Pembelian Mesin Pompong Tidak Melalui E Katalog, Panitia Beralasan Waktu Mepet Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Tanjab Barat Mengalami Penurunan Tiap Tahun Belasan PNS di Tanjab Barat Ajukan Cerai,Apa Saja Faktornya Rangkaian Peringatan Hari Guru, SMAN 1 Tanjab Barat Gelar Expo 2022 Wabup Hairan Tutup MTQ Ke-50 di Desa Suak Labu

Home / Bisnis

Minggu, 12 Juni 2022 - 18:02 WIB

Yuk, Lakukan 6 Cara Ini untuk Promosi Bisnis di Instagram!

https://www.pexels.com/id-id/foto/tampilan-jarak-dekat-dari-ponsel-pintar-248533/

https://www.pexels.com/id-id/foto/tampilan-jarak-dekat-dari-ponsel-pintar-248533/

Instagram saat ini jadi salah satu media sosial paling populer di berbagai negara. Tak hanya digunakan untuk bersenang-senang dan mengunggah foto, Instagram juga cocok dipakai sebagai media promosi.

Promosi bisnis lewat Instagram ternyata cukup efektif dan bisa meningkatkan angka penjualan secara optimal. Yuk, cari tahu seperti apa cara promosi yang tepat lewat media satu ini!

6 Cara Promosi di Instagram untuk Menaikkan Penjualan

Saat ini Instagram memang sudah mengembangkan banyak fitur untuk keperluan promosi. Apalagi sekarang ada banyak pelaku bisnis online yang menggunakan Instagram sebagai media jualan. Agar hasilnya optimal, berikut adalah 6 cara promosi yang bisa diterapkan lewat Instagram:

1. Buat Konten Foto dan Video

Langkah pertama, tentu Anda harus menyediakan konten foto dan video yang menarik. Promosi lewat Instagram dilakukan dengan media foto dan video. Usahakan untuk mengambil foto dan video dengan kualitas yang bagus.

Paling tidak konten-konten tersebut harus bisa menampilkan produk dengan jelas, jika memang yang dipromosikan adalah produk fisik. Saat membuat konten foto maupun video, Anda sebaiknya membuat persiapan yang matang.

Hal tersebut dilakukan agar konten promosi lebih menarik, maka buatlah konsep terlebih dahulu. Cari tema yang paling cocok dan sedang tren saat ini. Langkah tersebut akan membantu konten promosi Anda jadi lebih efektif.

2. Tuliskan Caption yang Lengkap dan Menarik

Saat mengunggah konten promosi ke feed Instagram, cobalah untuk menulis caption yang lengkap dan menarik. Ini sangat penting karena menjadi salah satu daya tarik bagi audiens saat melihat sebuah konten.

Kata-kata promosi di Instagram tidak hanya harus menarik, tapi juga informatif sehingga audiens bisa tahu produk yang dipromosikan dengan jelas. Satu lagi bagian penting yang harus ada pada caption adalah hashtag.

Sertakan hashtag untuk memperluas jangkauan audiens dari konten promosi tersebut. Hashtag yang dipakai harus relevan dengan konten. Misalnya untuk produk baju maka bisa dibuat hashtag #bajukekinian #bajuhijabersmodis #bajumodis dan lain sebagainya.

3. Manfaatkan Instagram Story

Promosi bisnis lewat Instagram bisa dilakukan melalui berbagai cara. Tak hanya dengan mengunggah konten melalui feed, namun juga bisa melalui fitur Instagram Story. Fitur ini memungkinkan Anda mengunggah foto maupun video singkat yang hanya tayang selama 24 jam.

Banyak sekali online shop yang memanfaatkan fitur Instagram story sebagai media promosi. Selain terasa praktis, fitur ini juga ternyata banyak di favoritkan oleh banyak orang.

Sebab, banyak pengguna Instagram yang lebih suka mengecek timeline story daripada timeline feed. Sebagai pengguna Instagram, Anda juga pasti sering melihat contoh promosi di Instagram yang menggunakan fitur story seperti ini.

4. Buat Jadwal Posting

Cobalah untuk membuat jadwal posting konten promosi. Ini penting agar akun tidak di-banned karena terlalu banyak membuat postingan. Selain itu, penjadwalan konten juga penting untuk menarik perhatian konsumen.

Jika konten diunggah tanpa jadwal dan tidak beraturan maka estetikanya juga pasti akan berkurang. Waktu posting juga akan berpengaruh pada efektivitas konten. Sebaiknya unggah konten di waktu-waktu yang efektif. Misalnya antara jam 11 dan jam 1 dimana orang-orang sedang istirahat makan siang dan bisa membuka Instagram.

Cukup direkomendasikan juga untuk mengunggah konten di Instagram setelah jam 8 sore karena ini waktunya orang-orang istirahat setelah beraktivitas. Peluang mereka membuka Instagram jauh lebih besar.

5. Manfaatkan Fitur Instagram Ads

Instagram menyediakan fitur iklan yang disebut Instagram Ads. Lewat fitur ini, akun dan konten promosi Anda bisa tampil di timeline milik pengguna lain. Ini sangat efektif untuk menjangkau target audiens yang jauh lebih luas dan sesuai dengan sasaran pasar bisnis Anda.

Beberapa cara yang sudah dibahas di poin sebelumnya masuk ke dalam kategori cara promosi di Instagram gratis. Nah, jika ingin memakai fasilitas Instagram Ads maka Anda perlu membayar biaya iklan. Biayanya bervariasi, tergantung luas jangkauan audiens dan jenis iklan yang akan dipasang.

6. Gunakan Akun Instagram Business

Sebaiknya Anda mengubah akun Instagram ke dalam mode Instagram Business. Ini juga berpengaruh pada efektivitas upaya promosi lewat Instagram.

Jika akun diubah ke dalam mode Instagram Business maka ada fitur-fitur yang akan mendukung bisnis Anda. Misalnya, ada fitur link yang bisa langsung mengarahkan ke email maupun WhatsApp bisnis.

Promosi bisnis melalui Instagram bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Pilihlah produk smartphone yang tangguh seperti Poco F4. Fitur Poco F4 ini terbilang lengkap dan modern sehingga cocok diandalkan sebagai alat promosi bisnis Anda.

Jangan lupa, pasangkan casing sebagai pelindung agar smartphone ini punya performa bagus dan selalu awet dipakai.

Belanja HP dan Casing di Blibli

Kelebihan Poco F4 memang sangat relevan dengan kebutuhan promosi di Instagram. Fitur kameranya sangat bisa diandalkan dan hasil foto maupun videonya terbilang bagus. Anda bisa langsung cek harga Poco F4 ini di platform e-commerce Blibli.

Popularitas Blibli sebagai e-commerce yang berkualitas dan terpercaya memang sudah diakui oleh masyarakat di tanah air. Blibli juga menyediakan produk casing untuk Poco F4. Pastikan Anda memilih casing yang tepat dengan desain yang menarik supaya semakin semangat membuat konten promosi dengan smartphone ini.

Langsung saja kunjungi platform Blibli untuk mengecek harga Poco F4 dan casing-nya sekarang juga! Promosi bisnis lewat Instagram memang terbukti sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Selama kontennya menarik dan cara promosinya tepat, maka hasilnya juga akan memuaskan. Apalagi sekarang Instagram juga dimanfaatkan oleh banyak pengguna dari berbagai kalangan usia, jadi jangkauan audiens-nya bisa jauh lebih luas.

Share :