Polres Tanjab Barat Amankan Dua Terduga Pelaku Curanmor  Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada

Home / DPRD / Meraingin

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 12:00 WIB

M. Yani: Kelompok Lepani Kemas Pembudidaya Ikan Desa Mentawak Butuh Penyluhan

 

MERANGIN-BULENONnews.com. Kelompok budidaya Ikan Air Tawar “Lepani Kemas” Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin Jambi, sangat membutuhkan bimbingan dan penyuluhan secara teknis dan teori membudidaya ikan yang baik.

Usai Reses Anggota Dewan Kabupaten Merangin Muhammad Yani dan Hasan Jalil berkunjung ke lokasi kolam kelompok di Desa Mentawak, diketahui Kelompok Lepani dengan Swadaya sudah membangun 50 Kolam ikan Air tawar selama 1,5 tahun yang lalu, dengan luas lahan 1 Ha.

Dari 50 kolam tersebut hingga saat ini belum menghasilkan ikan yang untuk dipasarkan terkendala oleh pasilitas Air dan minim ilmu pengetahuan secara teknis yang dimiliki.

Baca Juga  DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Terhadap Raperda Tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023

Ketua Kelompok Budidaya ikan Air Desa mentawak, Komar berharap adanya penyuluhan dan bimbingan teknis cara membudidaya ikan yang benar, sehingga Kolam kelompok bisa menghasilkan dan dapat dikomersil seperti kelompok Desa yang lain.

” Hingga saat ini kita hanya satu kali kami dapat bantuan benih ikan Mas dari pemerintah, dari sekian ribu hampir 90 persen gagal,” papar Komar.

” Karena minimnya pengetahuan yang kami punyai dan kurangnya pasokan air serta pakan, mengakibatkan kelompok mengalami gagal panen.

Baca Juga  Wabup Merangin Hadri Pembukaan MTQ Provinsi Jambi Ke-52 di Sarolangun

Dalam kunjungan kerja usai reses Muhammad Yani menuturkan,” Dari hasil Diskusi kami bersama kelompok, mereka mengharapkan bantuan pembinaan Pemerintah dalam hal teknis pemgelolaan budidaya ikan, supaya kelompoknya lebih maju,” ujarnya

Kalau kita lihat sambung Yani,” Semangat kelompok, Kades dan ketua BPD mereka sangat serius untuk pengembangan budidaya ikan ini, nanti kita sampaikan ke Komisi 2 kita juga berharap kepada pemerintah untuk memberi pembinaan secara teknis maupun Tata kelola Administrasi, karena pasilitas sudah ada, mengingat ketersediaan kebutuhan ikan di Merangin sangat minim,” Pungkas politisi NasDem ini.

Penulis/Editor: Ote. 

Share :

Baca Juga

Meraingin

Nilwan Yahya Ketua TPPS, Bakal tampil sebagai pembicara Best Practice di BKKBN Pusat

DPRD

DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Ke ll KUA dan PPAS Tahun 2022

Meraingin

Wabup Merangin Berangkatkan Kafilah Merangin Ke MTQ Prov. Jambi Ke 52 di Sarolangun

Meraingin

Dinas Perikanan Bantu Pasarkan Ikan Kelompok Pembudidaya Ikan Merangin

Meraingin

Nilwan Yahya Buka Turnamen Voly Ball Cipalima Club Desa Tambang Emas

DPRD

Ketua DPRD Tanjab Barat Bacakan Naskah BKRD di HUT Provinsi Jambi ke-66

Meraingin

H. Aspan: Proyek Jembatan APBN Desa Sungai Ulak Masih Terkendala

Meraingin

SDN 299/VI Langling ll Kabupaten Merangin Butuh Rehab.