Sekda Tanjab Barat Buka Secara Resmi Edukasi dan Penyuluhan Pelaporan SPT Tahunan Wabup Hairan Ikuti Wawancara Penilaian Penghargaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022 Bupati Tanjab Barat Gelar Pertemuan Virtual Terkait Percepatan Penurunan Stunting Ketua DPRD Tanjab Barat Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Betara Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat Kunker Lapas II B Kuala Tungkal

Home / Meraingin

Selasa, 18 Oktober 2022 - 18:13 WIB

TPPS Merangin Gelar Rapat TA Percepatan Penurunan Stunting

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Tujuh aksi konvergensi stunting sudah tuntas dilaksanakan oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Merangin 2022. Semua mesti bergerak lebih cepat, lebih proaktif dan lebih inovatif lagi, agar target penurunan stunting bisa tercapai.

Hal tersebut ditegaskan Sekda Merangin Fajarman, saat membuka rapat Technical Assistant (TA) percepatan penurunan stunting, bersama mitra kerja tingkat kabupaten dan monitoring evaluasi oleh TPPS provinsi di Merangin 2022, Selasa (18/10).

‘’Terimakasih kepada semua yang terlibat dalam TPPS, yang sudah bekerja dengan baik, sehingga tujuh aksi konvergensi stunting tuntas dilaksanakan,’’ujar Fajarman pada rapat yang berlangsung di Pola Utama kantor bupati Merangin tersebut.

Ketujuh aksi itu jelas Sekda, Aksi I terkait analisis situasi, dimana telah diterbitkannya SK TPPS Kabupaten Merangin. Dari 215 desa/kelurahan dalam Kabupaten Merangin, sudah ditetapkan sebanyak 39 desa lokus stunting.

Aksi II terkait rencana kegiatan, dimana TPPS Kabupaten Merangin telah melaksanakan program kegiatan terintegrasi ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran, OPD teknis, khususnya RKPD dan rencaana kerja OPD.

Baca Juga  Maulid Nabi di Dusun Bangko Hadirkan Ustadz Alumni Ponpes Kalimantan Selatan

Untuk Aksi III terkait Rembuk Stunting juga sudah dilaksanakan, dimana semua stakeholder berkomitmen melaksanakan percepatan penurunan stuting dengan sumber penggarapan kegiatan penanganan stunting bersumber dari APBN, APBD, APBDes dan sumber dana lainnya.

Sedangkan Aksi IV terkait Peraturan Bupati tentang peran desa intervensi stunting, telah ditetapkan peraturan bupati Merangin nomor 91 tahun 2022 tentang percepatan pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Merangin.

Tidak hanya itu, pada aksi IV tersebut, TPPS Kabupaten Merangin juga telah menerbitkan keputusan bupati Merangin nomor 392/DPPKB/2022, tentang Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Merangin.

Aksi V terkait pembinaan pelaku dan Pemerintahan desa/kelurahan, telah dilakukan penurunan stunting tingkat desa/kelurahan.  Aksi VI terkait sistem manajemen data, telah dilakukan identifikasi kebutuhan data, pengumpulan data hingga pemanfaatan data untuk memastikan adanya informasi yang akurat dan mutakhir.

Baca Juga  Kejuaraan #DBON IGORNAS Jambi di Merangin Resmi Ditutup

Pada Aksi VII tentang pengukuran dan publikasi stunting, juga telah dilakukan pengukuran pertumbuhan dan perkembangan serta mengelola penyimpanan data pengukuran pertumbuhan dan perkembangan.

‘’Selain itu pada aksi tujuh ini, juga akan dikakukan publkasi stunting dalam skala layanan kabupatan, kecamatan dan desa yang rencananya baru akan dilakukan pada Novembar 2022 mendatang,’’jelas Sekda.

Pada rapat tersebut dilakukan paparan ‘Strategi percepatan penurunan stunting’ oleh Kepala Bappeda Merangin selaku Wakil Ketua II TPPS Kabupaten Merangin, diwakili Lidya Gusmalita, kabid Sosbud Bappeda Merangin.

Dipenghujung rapat dilakukan dialog bersama stokeholder terkait dan beberapa orang dari TPPS Jambi, Sri Banun Saragih, David, Ade Irwansyah, Rifglyati, Muldasman dan Yulis Susatra.

Reporter : Ote

Share :

Baca Juga

Meraingin

Pengurus TP – PKK Kecamatan Pangkalan Jambu Dilantik Hj. Nurhaida Mashuri

Meraingin

Akhirnya Fajarman Dilantik Bupati Merangin Sebagai Sekda Difinitif

Meraingin

Ngopi Bareng Penuh Keakraban, Bupati Batang Hari  dan Wakil Bupati Merangin di Bufet Sianio Bangko

Meraingin

Kapolres Merangin Lepas Keberangkatan Tim Penyaluran Bansos Polda Jambi

Meraingin

Meskpun Putusan MK Hari Ini, H. Al Haris Tetap Fokus Bekerja di Merangin

Meraingin

Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0420/Sarko Bagikan Takjil Gratis

Meraingin

Bacaleg NasDem Merangin Pastikan Serius Maju di Pileg 2024

Meraingin

Kabupaten Merangin Pertama Kali Gunakan Aplikasi Anjab