Ketua DPRD Tanjab Barat Tampung Aspirasi Dua Desa di Kecamatan Betara Ketua DPRD Tanjab Barat Serap Aspirasi Masyarakat Desa Serdang Jaya Komisi III DPRD Tanjab Barat Panggil Sejumlah Pihak Terkait Jembatan Parit Gompong DPRD Tanjab Barat Akan Gelar 1000 Dosis Vaksinasi Untuk Masyarakat Ketua DPRD Tanjab Barat Apresiasi Serbuan Vaksin Kodim 0419/Tanjab

Home / Berita

Kamis, 12 Agustus 2021 - 10:32 WIB

Bupati dan Wabup Tanjab Barat Penen Raya Jahe Merah dan Peresmian UMKM

 

Tanjab Barat-Bulenonnews.com. Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat dan Wabup Hairan serta bersama Ketua TP PKK Hj. Fadhilah Sadat melakukan Panen Raya Jahe Merah sekaligus Peresmian UMKM di Desa Sungai Muluk, Kecamatan Muara Papalik, Rabu (11/08/21).

Alam Desa Sungai Muluk memang sangat ideal untuk ditanami jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum). Jahe yang dipanen sebanyak 2500 polybek merupakan tanam atau budidaya ibu-ibu PKK Desa Sungai Muluk yang dibudidaya di rumah-rumah dalam pot karung-karung.

Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat sangat mengapresiasi inisiatif ibu-ibu PKK dan masyarakat Desa Sungai Muluk memgembangkan tanaman jahe merah tersebut.

Baca Juga  Susana Lebaran Polres Merangin Beri Bingkisan Kepada Petugas dan Pasien Covid-19 RSD Kol. Abundjani Bangko

“Saya mewakili pemerintah daerah memberikan selamat kepada masyarakat Desa Sungai Mulik atas panen hari ini. Mudahan ini menjadi cikal bakal menjadi desa yang simbolnya jahe merah,” tutur Bupati dalam sambutannya.

Menurut Bupati apa yang dilakukan ibu-ibu Desa Sungai Muluk perlu dijadikan contoh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati menyebutkan, Jahe tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, namun juga memberikan manfaat bagi kesehatan, terlebih jika dikonsumsi secara rutin dan teratur dapat menjadi sumber anti oksidan, anti peradangan serta dapat meningkatkan imun tubuh.
Bahkan menjadi bahan obatan-obatan yang dipakai oleh Bioparma.

Bupati Anwar Sadat berharap agar pengembangan tanaman jahe ini terus dikembangkan. Sehingga nantinya terbuka kesempatan petani mampu bersaing dan hidupnya lebih sejahtera.

Baca Juga  Apel Pagi,Kapolres Pimpin Penekanan Pembangunan ZI WBK Menuju WBBM Personil Polres Tanjabbar

“Mudahan panen jahe ini bisa mencukupi perekonomian masyarakat sekitar,” ucap Bupati.

“Insa allah kedepannya jahe merah ini kita akan jadikan minuman khas dirumah dinas bupati. Saya selalu mengatakan small is beautiful, kalau yang kecil itu kita lakukan dengan pintar, kreatif dan inovatif maka akan menjadi besar,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Camat Muara Papalik Joan Prayuda mengatakan bahwa jahe yang dibudidaya PKK warga Sungai Muluk jenis jahe merah bibit lokal dari Parit Tomo, Kecamatan Betara yang awal bidudayanya dipromotor oleh Kades Sungai Muluk Bapak Trimanto.

Baca Juga  H. Maahuri Salurkan Bantuan Tali Asih

“Jahe yang dipanen Pak Bupati hari ni lebih kurang 2500 ratus polybag,” kata Camat.

Untuk penjualan saat ini sudah ditampung oleh PT. Akar Emas Semesta (AES) serta online. Bahkan kata Camat, jahe yang dibudidaya ini telah diambil sampelnya oleh PT. Sidomuncul.

“Rencana kededepan akan dikembangkan juga jahe varian baru Akar Mas Semesta (AES),” katanya.

Usai melakukan simbilis panen, Bupati dan rombongan kunjungi sentra pemgolahan bubuk jahe.

Turut hadir Sekda H. Agus Sanusi, Para Asisten, Kepala OPD, Camat Muara Papalik, Kades Sungai Mukuk dan Oengurus TP PKK kecamatan dan desa Kecamatan Muara Papalik.

Penulis/Amir/Editor: Amir/Ote.

Share :

Baca Juga

Berita

Ngabuburit Ala Remaja Masjid Jami’ Dusun Bangko Dengan Berbagi Tak’jil

Berita

Muhammad Yani Bagikan Sembako Usai Reses Empat Anggota Dewan di Sei. Putih

Berita

Buapti Safrial Absen Dalam Rapat Paripurna Tanjabbarat,Mukhtar Berharap Bukan Karena Ketok Palu

Berita

Wabup Lakukan Pembekalan Kades dan BPD

Berita

Sebelum Terjadi Pembunuhan,Ini yang Di Lakukan Pelaku

Berita

Hasil Audit Inspektorat, Beberapa OPD Kembalikan Dana Refocusing Covid-19

Berita

Ngopi Manis Ala Kapolres Tanjabbarat Undang Instansi Dan Relawan Karhutla Dengan KopTan

Berita

KH. Zainal Abidin Mantan Ketua MUI Sarolangun Tutup Usia