Kapolres Bungo Pimpin Upacara Pemberian Reward Penghargaan 4 Pilar Di Halaman Mapolres Izhar Majid Siap Perebutkan Kursi Wakil Bupati Merangin Vaksinasi Masal DPRD Tanjab Barat, H. Abdullah: Masyarakat Sangat Antusias Hasbi Anshory Turut Berduka Atas Wafatnya Anggota DPR RI Percha Leanpuri Politisi NasDem Terpapar Covid 19, Pelayanan IGD RSUD KH Daud Arif dan Puskesmas Pijoan Baru Tutup Sementara

Home / Meraingin / DPRD

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 12:00 WIB

M. Yani: Kelompok Lepani Kemas Pembudidaya Ikan Desa Mentawak Butuh Penyluhan

 

MERANGIN-BULENONnews.com. Kelompok budidaya Ikan Air Tawar “Lepani Kemas” Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin Jambi, sangat membutuhkan bimbingan dan penyuluhan secara teknis dan teori membudidaya ikan yang baik.

Usai Reses Anggota Dewan Kabupaten Merangin Muhammad Yani dan Hasan Jalil berkunjung ke lokasi kolam kelompok di Desa Mentawak, diketahui Kelompok Lepani dengan Swadaya sudah membangun 50 Kolam ikan Air tawar selama 1,5 tahun yang lalu, dengan luas lahan 1 Ha.

Baca Juga  H Mashuri Sambut Jabatan PLT Bupati Merangin Dari H Al Haris Gubernur Jambi

Dari 50 kolam tersebut hingga saat ini belum menghasilkan ikan yang untuk dipasarkan terkendala oleh pasilitas Air dan minim ilmu pengetahuan secara teknis yang dimiliki.

Ketua Kelompok Budidaya ikan Air Desa mentawak, Komar berharap adanya penyuluhan dan bimbingan teknis cara membudidaya ikan yang benar, sehingga Kolam kelompok bisa menghasilkan dan dapat dikomersil seperti kelompok Desa yang lain.

” Hingga saat ini kita hanya satu kali kami dapat bantuan benih ikan Mas dari pemerintah, dari sekian ribu hampir 90 persen gagal,” papar Komar.

Baca Juga  Plt Bupati Beri Sambutan Dalam Virtual Do'a Tolak Bala Bersama Kementerian Agama Merangin

” Karena minimnya pengetahuan yang kami punyai dan kurangnya pasokan air serta pakan, mengakibatkan kelompok mengalami gagal panen.

Dalam kunjungan kerja usai reses Muhammad Yani menuturkan,” Dari hasil Diskusi kami bersama kelompok, mereka mengharapkan bantuan pembinaan Pemerintah dalam hal teknis pemgelolaan budidaya ikan, supaya kelompoknya lebih maju,” ujarnya

Baca Juga  Timbunan Jembatan Tergerus dan Bepotensi Pendangkalan, Bupati Segera Cek Lokasi

Kalau kita lihat sambung Yani,” Semangat kelompok, Kades dan ketua BPD mereka sangat serius untuk pengembangan budidaya ikan ini, nanti kita sampaikan ke Komisi 2 kita juga berharap kepada pemerintah untuk memberi pembinaan secara teknis maupun Tata kelola Administrasi, karena pasilitas sudah ada, mengingat ketersediaan kebutuhan ikan di Merangin sangat minim,” Pungkas politisi NasDem ini.

Penulis/Editor: Ote. 

Share :

Baca Juga

Meraingin

H Mashuri Beri Apresiasi Kepada OPD Atas Perolehan Penghargaan KLA 2021

Meraingin

M. Yani dan Hasan Jalil Didampingi Abu Bakar Tinjau Usaha Produksi Marning Jagung di Mentawak

Meraingin

Ayah Cabuli Anak Tirinya Selama Setahun

Meraingin

Penyertaan Modal Bank 9 Jambi Bangko 54 M, Berapa Rupiah Deviden Yang Kembali Ke Pemkab?

Meraingin

Pemilik RM Palanta Sutan Bantah Tidak Bayar Pajak Ke Pemkab Merangin

Meraingin

Izhar Majid Ketua Komisi ll Prov. Jambi Hadiri Kunker Gubernur di Merangin

Meraingin

Ini Pengakuan Pelaku Nekad Merampok Toke Pinang di Desa Sungai Gebar

Meraingin

Dalam Satu Hari Dua Korban Hanyut di Sungai Merangin Ditemukan