Berkeyakinan Tinggi, Masyarakat Sungai Landak Berkomitmen Menangkan UAS-Katamso  Lanjutkan Kepemimpinan UAS,Hj Fadhilah Sadat Solidkan Kaum Emak Emak Pengajian  Edi Purwanto Harap Prabowo-Gibran Komitmen dan Realisasikan Janji Politik Antusias Ikuti Kampanye Anwar Sadat- Katamso,Warga Ketapang Siap Dukung Untuk Lanjutkan Pembangunan Balas Kebaikan, Kelompok Yasinan Ini Siap Menangkan UAS – Katamso 

Home / Berita

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:42 WIB

Istilah Biduk Gedang Baselang Ba’angkut Padi di Swarna Bhumi Merangin 2024, Ini Penjelasan Wenny

 

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Biduk Gedang Baselang Ba’angkut Padi, merupakan Simbol apik yang digadang-gadangkan pada acara Swarna Bhumi Kabupaten Merangin tahun 2024.

Acara Swarna Bhumi Merangin merupakan kalender tahunan Kabupaten Merangin, yang sebelumnya di selenggarakan di Dusun Nangko Kecamatan Pangkalan Jambu.

Pada tahun 2024 ini di selenggarakan di Arena Bantai Adat Kelurahan Dusun Baru Kecamatan Tabir, dimana suasana alam yang asri, semilir angin sepoi-sepoi di pinggir Sungai Batang Tabir.

Kabid Kebudayaan dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin Weni Rahmayeni, S. Sos,. MM menerangkan, Simbol yang menjadi icon Swarna Bhumi Kabupaten Merangin tahun 2024, adalah Biduk gedang Baselang Pengangkut Padi.

” Biduk gedang Pengangkut Padi artinya sebuah perahu besar yang biasa di pakai masyarakat rantau Panjang Tabir zaman dahulu kala, dengan bergantian rgotong royong mengangkut hasil pertanian warga seperti padi dari ladang menuju dusun,” jelasnya.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin Dampingi Gubernur Tutup Turnamen Al Haris Cup 2024

Bahkan kata Weni, Perahu besar tersebut pada zamannya juga dipakai untuk transportasi menghanyutkan Karet (Latek) dari Hulu Sungai hingga ke Kota Jambi untuk di pasarkan.

” Untuk mengenang sejarah lama di Rantau Panjang Tabir ini, Biduk Gedang Selang Ba’angkut lah yang pas sebagai Icon Swarna Bhumi tahun 2024,” tambah Kabid yang berparas jelita itu.

Sisi lainnya, Weni menyebutkan penggagas pertama Biduk Gedang Selang Ba’angkut sebagai simbol Swarna Bhumi 2024 Kabupaten Merangin itu, berdasarkan hasil musyawarah antara Dinas Dikbud Kabupaten Merangin dan Dinas Dikbud Provinsi Jambi.

” Kami putuskan bersama waktu itu sekaligus lokasi juga di sepakati di kecamatan Tabir, ya Kelurahan Dusun Baru ini,” ungkap Kabid Muda ini.

Acara Swarna Bhumi tahun 2024 di prediksikan akan membludak pengunjung, mengingat Kecamatan Tabir sangat fanatik dengan adat istiadat dan Kebudayaan di tambah lagi ke hadiran tamu provinsi termasuk tamu dari Dirjen RI.

Baca Juga  Breaking News.. Mayat Pria DitemukanTewas Di Kebun Sayur Bangko

” Kita berbagai rangkaian dilaksanakan di lokasi ini seperti Menanam Pohon, menabur benih ikan, penampilan Ompek ganji Limo Gonok, musik tradisi kulinong dan berbagai Tarian serta pencak Silat juga lain sebagainya, kita do’akan semua lancar tanpa halangan, dan kita mohon dukungan masyarakat setempat” tandasnya.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin ini, menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Merangin, untuk sama-sama mengikuti dan menyaksikan kemeriahan acara tersebut.

” Acara akan di buka Langsung oleh Gubernur jambi, hendaknya masyarakat jagan sampai ketinggalan terkhusus masyarakat tabir dan kecamatan tetangga untuk hadir menyaksikan kemeriahan acara tersebut,” tutupnya. (Red).

Share :

Baca Juga

Berita

Ketua Fraksi Demokrat Provinsi Jambi, H. Ahmad Fauzi Ansori menyalurkan bantuan UMKM di Kabupaten Merangin

Berita

Pj Bupati Ajak Stakeholder Bersatu Padu Turunkan Stunting

Berita

Jalan Jam Gento Sudah Nyaman Dilewati Pasca Perbaikan Oleh Pemkab

Berita

H Mukti Antisiapasi Dampak Buruk Cuaca Saat Pemilu 2024

Berita

Hamas Menemui AHY di Jakarta, Progres Pencalegan Partai Demokrat Provinsi Jambi ke DPP

Berita

Pengurus BKPMRI Kabupaten Merangin Ikuti Munas ke XIV BKPMRI di Kota Medan

Berita

Jalan Depan Ruko Idaman Resmi Ditutup Pemkab Merangin

Berita

Motivasi M. Yani, NasDem Sejati Suka Tidak Suka Harus SUKA Untuk Merangin 2024