Sekda Tanjab Barat Buka Secara Resmi Edukasi dan Penyuluhan Pelaporan SPT Tahunan Wabup Hairan Ikuti Wawancara Penilaian Penghargaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022 Bupati Tanjab Barat Gelar Pertemuan Virtual Terkait Percepatan Penurunan Stunting Ketua DPRD Tanjab Barat Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Betara Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat Kunker Lapas II B Kuala Tungkal

Home / Tanjab Barat

Minggu, 2 Agustus 2020 - 00:13 WIB

Desa Ini Belum Merasakan Nikmatnya Daging Qurban, Selama 40 Tahun

TANJAB BARAT –┬áDesa Suak Labu Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sangat bersyukur pada hari raya idul Adha kali ini, bisa merasakan nikmatnya daging Qurban hasil dari penyembelihan dan bantuan Kapolres beserta personil perangkat Polres Tanjabbar yang dibantu oleh anggota Kodim 0419/Tanjab.

Pasalnya salah satu desa terpencil di Kabupaten pesisir dipantai laut sumatera ini, baru bisa merasakan daging penyembelihan Qurban setelah 40 Tahun lamanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Suak Labu, Ibrahim. Ia sebagai perwakilan masyarakat setempat mengakui bahwa sepanjang sejarah sejak berdirinya desa Suak Labu baru kali ini bisa menikmati daging Qurban.

” Selama hampir 40 tahun kita didesa Suak Labu ini belum pernah merasakan makan daging qurban, ” Kata Ibrahim.

Ia menyebutkan bahwa memang didesa yang dipimpin oleh dirinya saat ini, belum pernah menyembelih hewan qurban di setiap hari Raya Idul Adha ataupun hari raya qurban.

Baca Juga  Puluhan CJH Tanjab Barat Lakukan Pembatalan, Ini Faktornya

” Dengan ada penyembelihan hewan qurban yang diberikan oleh Kapolres Tanjabbar, masyarakat Suak Labu mengucapkan ribuan terima kasih karena bisa juga merasakan daging qurban ditahun ini.” Ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro menyebutkan bahwa, jika pihaknya mengirimkan hewan qurban ke salah satu desa terpencil ini. Petugas harus berjibaku dengan resiko yang tinggi agar sapi qurban tersebut bisa selamat sampai ke desa Suak Labu.

Ia menyebutkan bahwa awal pengiriman sapi qurban harus menggunakan perahu, begitu juga dengan pendistribusian daging qurban kerumah warga. Petugas juga harus mengayuh perahu untuk mengantarkan daging qurban secara door to door.

” Dengan kondisi air yang surut, pendistribusiannya harus melawan arus terlebih dahulu dan memanjat tangga rumah warga agar daging qurban dapat di terima secara langsung.” Ungkap Kapolres.

” Mudah mudahan dengan adanya pemotongan hewan qurban didesa ini, bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Suak Labu di hari Raya Idul Adha 1441 H dengan bahagia dan suka cita dan merasakan daging qurban sapi di tahun ini,” Tuturnya.

Baca Juga  Polres Tanjab Barat Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nur Annisa

Ia juga menyampaikan jika dirinya datang ke Desa ini beberapa hari lalu memang mendapatkan informasi dari masyarakat terutama penggiat sosial dan perangkat desa setempat, bahwa desa ini sudah 40 tahun masyarakatnya belum pernah menyembelih hewan qurban baik sapi maupun kambing.

” Karena itulah kita prioritaskan tahun ini, kita hadir di tengah masyarakat Desa ini dengan menyembelih hewan qurban bersama serta mendistribusikannya,” Sebutnya.

Sementara untuk daging qurban yang distribusikan ini , Kata Kapolres hasil dari penyembelihan sapi di dapatkan ada sekitar 200 kantong paket, yang akan dibagikan kepada masyarakat.

” Dengan adanya penyembelihan hewan qurban didesa ini,mudah mudahan ini bisa merangsang masyarakat khususnya yang memiliki potensi lebih, agar dapat ikut membantu berkurban di desa Suak Labu ini.” Pungkasnya

Reporter/Editor: Amir/Ote

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Lokasi TMMD Di Muara Papalik Dikunjungi Dan Sat Gas Letkkol Kav Muslim T.SH.Msi

Tanjab Barat

Bupati dan Danlanal Palembang Tanam Mangrove di Kawasan Pelabuhan Roro.

Tanjab Barat

Dibalik Safari Jum’at Anwar Sadat

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Suntik Vaksin Sinovac Tahap Pertama

Tanjab Barat

Setibanya di Kuala Tungkal, Kapolres Tanjab Barat Sambut Pasutri Asal Jember yang Ke Mekkah Menggunakan Motor

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Warning Pedagang Parit 1

Tanjab Barat

Cemarkan Tiga Desa, Pelaku Pemerkosaan di Bukit Suban Dikenakan Cuci Kampung

Tanjab Barat

Putra Putri Tanjab Barat Raih Juara di MTQ Nasional XXVIII di Kota Padang Sumbar