orang Meninggal Dunia  Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Jambi Demo Tolak RUU Penyiaran Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Tanjab Barat Buka Kegiatan Workshop GENREAKSI Bupati Anwar Sadat Pimpin Sidang GTRA  Secara Virtual Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakornas Wasin Pemerintah Tahun 2024

Home / Meraingin

Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:31 WIB

Kementerian LHK Support Pemkab Merangin Usulkan Geopark Naik Status UGG

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, sangat mensupport Pemkab Merangin, yang sudah mengusulkan Geopark Nasional Merangin-Jambi menaikan status, menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Hal tersebut dikatakan Drh Indra Exploitasia M Si, direktur konservasi keanekaragaman hayati spesies dan genetik Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KSAE) Kementerian LHK RI kepada Kominfo News, Selasa (11/10).

 ‘’Untuk mencapai UGG tentunya yang perlu diperhatikan, ada tiga aspek yang harus tetap diterapkan. Ketiga aspek itu,  aspek konservasi, aspek sosial ekonomi dan penelitian serta pendidikan,’’ujar Indra Exploitasia, usai bedah dossier geopark di Bappeda Merangin.

Ketiga aspek itu lanjut Indra Exploitasia, harus dikedepankan untuk mempertahankan Geopark Nasional Merangin-Jambi, tetap berjalan sebagaimana tiga aspek tersebut, sehingga tidak melenceng dari fungsinya.

Baca Juga 

Selain itu tegas perempuan berambut ikal ini, komitmen diperlukan untuk meraih Geopark Global, sehingga statusnya tidak hanya sekedar menempel, tapi harus ditandai dengan penerapan berkelanjutan tiga hal itu.

‘’Bagaimana sumber daya manusia terwujud, sehingga bisa membuat Geopark Nasional Merangin-Jambi di mata internasional, menjadi satu geopark yang bisa mengangkat negara Indonesia,’’terang Indra Exploitasia.

Disamping itu jelasnya, tentunya regulasi dan kebijakan dalam memperkuat Geopark Nasional Merangin-Jambi. Untuk memenuhi kriteria itu tentunya dilihat oleh Tim Evaluator UGG.

‘’Kita akan coba bahwa tantangan-tantangan yang sedang dihadapi sekarang ini, bisa menjadi peluang untuk memperbaikinya dan ini tentunya merupakan kesempatan besar,’’papar Indra Exploitasia.

Baca Juga  Meriah Hari Bhayangkara Ke-76, Polda Jambi Olahraga Bersama

Lebih lanjut dikatakannya, tantangan  yang terjadi dalam kawasan konservasi, tentunya harus dijadikan satu momen untuk memperbaiki, sehingga nanti ketika Geopark Nasional Merangin-Jambi sudah menjadi status UGG, sudah stabil dengan permasalahan-permasalahan yang sudah teratasi.

Ditanya apa saran untuk Geopark Nasional Merangin-Jambi? Indra Exploitasia menegaskan, nanti bila Geopark Merangin-Jambi lolos UGG, hendaknya status itu bukan hanya sekedar status.

‘’Pemerintah Daerah harus mendukung dan komitmen untuk tetap menjadikan UGG sebagai status yang dapat mengangkat harkat dan derajat Bangsa Indonesia, terutama masyarakaat lokal Kabupaten Merangin,’’pinta Indra Exploitasia.

Reporter : Ote.

Share :

Baca Juga

Meraingin

Apel Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Nilwan Ajak Masyarakat Kenang Jasa Para Pahlawan

Meraingin

H. Cek Endra Pimpin Rapat Forkopimda Kabupaten Sarolangun, Bahas Konflik Sosial

Meraingin

Hasbi Anshory Sosialisasikan 4 Pilar DPR MPR di Merangin

Meraingin

Kodim 0420/Sarko Terdepan Layani Suntikan Dosis Vaksin Untuk Masyarakat Dalam Serbuan Vaksinasi

Meraingin

Kursi DPRD Provinsi Jambi Bakal Diduduki 5 Putra Merangin, Ini Nama-namanya

Meraingin

HUT Merangin Ke 72, Balitbang Gelar Even Kopi Korner 2021

Meraingin

Admin Elsimil dan TPK Sebagai Ujung Tombak’ Penurunan Stunting, Wabup Beri Penghargaan

Meraingin

Warga Dusun Bangko Bangga Al Haris Satu-satunya Calon Gubernur Jambi Dari Merangin