Pembelian Mesin Pompong Tidak Melalui E Katalog, Panitia Beralasan Waktu Mepet Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Tanjab Barat Mengalami Penurunan Tiap Tahun Belasan PNS di Tanjab Barat Ajukan Cerai,Apa Saja Faktornya Rangkaian Peringatan Hari Guru, SMAN 1 Tanjab Barat Gelar Expo 2022 Wabup Hairan Tutup MTQ Ke-50 di Desa Suak Labu

Home / DPRD / Meraingin

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 12:00 WIB

M. Yani: Kelompok Lepani Kemas Pembudidaya Ikan Desa Mentawak Butuh Penyluhan

 

MERANGIN-BULENONnews.com. Kelompok budidaya Ikan Air Tawar “Lepani Kemas” Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin Jambi, sangat membutuhkan bimbingan dan penyuluhan secara teknis dan teori membudidaya ikan yang baik.

Usai Reses Anggota Dewan Kabupaten Merangin Muhammad Yani dan Hasan Jalil berkunjung ke lokasi kolam kelompok di Desa Mentawak, diketahui Kelompok Lepani dengan Swadaya sudah membangun 50 Kolam ikan Air tawar selama 1,5 tahun yang lalu, dengan luas lahan 1 Ha.

Dari 50 kolam tersebut hingga saat ini belum menghasilkan ikan yang untuk dipasarkan terkendala oleh pasilitas Air dan minim ilmu pengetahuan secara teknis yang dimiliki.

Baca Juga  Kapolsek Bangko Beri Pembinaan Kepada Siswa-siswi SMAN 1 Merangin

Ketua Kelompok Budidaya ikan Air Desa mentawak, Komar berharap adanya penyuluhan dan bimbingan teknis cara membudidaya ikan yang benar, sehingga Kolam kelompok bisa menghasilkan dan dapat dikomersil seperti kelompok Desa yang lain.

” Hingga saat ini kita hanya satu kali kami dapat bantuan benih ikan Mas dari pemerintah, dari sekian ribu hampir 90 persen gagal,” papar Komar.

” Karena minimnya pengetahuan yang kami punyai dan kurangnya pasokan air serta pakan, mengakibatkan kelompok mengalami gagal panen.

Baca Juga  Polres Merangin Panggil Sejumlah Pejabat Dinas Kesehatan

Dalam kunjungan kerja usai reses Muhammad Yani menuturkan,” Dari hasil Diskusi kami bersama kelompok, mereka mengharapkan bantuan pembinaan Pemerintah dalam hal teknis pemgelolaan budidaya ikan, supaya kelompoknya lebih maju,” ujarnya

Kalau kita lihat sambung Yani,” Semangat kelompok, Kades dan ketua BPD mereka sangat serius untuk pengembangan budidaya ikan ini, nanti kita sampaikan ke Komisi 2 kita juga berharap kepada pemerintah untuk memberi pembinaan secara teknis maupun Tata kelola Administrasi, karena pasilitas sudah ada, mengingat ketersediaan kebutuhan ikan di Merangin sangat minim,” Pungkas politisi NasDem ini.

Penulis/Editor: Ote. 

Share :

Baca Juga

Meraingin

Apel Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Nilwan Ajak Masyarakat Kenang Jasa Para Pahlawan

Meraingin

Hari Pahlawan 2022 Wabup Merangin dan Forkopimda Tabur Bunga di Makam Pahlawan

DPRD

DPRD Gelar Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Ke 56

Meraingin

H. Cek Endra Pimpin Rapat Forkopimda Kabupaten Sarolangun, Bahas Konflik Sosial

Meraingin

25 Nama Pejabat Yang Dilantik Perdana Oleh H. Mashuri Hari Ini

Meraingin

Plt Bupati Merangin Buka Rapat Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi SAKIP Tahun 2021

Meraingin

H. Mashuri Meradang Saat Sidak Kelokasi PETI Desa Lubuk Bumbun

Meraingin

Kuliah Umum Bersama Hasbi Anshory Anggota DPR RI di STIH Bangko.