Nah,, Oknum Kepsek Masuk Daftar DPO Polres Tanjab Barat  SMPN 2 Kuala Tungkal Gelar Acara Pelepasan 177 Siswa Siswi Kelas IX Bupati Anwar Sadat Hadiri Diklat Revolusi Mental Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia  Wabup Tanjab Barat hadiri Halal Bihalal APDESI Provinsi Jambi Wabup Harian Hadiri Acara Pra Penilaian Kinerja Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Home / DPRD / Meraingin

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 12:00 WIB

M. Yani: Kelompok Lepani Kemas Pembudidaya Ikan Desa Mentawak Butuh Penyluhan

 

MERANGIN-BULENONnews.com. Kelompok budidaya Ikan Air Tawar “Lepani Kemas” Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin Jambi, sangat membutuhkan bimbingan dan penyuluhan secara teknis dan teori membudidaya ikan yang baik.

Usai Reses Anggota Dewan Kabupaten Merangin Muhammad Yani dan Hasan Jalil berkunjung ke lokasi kolam kelompok di Desa Mentawak, diketahui Kelompok Lepani dengan Swadaya sudah membangun 50 Kolam ikan Air tawar selama 1,5 tahun yang lalu, dengan luas lahan 1 Ha.

Dari 50 kolam tersebut hingga saat ini belum menghasilkan ikan yang untuk dipasarkan terkendala oleh pasilitas Air dan minim ilmu pengetahuan secara teknis yang dimiliki.

Baca Juga  Babinsa Koramil 420-08/Tabir Sosialisasikan Penerimaan Prajurit TNI AD Ke Siswa Sekolah

Ketua Kelompok Budidaya ikan Air Desa mentawak, Komar berharap adanya penyuluhan dan bimbingan teknis cara membudidaya ikan yang benar, sehingga Kolam kelompok bisa menghasilkan dan dapat dikomersil seperti kelompok Desa yang lain.

” Hingga saat ini kita hanya satu kali kami dapat bantuan benih ikan Mas dari pemerintah, dari sekian ribu hampir 90 persen gagal,” papar Komar.

” Karena minimnya pengetahuan yang kami punyai dan kurangnya pasokan air serta pakan, mengakibatkan kelompok mengalami gagal panen.

Baca Juga  DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Pertama Penyampaian 2 Raperda Inisiatif dan Pendatangan Propemperda

Dalam kunjungan kerja usai reses Muhammad Yani menuturkan,” Dari hasil Diskusi kami bersama kelompok, mereka mengharapkan bantuan pembinaan Pemerintah dalam hal teknis pemgelolaan budidaya ikan, supaya kelompoknya lebih maju,” ujarnya

Kalau kita lihat sambung Yani,” Semangat kelompok, Kades dan ketua BPD mereka sangat serius untuk pengembangan budidaya ikan ini, nanti kita sampaikan ke Komisi 2 kita juga berharap kepada pemerintah untuk memberi pembinaan secara teknis maupun Tata kelola Administrasi, karena pasilitas sudah ada, mengingat ketersediaan kebutuhan ikan di Merangin sangat minim,” Pungkas politisi NasDem ini.

Penulis/Editor: Ote. 

Share :

Baca Juga

Meraingin

Samsul Ahyar Keberatan Jika Dua Kecamatan di Jangkat Dikategorikan Miskin Ekstrim

Meraingin

Lagi, Satres Narkoba Polres Merangin Ringkus Bandar Sabu

DPRD

Dewan Kembali Fasilitasi Korban Kebakaran Duduk Bersama Dengan Pj Sekda dan OPD Merangin

Meraingin

Akhirnya Fajarman Dilantik Bupati Merangin Sebagai Sekda Difinitif

DPRD

DPRD Tanjab Barat Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Raperda Perubahan APBD

Meraingin

H Mashuri Launching Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Meraingin

Safari Jumat Berkah, H Mashuri Santuni Warga Penyandang Disabilitas dan Janda Tua

Meraingin

Wabup Merangin Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi