Truk Fuso Bermuatan Tanah Basecose Terguling di Tanjab Barat,Tiga Orang Meninggal Dunia  Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Jambi Demo Tolak RUU Penyiaran Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Tanjab Barat Buka Kegiatan Workshop GENREAKSI Bupati Anwar Sadat Pimpin Sidang GTRA  Secara Virtual Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakornas Wasin Pemerintah Tahun 2024

Home / Berita

Rabu, 8 Mei 2024 - 12:15 WIB

Ketua TP PKK Merangin Launching Posyandu ILP Mekar Kasih

BANGKO-BULENONNEWS.COM. Guna menyukseskan gerakan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI tingkat Kabupaten Merangin 2024, Pj Bupati Merangin H Mukti melalui Ketua TP PKK Merangin Dr Hj Indria Mayesti Mukti, membuka acara Gerakan Aktifkan Posyandu, sekaligus launching Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) Mekar Kasih Dusun Gading Mas Desa Sinar Gading Kecamatan Tabir Selatan, Rabu (08/5).

Pada acara yang dihadiri Kadis Kesehatan Merangin drg Soni Propesma, Ketua DWP Merangin Ny Rismila Fajarman, Sekdin PMD Syamsul Akiar, Camat Tabir Selatan Antin tersebut, Ketua TP PKK menegaskan, gerakan Aktifkan Posyandu sekaligus launching Posyandu ILP di Kecamatan Tabir Selatan bertujuan meningkatkan pengetahuan para kader Posyandu.

‘’Kreativitas kader Posyandu juga harus ditingkatkan, terutama kegiatan pengembangan, agar terwujud Posyandu aktif serta memberikan pembinaan kepada kader untuk meningkatkan kunjungan dan patisipasi masyarakat di Posyandu,’’ujar Ketua TP PKK Merangin pada pidato sambutannya.

Baca Juga  Pj Bupati Merangin Bersama Forkopimda Sambut Kunjungan Pangdam II/Sriwijaya

Posyandu lanjut Dr Hj Indria Mayesti Mukti, merupakan lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan (LKD/LKK) sebagai wadah partisipasi masyarakat yang bertugas membantu kepala desa/lurah dalam peningkatan pelayanan sosial dasar, termasuk bidang kesehatan yang tertuang dalam Permendagri nomor 18 tahun 2018.

‘’Sejalan dengan transformasi layanan primer, Posyandu menyediakan layanan sesuai siklus hidup dan diperkuat dengan kunjungan rumah oleh kader yang dilakukan secara terencana untuk meningkatkan kualitas layanan sosial dasar kepada masyarakat,’’jelas Dr Hj Indria Mayesti Mukti.

Lebih lanjut dikatakan Ketua TP PKK Merangin, keberadaan Posyandu yang muncul dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat, serta dapat menata Pos Kesehatan yang bersifat Programatik, mendapatkan pembinaan secara sistematis oleh Puskesmas dan Pokjanal di wilayah kerjanya.

Baca Juga  Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Merangin 2023 di Rembuk

‘’Jadi peran Posyandu ini tidak terlepas dari fungsi Pemerintah Desa/Kelurahan, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten Merangin,’’terang Dr Hj Indria Mayesti Mukti, dibenarkan Kadis Kesehatan Merangin drg Soni Propesma.

drg Soni Propesma menambahkan, Pokjanal Posyandu selaku pembina Posyandu mempunyai peran sangat penting, karena Pokjanal Posyandu sebagai kelompok kerja operasional yang tugas dan fungsinya meningkatkan fungsi Posyandu melalui kooridinasi, advokasi, bantuan yang berkaitan dengan fungsi kerja Posyandu.

‘’Peningkatan peran Pokjanal Posyandu tentunya juga perlu dilakukan, agar tercapai upaya penurunan stunting dan angka kematian ibu dan angka kematian bayi,’’ujar drg Soni Propesma. (Red).

Share :

Baca Juga

Berita

Pj Bupati Merangin Apresiasi Smart Edu Cara Cepat Hafal Qur’an Oleh PKK

Berita

Cegah Penguasa Ambil Alih Partai Demokrat , Kader Teriak Lawan Moeldoko

Berita

60 Pejabat Administrasi dan Fungsional Lingkup Pemkab Merangin Hari Ini Di Lantik, Ini Nama-namanya

Berita

Sanggar Seni Pelitojayo Kebun Sayur Kebakaran

Berita

KH. Zainal Abidin Mantan Ketua MUI Sarolangun Tutup Usia

Berita

Slihaturami Ke Ponpes Asshodiqiyah Semarang, AHY Semoga Pemilu 2024 Tidak Ada Perpecahan

Berita

H. Mashuri: Keluarga Pelopor Perubahan Indonesia Maju

Berita

Merangin Kembali Raih Sertifikat Adipura