Bupati Tanjab Barat Dampingi Menparekraf RI Kunjungan Kerja ke Wisata Mangrove Pangkal Babu Ketua DPRD H.Abdullah Pinta Pemkab Segera Usulkan Terkait Kebutuhan Kawasan Hutan mangrove Ke Kementerian Pariwisata  Ketua DPRD H.Abdullah Hadiri Pembukaan Festival Arakan Sahur Tahun 2024 Bupati Tanjab Barat Dampingi Menteri Parekraf Sandiaga Uno Buka festival Arakan Sahur Tahun 2024 Festival Arakan Sahur Masuk Dalam KEN, Pemkab Tanjab Barat Datangkan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Home / Tanjab Barat

Minggu, 2 Agustus 2020 - 00:13 WIB

Desa Ini Belum Merasakan Nikmatnya Daging Qurban, Selama 40 Tahun

TANJAB BARAT – Desa Suak Labu Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sangat bersyukur pada hari raya idul Adha kali ini, bisa merasakan nikmatnya daging Qurban hasil dari penyembelihan dan bantuan Kapolres beserta personil perangkat Polres Tanjabbar yang dibantu oleh anggota Kodim 0419/Tanjab.

Pasalnya salah satu desa terpencil di Kabupaten pesisir dipantai laut sumatera ini, baru bisa merasakan daging penyembelihan Qurban setelah 40 Tahun lamanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Suak Labu, Ibrahim. Ia sebagai perwakilan masyarakat setempat mengakui bahwa sepanjang sejarah sejak berdirinya desa Suak Labu baru kali ini bisa menikmati daging Qurban.

” Selama hampir 40 tahun kita didesa Suak Labu ini belum pernah merasakan makan daging qurban, ” Kata Ibrahim.

Ia menyebutkan bahwa memang didesa yang dipimpin oleh dirinya saat ini, belum pernah menyembelih hewan qurban di setiap hari Raya Idul Adha ataupun hari raya qurban.

Baca Juga  Penumpang Dari Batam Mulai Berdatangan Melalui Pelabuhan RoRo Kuala Tungkal Pasca Berakhir Larangan Mudik

” Dengan ada penyembelihan hewan qurban yang diberikan oleh Kapolres Tanjabbar, masyarakat Suak Labu mengucapkan ribuan terima kasih karena bisa juga merasakan daging qurban ditahun ini.” Ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro menyebutkan bahwa, jika pihaknya mengirimkan hewan qurban ke salah satu desa terpencil ini. Petugas harus berjibaku dengan resiko yang tinggi agar sapi qurban tersebut bisa selamat sampai ke desa Suak Labu.

Ia menyebutkan bahwa awal pengiriman sapi qurban harus menggunakan perahu, begitu juga dengan pendistribusian daging qurban kerumah warga. Petugas juga harus mengayuh perahu untuk mengantarkan daging qurban secara door to door.

” Dengan kondisi air yang surut, pendistribusiannya harus melawan arus terlebih dahulu dan memanjat tangga rumah warga agar daging qurban dapat di terima secara langsung.” Ungkap Kapolres.

” Mudah mudahan dengan adanya pemotongan hewan qurban didesa ini, bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Suak Labu di hari Raya Idul Adha 1441 H dengan bahagia dan suka cita dan merasakan daging qurban sapi di tahun ini,” Tuturnya.

Baca Juga  Tak Kenal Lelah,Tim Gugus Tugas Tanjabbarat Datangi Mini Market Dan Warkop Berlakukan Jam Malam

Ia juga menyampaikan jika dirinya datang ke Desa ini beberapa hari lalu memang mendapatkan informasi dari masyarakat terutama penggiat sosial dan perangkat desa setempat, bahwa desa ini sudah 40 tahun masyarakatnya belum pernah menyembelih hewan qurban baik sapi maupun kambing.

” Karena itulah kita prioritaskan tahun ini, kita hadir di tengah masyarakat Desa ini dengan menyembelih hewan qurban bersama serta mendistribusikannya,” Sebutnya.

Sementara untuk daging qurban yang distribusikan ini , Kata Kapolres hasil dari penyembelihan sapi di dapatkan ada sekitar 200 kantong paket, yang akan dibagikan kepada masyarakat.

” Dengan adanya penyembelihan hewan qurban didesa ini,mudah mudahan ini bisa merangsang masyarakat khususnya yang memiliki potensi lebih, agar dapat ikut membantu berkurban di desa Suak Labu ini.” Pungkasnya

Reporter/Editor: Amir/Ote

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati dan Wabup Tanjab Barat Hadiri Rapat Paripurna DPRD Mendengarkan Pidato Presiden

Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Rapid Antigen 36 Santri Yang Pulang Ke Pesantren di Pulau Jawa

Peristiwa

Korban Dampak Kebakaran di Kelurahan Tungkal Harapan Berjumlah 49 Jiwa

Tanjab Barat

Pemerintah Himbau Larangan Mudik, Armada Nekat Menaikkan Penumpang Akan di Stop

Tanjab Barat

Nah!!! Satu Lagi Pemuda Diamankan Sat Res Narkoba Polres Tanjab Barat

Tanjab Barat

Komisi I DPRD Tanjababart Jamal Dermawan Sie Se Bawa OPD Ke Kementrian

Tanjab Barat

Tak Mau Dihotel, Bupati Merangin Memilih Nginap Dirumah Warga Kuala Tungkal Dampingi Kafilah

Tanjab Barat

Kapal Pengangkut Kelapa Menuju Batam Tenggelam