DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada Ahmad Jahfar Ambil Formulir Pendaftaran Cakada di Partai Demokrat Tanjab Barat. Polres Tanjab Barat Ringkus Pelaku Setubuhi Anak Dibawah Umur Seorang Pria di Tanjab Barat Alami Luka Bacok di Perut dan Tangan  Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sepada Baru Pada Pedagang Jamu Keliling 

Home / Pemerintahan

Kamis, 24 November 2022 - 06:55 WIB

Ditandai Pemukulan Gong, Secara Resmi Bupati Tanjab Barat Buka MTQ Ke-50 Tingkat Kabupaten

TANJABBARAT,BULENONNEWS.COM – Didampingi Wakil Bupati, H Hairan.SH. Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs.H. Anwar Sadat,M.Ag secara resmi buka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kabupaten di Desa Suak Labu, Kecamatan Kuala Betara. Selasa (22/11/22) malam.

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong yang juga dirangkai dengan pelantikan para dewan hakim sekaligus pemasangan toga dewan hakim secara simbolis.

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa MTQ merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“Dengan tujuan membumikan ajaran Al-Qur’an serta menegakkan syiar Islam, untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”kata Anwar Sadat.

Anwar Sadat juga menyampaikan, pada beberapa kesempatan tidak dilaksanakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) di daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat karena kondisi Pandemi Covid-19.

“Pada tahun ini kita dapat kembali melaksanakan MTQ Ke-50 Tingkat Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2022 di Kecamatan Kuala Betara sebagai tuan rumah,” ucapnya

Kafilah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, lanjut Bupati cukup berprestasi dalam setiap pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi.

“Terbukti dengan diraihnya juara umum 1 pada MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021, dan menjadi juara umum 2 pada MTQ Ke-51 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022 di Kota Sungai Penuh,” ucapnya.

Tentu saja lanjut Bupati, hal ini tidak terlepas dari kesungguhan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, untuk terus berusaha semaksimal mungkin memberikan pembinaan, pengembangan, dan motivasi kepada seluruh Qori-Qoriah agar dapat meningkatkan prestasi.

Baca Juga  DPRD Tanjab Barat Gelar Rapat Paripurna Mendengarkan Pendapat Bupati Terhadap Dua Ranperda Inisiatif.

Tambahnya, melalui momentum pelaksanaan MTQ Ke-50 Tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2022 yang mengusung Tema “Dengan MTQ Kita Wujudkan Generasi Qur’ani Menuju Kabupaten Tanjung Jabung Barat BERKAH”  dan kepada para kafilah masing-masing Kecamatan dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi.

“Kiranya seluruh Kafilah Kecamatan dapat memaksimalkan kemampuan yang pada akhirnya dapat melahirkan generasi Qori dan Qoriah berprestasi. Yang tidak hanya berprestasi Tingkat Kabupaten, tetapi juga di Tingkat Provinsi maupun Nasional.” ujarnya.

Bupati Anwar Sadat mengatakan MTQ ke 50 tingkat kabupaten yang diikuti para kafilah dari 13 kecamatan yang ada di Tanjab Barat. MTQ tersebut diharapkan mampu mendorong generasi muda yang cinta akan Al-Qur’an.

“Kita menginginkan anak anak dan para remaja tidak hanya mampu membaca Al Quran tetapi juga kita harapkan mampu membingkai akhlak dan perilaku anak anak kita,” imbuhnya.

Selain itu Bupati berharap kepada seluruh kafilah dari 13 kecamatan untuk betul betul dapat memaksimalkan potensi qoriahnya.

“Hingga harapan kami muncul generasi baru yang kita harapkan nanti mampu kita bina, kita didik kembali dan insya Allah akan melahirkan Qori Qoriah terbaru yang akan mewakili kita Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada even event yang lebih besar,”sebutnya.

MTQ ke 50 tingkat kabupaten ini sebutnya, dipersiapkan untuk menjaring para Kafilah yang berkualitas dan berkapasitas di bidangnya masing masing. Hal itu dilakukan  untuk menghadapi seleksi nasional yang akan diselenggarakan di Provinsi Jambi tahun 2023.

Baca Juga  Pelaku Pembunuhan di Merlung Berhasil Ditangkap

“Sekaligus juga kita menghadapi musabaqah Tilawatil Quran tingkat provinsi yang akan diadakan pada tahun 2023 di Sarolangun.” Tandasnya.

Sementara Camat Kuala Betara H. Herry Putra Syam, SE, perhelatan MTQ Ke-50 Tingkat Kabupaten tersebut akan berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 22-26 November 2022 yang mana diikuti oleh 487 peserta dari 13 Kecamatan.

“Cabang perlombaan pada MTQ Ke-50 ini terdiri dari Tilawah Al-Qur’an, Hifzil Qur’an, Tafsir Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khattil Qur’an, Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Musabaqah Hadits, dan Lomba Barzanji Marhaba.”jelasnya.

Kepada kafilah asal Kecamatan Kuala Betara dia berharap bisa menjadi yang terbaik di MTQ tingkat kabupaten tersebut.

“Selaku camat dan tuan rumah,Kecamatan Kuala Betara menjadi yang terbaik dan juara umum.” Pungkasnya.

Acara pembukaan MTQ ke-50 tingkat kecamatan disaksikan Wakil Bupati H. Harian, SH, Ketua DPRD Tanjab Barat, Kapolres Tanjab Barat, Dandim 0419 Tanjab, Kakan Kemenag Tanjab Barat, Sekretaris Daerah, Ketua TP-PKK Ny. Hj. Fadhilah Sadat, Ketua GOW Ny. Uni Yati Hairan, Ketua DWP, para Staf Ahli, para Asisten, para Kepala OPD, para Kabag, para Camat, Ketua MUI, Ketua LPTQ, Ketua Ormas, Ketua OKP, Tokoh Masyarakat, serta tamu undangan lainnya.*

Penulis /Editor: Amir /Otte

 

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Serahkan Hadiah Juara Arakan Sahur di Tanjab Barat

Pemerintahan

PROKES KETAT, H. Cek Endra Lantik 4 Kades Se Kecamatan Batang Asai Sekaligus

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat dan Gubernur Jambi  Hadiri Haul ke-12 Syekh Muhammad  Ali Bin  Syekh  Abdul  Wahhab dan Masyaikh

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Lantik Direktur Perumda Tirta Pengabuan

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Tinjau TPU Desa Sialang

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Pimpin Upacara HUT Pramuka Ke-61

Meraingin

H. Mashuri: Tidak Ada Sisipan Nama Baru Dalam Pelantikan Hari Ini.

Pemerintahan

Kunjungi Desa Dualap, Bupati Anwar Sadat Dengarkan Aspirasi Masyarakat