Hormati Keputusan PTUN,Pemkab Tanjab Barat Lakukan Upaya Hukum Banding Sembelih Delapan Hewan Qurban, Polres Tanjab Barat Bagikan Daging Qurban Pada Warga Sekitar,Ponpes dan Panti Asuhan Bupati Tanjab Barat Mengapresiasi ASN Yang Berlomba lomba Untuk Melakukan Kebaikan Hari Raya Idul Adha Tahun 2024 Pemkab Tanjab Barat Sembelih Hewan Korban  Bupati Anwar Sadat Minta OPD Tindaklanjuti Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi.

Home / Pemerintahan

Selasa, 14 Maret 2023 - 07:25 WIB

BKPSDM Tanjab Barat Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah

TANJABBARAT, BULENONNEWS.COM – Pemkab Tanjung Jabung Barat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Daerah di Hotel Grand Arriyadh Kuala Tungkal, Senin (13/3/23).

Bimtek dibuka oleh Sekretaris Daerah Kab. Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi, M.Si dengan peserta Bimtek Kasubag Keuangan dan Bendahara Pengeluaran.

Sekda H. Agus Sanusi dalam arahannya menyampaikan bahwa pengelolaan keuangan daerah merupakan salah satu bagian penting dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Mengingat pentingnya momentum bimtek ini, saya berharap saudara-saudara dapat mengikuti Bimtek ini dengan baik, keikutsertaan peserta dalam setiap materi dan kegiatan akan menunjukkan keseriusan dan kedisiplinan saudara,” tutur Sekda.

Ditambahkan Sekda Bimtek tersebut dimaksudkan dalam upaya meningkatkan mutu tata kelola keuangan daerah secara efektif, efisien dan akuntabel.

Baca Juga  Bupati Merangin Kembali Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Tabir

Karena itu, lanjut Sekda meminta seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius, karena akan mendapatkan pencerahan secara detail terkait pengelolaan keuangan daerah dari narasumber yang memang ahli di bidangnya.

Sementara, Kepala BKPSDM Kab. Tanjung Jabung Barat H. R. Gatot Suwarso selaku Perangkat Daerah penyelenggara Bimtek dalam laporannya menyampaikan Bimtek diikuti oleh 80 peserta terdiri dari Kasubbag Keuangan dan Bendahara Pengeluaran tiap OPD dan 13 Kecamatan se Pemkab Tanjab Barat.

Bimtek dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 13 Maret sampai dengan 16 Maret 2023 dibagi dalam dua angkatan.

Angkatan pertama tanggal 13-14 Maret pesertanya Kasubbag Keuangan sebanyak 46 peserta dengan 15 Jam Pelajaran (JP).

Baca Juga  H. Mashuri Lantik 25 Pejabat Administrasi Pemkab Merangin

“Kemudian Angkatan Kedua tanggal 15-16 untuk Bendahara Pengeluaran sebanyak 34 peserta sama 15 JP,” ujarnya.

Sementara narasumber Bimtek terdiri dari Bupati Tanjab Barat/Sekda, Perwakilan BPKP Provinsi Jambi yang langsung ikut juga memberikan materi oleh Kepala Perwakilan BPKP Bapak Sueb Cahyadi disamping jajarannya, kemudian Kepala BKAD Kab. Tanjab Barat.

Dari Bimtek ini diharapkan peserta mampu melaksanakan pengelolaan keuangan yang meliputi perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawaban dan penyusunan laporan keuangan.

“Selain itu Bimtek ini untuk pemenuhan hak bagi ASN dalam mengembngkan kompetensi melalui pelatihan paling sedikit 20 JP dalam setahun,” jelas Gatot.*

 

 

Penulis/Editor: Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Ingatkan Kades Harus Netral Selama Pemilu 2024

Pemerintahan

Sekda Tanjab Barat Buka Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2023

Pemerintahan

Tinjau Normalisasi Parit,Ini Pesan Bupati Anwar Sadat

Bungo

Gubernur Jambi Ajak Kembangkan Bungo Menjadi Etalase Wilayah Barat

Pemerintahan

Wabup Tanjab Barat hadiri Halal Bihalal APDESI Provinsi Jambi

Pemerintahan

Temuan 1,8 M  Oleh BPK di RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Belum Sepenuhnya Selesai

Pemerintahan

Ke Kabupaten Batang Hari, Sekda Tanjab Barat Tandatanganani Perjanjian Kerja Sama Antar OPD

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Hadiri Diklat Revolusi Mental Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia