DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat. Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling 

Home / DPRD / Meraingin

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 12:00 WIB

M. Yani: Kelompok Lepani Kemas Pembudidaya Ikan Desa Mentawak Butuh Penyluhan

 

MERANGIN-BULENONnews.com. Kelompok budidaya Ikan Air Tawar “Lepani Kemas” Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin Jambi, sangat membutuhkan bimbingan dan penyuluhan secara teknis dan teori membudidaya ikan yang baik.

Usai Reses Anggota Dewan Kabupaten Merangin Muhammad Yani dan Hasan Jalil berkunjung ke lokasi kolam kelompok di Desa Mentawak, diketahui Kelompok Lepani dengan Swadaya sudah membangun 50 Kolam ikan Air tawar selama 1,5 tahun yang lalu, dengan luas lahan 1 Ha.

Dari 50 kolam tersebut hingga saat ini belum menghasilkan ikan yang untuk dipasarkan terkendala oleh pasilitas Air dan minim ilmu pengetahuan secara teknis yang dimiliki.

Baca Juga  Rangkaian Peringati HUT RI Ke 78,DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI 

Ketua Kelompok Budidaya ikan Air Desa mentawak, Komar berharap adanya penyuluhan dan bimbingan teknis cara membudidaya ikan yang benar, sehingga Kolam kelompok bisa menghasilkan dan dapat dikomersil seperti kelompok Desa yang lain.

” Hingga saat ini kita hanya satu kali kami dapat bantuan benih ikan Mas dari pemerintah, dari sekian ribu hampir 90 persen gagal,” papar Komar.

” Karena minimnya pengetahuan yang kami punyai dan kurangnya pasokan air serta pakan, mengakibatkan kelompok mengalami gagal panen.

Baca Juga  Hari Ini, 364 Paket Sembako Dibagikan Nilwan Yahya Ke Panti Jompo, Anak Yatim dan Pesantren

Dalam kunjungan kerja usai reses Muhammad Yani menuturkan,” Dari hasil Diskusi kami bersama kelompok, mereka mengharapkan bantuan pembinaan Pemerintah dalam hal teknis pemgelolaan budidaya ikan, supaya kelompoknya lebih maju,” ujarnya

Kalau kita lihat sambung Yani,” Semangat kelompok, Kades dan ketua BPD mereka sangat serius untuk pengembangan budidaya ikan ini, nanti kita sampaikan ke Komisi 2 kita juga berharap kepada pemerintah untuk memberi pembinaan secara teknis maupun Tata kelola Administrasi, karena pasilitas sudah ada, mengingat ketersediaan kebutuhan ikan di Merangin sangat minim,” Pungkas politisi NasDem ini.

Penulis/Editor: Ote. 

Share :

Baca Juga

DPRD

Super Hebat !, Rancangan Perubahan KUA PPAS Merangin 2021, DPRD Berpacu Dengan Waktu

DPRD

Peringati Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tanjabbar, DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna

Meraingin

BPPRD Merangin Optimis PAD 2020 tercapai 100%

DPRD

Anggota DPRD Dari Fraksi PDI-P Tanjab Barat Berikan Bantuan Korban Kebakaran

DPRD

Ketua DPRD Tanjab Barat Serap Aspirasi Masyarakat Desa Pematang Buluh

Meraingin

Terpantau..Hari Ini 18 Eksavator Masih Beroperasi Dilokasi PETI Wilyah Tabir Ulu

Meraingin

Persiapan Perayaan HUT Merangin Ke- 73 Sudah 95 Persen

Meraingin

Bupati Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2023