Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul ke-87 Syekh Abdurrahman Sidiq Bin Syekh M. Afif Al- Banjari Laporan Poktan Imam Hasan di SP3, Kadisbunak Tanjab Barat Lapor Balik Bupati Anwar Sadat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit Bupati Anwar Sadat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Penyerahan Bantuan PKH Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid As-Shahabah

Home / TNI

Jumat, 4 Agustus 2023 - 19:04 WIB

Peduli Kemerdekaan,Kodim 0419 Tanjab Barat Lakukan Kegiatan Bhakti Sosial Pada Anak dan Cucu Veteran

TANJABBAR,BULENONNEWS.COM  – Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, Dandim O419 Tanjung Jabung melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial PEDULI KEMERDEKAAN . Rangkaian kegiatan sosial yang telah dilaksanakan pada hari Jumat (4/82023) adalah dengan menyambangi langsung sebuah rumah, yang dulunya merupakan posko dapur umum para pejuang Selempang Merah Kuala Tungkal.

Dalam kunjungannya, Dandim 0419, Letkol Kav Muslim R.Tompo SH.M.Si beserta perwira Kodim dan anggota yang berlokasi di Parit Gantung, Desa Tungkal 1 Kecamatan Tungkal Ilir ini. Bersilaturahmi langsung dengan para anak dan cucu H.Mangun binTubasar,  salah satu veteran Selempang  Merah. Serta nyekar di pusara sang pahlawan dengan memanjatkan doa. Bahkan Dandim menyempatkan diri untuk memberikan sejumlah bantuan sembako dan uang tunai kepada keturunan pahlawan ini.

Pak Muslim, sapaan Dandim ini, merasa prihatin dengan kondisi bangunan eks dapur umum para pejuang dulu. Mengingat kondisinya kini sudah hancur dan mengalami kerusakan yang cukup parah. Sehingga dirinya berniat untuk melaksanakan kegiatan untuk memperbaikan salah satu bukti sejarah perjuangan masyarakat Tanjung Jabung Barat dalam mengusir penjajah.

Baca Juga  Diduga Tanpa Koordinasi PSSI,Turnamen Futsal BRI Cup Tanjab Barat Berujung Baku Hantam

“Insya Allah nanti kita akan diperbaiki dengan anggota kita. Tujuan kita adalah untuk melestarikan dan mengabadikan bukti sejarah para pahlawan dulu agar tidak terbengkalai begitu saja.Kita juga merasa prihatin juga dengan kondisi dari keluarga, makanya hari ini kita melaksanakan kegiatan Bhakti PEDULI KEMERDEKAAN,” terangnya.

Lebih lanjut Dandim berharap agar para generasi muda bisa ikut berperan dalam mengisi kemerdekaan ini. Setidaknya dengan memahami,mengetahui dan bisa memelihara salah satu bukti sejarah perjuangan. Begitu pula hal yang diharapkannya melalui dukungan dari Pemkab Tanjab Barat. Sehingga bukti sejarah perjuangan bisa diabadikan dan tidak terbengkalai begitu saja.

Baca Juga  Pemkab Tanjab Barat Buka Penerimaan PPPK 

“Semoga nantinya ada kepedulian juga dari pihak Pemkab Tanjab Barat. Sehingga kita bisa bersama sama menjaga dan merenovasi bangunan bersejarah ini agar tidak terbengkalai dan rusak begitu saja. Kita berharap dukungan dari semua pihak yang peduli dengan jasa dari para pejuang kita, tanpa melupakan jasa mereka,”sambungnya.

Dandim juga mengatakan kegiatan ini akan dilanjutkan di Minggu depan. Dengan menyambangi sejumlah keluarga Veteran dan kegiatan sosial lainnya menjelang hari kemerdekaan RI ke 78 ini.

“Nanti kita akan laksanakan kegiatan berikutnya di lokasi yang berbeda.Mudah mudahan kita menemukan juga bukti perjuangan dulu yang menjadi saksi sejarah,” pungkasnya.

 

 

Penulis/Editor:Amir/ Otte

Share :

Baca Juga

TNI

Babinsa Koramil 419- 03/Tungkal Ilir Goro Tempat Ibadah di Kampung Pancasila

TNI

Kunjungi Kodim 0419/Tanjab, Ini Instruksi Pangdam II Sriwijaya

TNI

Kodim 0419/Tanjab Sosialisasi Mekanisme Masuk TNI-AD 

TNI

Jaga Kerukunan Umat Beragama, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Gotong Royong Bersihkan Tempat Ibadah

TNI

Mancing Mania HUT TNI ke-77, Kodim 0419/Tanjab Jaga Silaturahmi dan Sinergitas

TNI

Kodim 0419/Tanjab Gelar Upacara Ziarah Nasional di TMP Yudha Satria Pengabuan

TNI

Rangka HUT TNI Ke-77, Dandim 0419/Tanjab Resmikan Gedung Madrasah di Desa Sungai Papauh