Kepala Desa Janji Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2025 Mewakili Bupati, Pj. Sekretaris Daerah Hadiri Rapat Paripurna ke Dua DPRD Kabupaten Tanjab Barat  Bupati Anwar Sadat Promosikan Potensi SDA Tanjab Barat di Otonomi Expo 2024 Mediasi Permasalahan Tanah di Kantor Desa Janji Temukan Kesepakatan Bupati Tanjab Barat Kukuhkan dan Ambil Sumpah Janji Jabatan Kades dan BPD

Home / Pemerintahan

Senin, 5 September 2022 - 07:26 WIB

Bupati Tanjab Barat Beri Kuliah Umum Mahasiswa Baru di Universitas Jambi

TANJABBARAT, BULENONNEWS.COM – Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag memberikan Kuliah umum pada Mahasiswa baru angkatan 2022 dan pengenalan program studi Magister Ilmu Ekonomi Universitas Jambi, di Aula Pascasarjana Kampus UNJA Telanaipura. Sabtu (03/9/22).

Dalam paparannya Bupati Anwar Sadat menyampaikan tema “Peran Komoditas Unggulan Dalam Perekonomian Daerah Tanjung Jabung Barat.”

Disampaikan Bupati, beberapa potensi komoditi unggulan Kabupaten Tanjung Jabung Barat diantaranya Kelapa, Pinang, dan Kopi.” Produk unggulan daerah menggambarkan kemampuan daerah menghasilkan produk, menciptakan nilai, memanfaatkan sumber daya secara nyata, memberikan kesempatan kerja, mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah, memiliki prospek untuk meningkatkan produktivitas dan investasinya,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa sesuai dengan Misi Tanjung Jabung Barat BERKAH yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, maka dibuatlah arah kebijakan antara lain:

Baca Juga  2 Tahun Tak Ngantor,Honorer Dishub Tanjab Barat Masih Terima Gaji

– pengembangan perkebunan kelapa dalam dan pinang berupa meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu melalui peningkatan produktivitas melalui program intensifikasi (pemupukan, penggunaan bibit bersertifikat bermutu dan atau pemberian pupuk dan agro input lainnya).

– ekstensifikasi (memanfaatkan lahan tidur dan lain-lain) dan peremajaan/replanting dan juga peningkatan mutu produk melalui pelaksanaan pengembangan kelapa dalam bingkai pembangunan berkelanjutan standarisasi mutu produk, dan juga meletakan usaha perkebunan rakyat sebagai prioritas melalui meningkatkan akses petani terhadap teknologi terkini, meningkatkan produktivitas, meningkatkan infrastruktur, membuat alternatif model peremajaan.

– Serta meningkatkan nilai tambah dan efisiensi agribisnis kelapa dan pinang melalui pengembangan industri hilir fokus kepada industri yang nilai tambahnya tinggi dan memberikan multiplier effect pertumbuhan ekonomi Indonesia, pemanfaatan potensi dan peluang, serta klaster industri mendukung program pengembangan energi alternatif.

Baca Juga  Ketua DPRD Tanjab Barat Serap Aspirasi Masyarakat Desa Lubuk Terentang

Disamping itu juga dikatakan Bupati bahwa UMKM memiliki peran yang signifikan dalam pengembangan komoditi unggulan.

“Pengembangan UMKM layak untuk diprioritaskan, mengingat bahwa komoditas unggulan sebagian besar masih bertumpu pada sumber daya alam yang terdapat didaerah.” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Firdaus Khatab, SE., MM, Kepala Bappeda Dr. Katamso, SA, SE., ME. Dekan Fakultas Ekonomi dan BIsnis UNJA Dr. H. Junaidi, SE., M.Si, Ketua Prodi Magister Ilmu Ekonomi Unja Dr. Hj. Erni Achmad, SE., M.Si serta dosen dan mahasiswa Pascasarjana.*

Penulis/Editor:Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Jalin Silaturahmi dan Menambah Keakraban, Bupati Mancing Bersama OPD

Pemerintahan

Festival Arakan Sahur Masuk Dalam KEN, Pemkab Tanjab Barat Datangkan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Berita

Hari Raya Idul Adha Tahun 2024 Pemkab Tanjab Barat Sembelih Hewan Korban 

Pemerintahan

Resmikan Jembatan di Parit Selamat Seberang Kota, Bupati Anwar Sadat Sampaikan Pesan Ini

Pemerintahan

Sekda Tanjab Barat Hadiri Apel Puncak Peringatan Hari Pramuka ke-61

Pemerintahan

Dukcapil Tanjab Barat Kesulitan Mensosialisasikan Aplikasi IKD

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Hadiri HUT ke 59 Bank Jambi

Pemerintahan

33 OPD di Pemkab Tanjab Barat Lakukan Penyembelihan Hewan Kurban Sentak